Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab Air Galon Berlumut dan Cara Mencegahnya

    Penyebab Air Galon Berlumut dan Cara Mencegahnya

    Galon dapat berlumut apabila terpapar sinar matahari.

    News.OLX – Galon berguna untuk menyimpan air secara praktis. Umumnya, orang akan menggunakannya demi memenuhi kebutuhan minum harian, dengan melakukan pengisian ulang hingga berkali-kali.

    Namun, apa jadinya jika air galon berlumut? Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Simak yuk alasan kenapa bisa berlumut atau keluar ganggang dan cara untuk mencegahnya.

    Penyebab Air Galon Berlumut

    Salah satu kesalahan yang bisa menjadi penyebab galon kurang higienis adalah mengabaikan kebersihannya. Air galon berlumut bisa membuatnya terkontaminasi. Berikut hal-hal yang menjadikan wadah tersebut keluar ganggang. 

    1. Terpapar Sinar Matahari

    Penyebab keluar ganggang lantaran terlalu kerap terkena paparan cahaya tersebut secara langsung. Ganggang butuh cahaya tersebut agar dapat berkembang biak. Sehingga, apabila semakin sering terpapar surya langsung, maka akan semakin besar ganggang akan tumbuh subur. 

    2. Kondisi Air Baku Kurang Baik

    Kondisi air baku yang menjadi sumber air galon juga bisa menjadi penyebab masalah tersebut. Terlebih jika kamu sering membeli dari layanan isi ulang. Jika pembersihan tabung filter jarang dilakukan, maka kualitasnya pun akan semakin rendah. 

    3. Jumlah Penyaring Sedikit

    Standar baku air jernih adalah berdasarkan pH antara 6.5 hingga 8.5. Proses pengeringan untuk mencegah ganggang adalah menggunakan filter cartridge, karbon aktif dan penyaringan pasir silika. 

    Namun, jika bahan baku dalam kondisi keruh, maka butuh alat penyaringan yang lebih banyak.

    galon (1)

    Cara Mencegah Galon Berlumut

    Galon yang sudah lama terpakai tanpa mendapatkan perawatan yang cukup akan menjadikannya kotor dan keluar ganggang. Maka, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kehadiran ganggang tersebut : 

    1. Rawat Secara Berkala

    Jangan lupa agar kamu selalu melakukan perawatan berkala terhadap wadah kamu. Untuk membersihkannya, kamu bisa mengikuti cara sederhana berikut. 

    Caranya, gunakan baking soda. Siapkan air hangat sebanyak setengah liter, lalu siapkan satu cangkir kecil baking soda. Tuangkan ke dalam wadah tersebut dan tambahkan air hangat. Diamkan beberapa saat, kemudian kocok wadah.

    Keluarkan cairan dari wadah dan bilaslah hingga bersih. Cara ini bisa kamu coba untuk memastikan wadah kamu tetap aman dari kehadiran ganggang. 

    Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan pasir bersih untuk membersihkan. Ambil pasar sebanyak 2 hingga 3 genggam. Lalu, masukkan ke dalam wadah dan tambahkan air sedikit saja. Kemudian, guncangkan wadah hingga bagian yang terkena ganggang hilang dan bersih. 

    2. Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari Langsung

    Jangan biarkan wadah kamu terkena paparan cahaya tersebut secara langsung. Tidak hanya itu, pantulan cahaya dari kaca atau lantai keramik juga bisa menjadi penyebab masalah yang sama.

    Sebaiknya, letakkan wadah kamu pada ruangan berventilasi baik. Dengan begitu, akan mencegah pertumbuhan ganggang. Pastikan juga ruangan penyimpanan tersebut tidak terlalu lembab. Tempatkan di tempat yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan simpan terlalu lama, sebaiknya segera konsumsi saja. 

    Itulah informasi tentang penyebab galon keluar ganggang dan cara mencegahnya. Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Download aplikasi OLX lewat Play Store dan App Store, sekarang!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait