Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab Cat Dinding Bergelembung dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Cat Dinding Bergelembung dan Cara Mengatasinya

    Cat dinding di rumah bergelembung? Tenang saja, kamu masih bisa atasi dengan cara-cara di artikel ini!

    News.OLX – Pada beberapa rumah yang sudah lama, tidak jarang akan ditemukan gelembung pada cat dinding. Biasanya, tembok yang seperti ini akan terasa lembab, bau dan perlahan mengelupas.

    Tentunya, ini akan membuat dinding rumah jadi tidak menarik lagi. Selain itu, lantai juga jadi sering kotor karena runtuhan dari gelembung cat.

    Nah, agar tidak seperti ini lagi, kamu harus tahu apa penyebab cat dinding bergelembung dan cara mengatasinya. Yuk, simak bersama!

    Penyebab Cat Dinding Bergelembung

    Ada berbagai hal yang bisa membuat cat jadi bubbling dan mengelupas. Berikut beberapa penyebabnya.

    1. Kondisi Tembok Basah atau Lembab

    Salah satu hal yang paling sering membuat cat jadi bubbling dan mengelupas adalah karena kondisi tembok yang ternyata lembab. 

    Nah, ini biasanya terjadi pada tembok yang bersisian langsung dengan kamar mandi atau area luar yang cukup lembab. Sehingga, terbentuklah kantong udara yang membuat cat jadi menggelembung.

    2. Dinding Kotor saat Dicat

    Selain lembab, dinding yang kotor juga bisa jadi penyebab cat dinding bergelembung, lho. Sama halnya dengan tembok lembab yang membuat kantong udara, kotoran pun juga sama.

    Namun, bedanya gelembung ini muncul berkat kotoran yang terperangkap di dalamnya. Alhasil, cat jadi tidak menempel sempurna dan membuat gelembung.

    3. Suhu Dinding Terlalu Tinggi

    Paparan sinar matahari secara langsung penyebabnya, lho. Suhu ruangan yang tinggi akibat pemakaian alat pemanas juga bisa memunculkan gelembung pada tembok.

    Gelembung ini muncul sebagai akibat dari cat yang tidak kering secara merata. Sehingga, muncullah bubbling pada tembok dan membuat catnya mengelupas.

    4. Salah Mengaplikasikan Cat Dinding

    Poin ke-4 ini juga sering jadi penyebab munculnya gelembung pada cat dinding, lho. Misalnya kamu menggunakan cat minyak di atas cat yang basic-nya air.

    Karena bahan dasarnya yang berbeda dan tidak bisa menyatu, terbentuklah gelembung pada tembok yang isinya udara. 

    5. Persiapan yang Kurang Baik

    Hal terakhir yang bisa membuat gelembung muncul pada tembok adalah karena persiapan yang kurang baik sebelum mengecat.

    Misalnya dinding yang tidak kamu bersihkan dan cuci lebih dulu atau tidak menggunakan primer sebelum mengecat. Teknik yang salah pun juga bisa jadi penyebabnya.

    cat dinding (1)

    Cara Mengatasi agar Cat Dinding Tidak Menggelembung

    Setelah mengetahui berbagai penyebab tembok yang menggelembung, sekarang kamu bisa atasi dengan mencoba tahapan ini. 

    1. Kikis Cat dan Amplas Dinding

    Untuk mengatasi gelembung pada tembok, kamu harus mengikis catnya lebih dulu. Semua bagian tanpa terkecuali.

    Bila sudah terkikis seluruhnya, selanjutnya kamu amplas tembok agar permukaannya jadi lebih rata. Sehingga, nantinya tidak akan muncul gelembung dan cat menempel sempurna.

    2. Bersihkan Dinding dan Cuci dengan Air

    Bila tembok sudah selesai kamu amplas, jangan langsung kamu cat, ya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dinding yang kotor bisa jadi penyebab munculnya gelembung.

    Karena itu, sebelum memulai cat, lebih baik bersihkan dulu dinding dan cuci dengan air. Ini penting untuk melihat apakah tembok akan muncul jamur. Karena kalau ada jamur, hasilnya tentu tidak akan baik dan mungkin bisa muncul gelembung lagi.

    3. Beri Lapisan Alkali Killer

    Sebelumnya, kamu sudah mencuci tembok dengan air, bukan? Nah, jika hasilnya muncul jamur, aplikasikan lebih dulu cairan anti jamur, ya. 

    Jika sudah, barulah kamu berikan lapisan Alkali Killer sebagai primer sebelum mengecat. Ingat, ini bisa kamu aplikasikan setelah tembok benar-benar kering, ya.

    4. Cat Tembok Rumah Kembali

    Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengecat tembok rumah kembali dengan warna yang kamu inginkan.

    Nah, saat mengecat, perhatikan agar tembok benar-benar kering lebih dulu setelah diaplikasikan primer. Selain itu, perhatikan pula jenis catnya.

    Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi gelembung pada cat dinding. Kamu bisa ikuti sesuai tahapan yang sudah dibagikan, ya.

    Bila kamu ingin mencari peralatan atau cat untuk rumah, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait