Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab HP Panas dan Cara Atasinya

    Penyebab HP Panas dan Cara Atasinya

    Penyebab HP panas ini cukup beragam. Agar tidak rusak, simak penyebab dan cara mengatasinya di sini!

    News.OLX – Suhu HP tiba-tiba meningkat saat menggunakannya? Hal ini cukup sering terjadi pada beberapa ponsel. Penyebab HP panas pun juga beragam dan terkadang ini bukan masalah besar.

    Namun, bila dibiarkan terus-menerus, ponsel kamu bisa saja semakin cepat panas dan berujung mengalami kerusakan. Karena itu, kamu harus paham apa saja yang bisa jadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

    Penyebab HP Panas

    Bila smartphone kamu panas, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

    1. Terlalu Lama Menggunakan Aplikasi yang Berat

    Mungkin ini tidak kamu sadari, tetapi menggunakan aplikasi yang berat untuk waktu yang lama dapat membuat ponsel jadi panas.

    Misalnya seperti aplikasi game, editor dan sebagainya. Hal ini karena mesin ponsel kamu harus bekerja lebih keras, sehingga muncullah panas sebagai salah satu efeknya.

    2. HP Terpapar Sinar Matahari Langsung

    Sadar-tidak-sadar, ketika kamu bermain ponsel di outdoor yang panas, ponsel kamu juga akan ikutan panas, lho.

    Selain outdoor, smartphone kamu juga bisa panas bila ditinggalkan di dalam mobil dalam kurun waktu yang lama. Terutama saat suhu dalam mobil sedang tinggi.

    3. Malware Bisa Jadi Penyebab HP Panas

    Hal lain yang bisa jadi penyebab smartphone kamu overheat adalah bersarangnya malware atau virus lainnya di ponsel kamu.

    Kenapa ini bisa membuat overheat? Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena sistem ponsel kamu yang bekerja lebih keras. Entah itu untuk men-download sesuatu atau hal lain yang disebabkan oleh malware.

    4. Ada Masalah pada Baterai dan Charger HP

    Hal terakhir yang kemungkinan jadi penyebab HP panas adalah karena adanya masalah pada baterai maupun charger yang kamu gunakan.

    Baterai yang sudah bocor pasti akan membuat mesin ponsel jadi cepat panas. Apalagi kalau kamu menge-charge-nya dengan charger yang tidak original.

    penyebab hp panas (1)

    Cara Mengatasi saat HP Cepat Panas

    Meski tidak selalu bahaya, bila dibiarkan dan terjadi secara terus-menerus, overheat dapat merusak ponsel. Karena itu, kamu bisa atasi dengan cara-cara berikut ini.

    1. Lepaskan Casing Belakang HP

    Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika ponsel mengalami overheat adalah dengan melepaskan casing bagian belakangnya.

    Bila tidak bisa dilepaskan, kamu cukup melepaskan softcase ponsel dan biarkan smartphone cooling down lebih dulu. Jika dirasa sudah dingin, barulah kamu pasang kembali casing seperti semula.

    2. Turunkan Tingkat Brigthness Ponsel

    Saat berada di outdoor, sinar matahari bisa membuat mesin jadi panas. Nah, cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan tingkat brightness.

    Dengan begitu, ponsel kamu tidak akan bekerja lebih keras untuk mencerahkan layar. Selain itu, coba hindari ponsel sebentar dari panas dan dinginkan agar mesinnya tidak mengalami kerusakan.

    3. Stop Penggunaan Aplikasi Berat untuk Sementara

    Ketika sedang memainkan game atau aplikasi yang berat, ponsel pasti akan mengalami overheat. Terutama bila waktu penggunaannya lama.

    Karena itu, stop dulu penggunaan aplikasi yang berat untuk sementara (tentunya bila tidak mendesak). Lalu, tunggu sampai ponsel kamu dingin.

    4. Bersihkan Isi Smartphone

    Bukan hanya malware, beban memori yang berat pun terkadang juga dapat membuat ponsel mengalami overheat, lho.

    Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu membersihkan isi smartphone secara rutin. Hapus file-file yang tidak penting, cache dan juga file mencurigakan. Jangan lupa scanning virus di HP untuk membasmi malware.

    5. Ganti Baterai atau Gunakan Charger yang Original

    Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah overheat ini adalah dengan mengganti baterainya.

    Terutama bila baterai kamu sudah bocor dan kembung. Ini jelas harus kamu ganti agar performa smartphone kembali optimal. Jangan lupa juga untuk menggunakan charger yang original agar ponsel tidak cepat rusak.

    Sekian beberapa penyebab HP panas dan cara mengatasinya. Kamu bisa coba beberapa cara yang sesuai.

    Bila kamu ingin mencari charger, ponsel atau komponen lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait