Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Tata Nano Mobil Mini Harga Rp 20 Jutaan, Solusi Berkendara di...

    Review Tata Nano Mobil Mini Harga Rp 20 Jutaan, Solusi Berkendara di Jalan Sempit

    News.OLX – Perkembangan dunia otomotif membuat banyak diproduksi mobil murah di Indonesia. Salah satunya ialah mobil mini harga Rp20 jutaan yang dapat ditemukan di pasaran.

    Untuk sebuah mobil, harga Rp20 jutaan layaknya harga motor bekas. Pasalnya saat ini harga motor baru di Indonesia saja sudah mencapai Rp30 jutaan. 

    Namun pabrikan otomotif asal India, Tata Motors membuat nyatanya bisa menghadirkan produk yang begitu murah. Meski murah, bukan berarti produk ini murahan. 

    Pasalnya mobil Tata Motors ini cukup serius dalam memberikan pelayanan service center di seluruh Indonesia dan memberikan garansi mesin yang mencapai 5 tahun. 

    Mobil mini sangat berguna bila pemiliknya memang jarang menggunakan mobil bersama anggota keluarga maupun teman. Sehingga mobil ini tentu lebih nyaman dibandingkan dengan memakai motor yang masih terpapar panas maupun terkena hujan.

    Ukurannya yang kecil seperti mobil Tata Nano tentu menjadi solusi untuk berkendara di jalanan sempit dan macet sehingga leluasa untuk menyusuri jalan.

    Berikut ulasan mobil Tata Nano, mobil mini harga Rp20 jutaan:

    Spesifikasi Tata Nano

    Spesifikasi Tata Nano
    Tata Nano (Wikipedia)

    Tata Motors menghadirkan Tata Nano dengan 6 tipe pilihan yang semuanya dibekali dengan mesin berkapasitas 624cc. Mesin ini menggunakan 2 silinder dengan teknologi MPFI.

    Berkapasitas kecil, mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga 35 PS pada putaran 5.200 rpm. Untuk torsinya 48 Nm pada putaran 3.000 sampai 3.500 rpm. 

    Dari hasil tersebut, Tata Nano ini mampu melesat hingga kecepatan 105 Km/jam. Kalau soal urusan bahan bakar, Tato Nano yang menggunakan mesin berkapasitas kecil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

    Konsumsi bahan bakar dari mobil ini mencapai 23,6 km/liter. Sebuah mobil mini murah yang sangat irit dan bisa menjadi salah satu referensi untuk kendaraan Anda sehari-hari.

    Namun untuk mobil ini belum dibekali dengan fitur power steering sehingga kurang nyaman dalam bermanuver.

    Untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara, mobil mini ini dibekali dengan suspensi depan tipe MacPherson Strut. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang, memakai suspensi Semi Trailing Arm dengan Coil Spring.

    Interior Tata Nano

    Interior Tata Nano
    Tata Nano (Wikipedia)

    Masuk ke dalam kabin Tata Nano, tentunya akan langsung merasakan kesan sempit bila dibandingkan dengan mobil biasanya. Memiliki dimensi yang kecil mobil ini mampu untuk menampung 4 orang penumpang di dalamnya.

    Untuk interior yang disematkan pada mobil ini pun cukup standar mengingat bahwa mobil mini ini sangat murah. Dari 6 pilihan tipe dari Tata Nano, untuk tipe terendahnya tidak dibekali dengan sistem AC dan power window

    Sebagai tipe terendah dan termurahnya ini tentu akan kurang nyaman dalam berkendara dengan iklim di Indonesia yang tropis ini karena cukup panas di siang hari. Apalagi kalau harus membuka jendela tentu asap knalpot di jalanan tidak baik untuk kesehatan.

    Bagian joknya pun cukup kecil, sesuai dengan dimensi mobil. Kapasitas bagasinya pun turut menyesuaikan. Namun untuk dikendarai berdua saja dan baris kedua sebagai bagasi sudah cukup nyaman.

    Eksterior Tata Nano

    Beralih ke eksterior, dari desain dan penampilan Tata Nano ini tentu kurang stylish dan sporty untuk generasi milenial saat ini. Penampilannya terkesan biasa saja dengan kesan mungil dan membulat. 

    Mobil ini memiliki dimensi ukuran panjang 3.099mm, lebarnya 1.495m, dan tinggi bodinya sekitar 1.652 mm. Mobil ini juga memiliki Ground clearance berukuran 180 mm. Berat dari mobil ini mencapai 635 kg.

    Pada bagian depan, terdapat Headlamp dan foglamp yang berpadu sempurna dengan bodi Tata Nano dengan kesan minimalis. 

    Untuk bagian rodanya mobil ini menggunakan velg berdiameter 12 inci. Lalu untuk ukuran bannya, memiliki ukuran ban depan 135/70 R12, dan ban belakang 155/65 R12.

    Untuk pilihan warna, Tata Nano menghadirkan 10 pilihan warna yaitu warna Rouge red, Serena white, Aqua blue, Neon rush, Papaya orange, Meteor silver, Champagne gold, Pearl white, Mojito green dan Sunshine yellow. 

    Terdapat 3 tipe Tata Nano dengan dua varian berbeda. Dimana untuk variannya terdiri dari BSII yang memiliki bumper berwarna hitam, dan varian BSIV yang memiliki bumper berwarna senada dengan warna utamanya. 

    Sedangkan untuk tipenya, terdiri dari tipe Standar, CX, dan LX.

    Fitur Tata Nano

    Tidak terlalu banyak fitur yang disematkan pada mobil mini murah dari India ini. Bahkan untuk tipe standarnya sendiri tidak dibekali dengan sistem AC dan power window. Selain itu belum ada fitur keselamatan seperti ABS, dan EBD.

    Pengereman yang digunakan pun masih konvensional. Pada setiap tipe pilihan mobil ini memiliki perbedaan fitur yang cukup jelas seperti. Tipe Standar yang tidak dibekali AC, Power Window dan central lock dan Audio.

    Lalu untuk tipe selanjutnya yaitu CX yang telah dilengkapi AC untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Untuk tipe tertingginya tipe LX sudah dilengkapi dengan fitur AC, Power Window, serta Central Lock. 

    Harga Tata Nano

    Harga yang ditawarkan untuk Tata Nano ini cukup bervariasi tergantung dari tipe mobil yang Anda pilih. Untuk tipe dasarnya sendiri mobil ini memiliki harga Rp20 jutaan. Sedangkan untuk tipe tertingginya sampai Rp30 jutaan.

    Berikut harga unit dari Tata Nano:

    Harga Baru

    • Tata Nano Standar BSII pada harga Rp23.100.000..
    • Tata Nano Standar BSIV pada harga Rp23.250.000
    • Tata Nano LC BSII pada harga Rp28.350.000.
    • Tata Nano LC BSIV pada harga Rp28.450.000.
    • Tata Nano LX BSII pada harga Rp33.250.000.
    • Tata Nano LX BSIV pada harga Rp33.450.000.

    Harga Bekas

    Kalau Anda mencari harga unit bekasnya, mobil Tata Nano ini memang belum cukup banyak bila dibandingkan dengan mobil merek lain. Sehingga pangsa pasarnya pun tidak semudah mobil lainnya.

    Maka dari itu terkadang dalam mencari mobil bekas ini cukup membutuhkan waktu. Harga mobil bekasnya sendiri cukup stabil karena memang dimulai dari harga yang cukup murah untuk unit barunya. Mobil bekas Tata Nano ini mulai ditawarkan dari harga Rp15 jutaan hingga Rp25 jutaan.

    Nah, setelah menyimak ulasan mobil mini harga Rp20 jutaan tentu sedikit banyak Anda sudah memilih gambaran mengenai mobil tersebut. Kalau untuk urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait