Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    MobilSejarah Mobil Hiace di Indonesia, si Bongsor Andalan Pebisnis Travel

    Sejarah Mobil Hiace di Indonesia, si Bongsor Andalan Pebisnis Travel

    Generasi terbaru, Hiace ke-7, diluncurkan pada April 2022 dengan mesin standar Euro 4.

    News.OLX – Mobil Hiace dikenal sebagai salah satu mobil yang kerap diandalkan dalam bisnis travel. Toyota Hiace sendiri memang merupakan pemain lama di segmen kendaraan komersil penumpang.

    Bahkan, mobil ini sudah eksis di Indonesia sejak tahun 1970an. Tapi, tahukah kamu jika mobil Hiace pada awalnya hadir di Indonesia juga dalam segmen pikap atau pick up?

    Di masa sekarang, kamu mungkin hanya bisa melihat sisa-sisa kejayaan mobil Hiace pikap sebagai kendaraan toko bangunan, atau mobil sewa pindahan. Tapi jika ditarik jauh ke belakang, Toyota Hiace pikap merupakan andalan pabrik-pabrik.

    Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah rangkuman perjalanan Toyota Hiace dari masa ke masa, khususnya di Indonesia. 

    Generasi pertama 1971

    Generasi pertama Hiace, hadir dengan model pick up, memberikan kontribusi besar dalam pengembangan bisnis travel di Indonesia.

    Generasi pertama Hiace, muncul pada tahun 1971, di rakit oleh PT Toyota Astra Motor. Hiace memiliki tiga varian mesin, mulai dari 1.35L hingga 1.8L. 

    Pada masa itu, Hiace banyak diubah menjadi minibus oleh karoseri lokal. Meskipun generasi pertama ini kini jarang ditemui, namun jejaknya masih terlihat dalam bentuk pikap yang sering menjadi angkutan pindahan di beberapa daerah.

    mobil hiace (1)

    Generasi kedua 1977

    Generasi kedua Hiace, yang muncul pada tahun 1977-1982, membawa inovasi dengan satu mika lampu, serta penambahan mesin diesel. Namun, persaingan dengan Toyota Kijang membuat nama Hiace menghilang sejenak dari pasar Indonesia.

    Generasi kelima 2012

    Setelah absen pada generasi ke-3 dan ke-4, Hiace kembali ke Indonesia dengan generasi kelima pada tahun 2012. Hiace generasi kelima memperkenalkan desain yang lebih modern dan dilengkapi dengan mesin diesel 2.500 cc. Keberadaannya tetap signifikan hingga tahun 2018.

    Facelift 2015

    Pada tahun 2015, Hiace mengalami facelift dengan pembaruan pada lampu depan, bumper, lampu belakang, dan interior. Mesin 2.5-liter turbodiesel yang kuat menjadi daya penggeraknya.

    Generasi ke-6 2019

    Tahun 2019 membawa kehadiran Hiace Premio generasi ke-6. Dengan dimensi yang lebih besar, mampu menampung hingga 12 penumpang, dan mesin diesel 2.800 cc, Hiace Premio menawarkan kemewahan dan kinerja yang lebih baik.

    Generasi ke-7 2022

    Generasi terbaru, Hiace ke-7, diluncurkan pada April 2022 dengan mesin standar Euro 4. Hiace Commuter 16-seater hadir dengan tampilan eksterior yang segar dan fitur modern seperti New Electric-Retractable Outer Mirror dan New LED Foglamp. 

    Sementara Hiace Premio tetap mengandalkan mesin 2.800 cc yang ramah lingkungan, dengan harga yang kompetitif.

    Sejarah panjang Toyota Hiace di Indonesia mencerminkan evolusi kendaraan ini dari pick up awalnya hingga generasi terkini yang tetap memegang posisinya sebagai salah satu pilihan utama di segmen kendaraan komersial penumpang.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait