Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    InformasiSejarah Ukulele, Ternyata Sudah Ada Sejak 1879!

    Sejarah Ukulele, Ternyata Sudah Ada Sejak 1879!

    Periode antara tahun 1920-an hingga 1950-an dikenal sebagai “Golden Age of Ukulele.”

    News.OLX – Ukulele adalah sebuah alat musik kecil dengan desain menyerupai gitar. Okulele yang memiliki karakter suara riang dan ceria ini ternyata memiliki sejarah yang kaya dan menarik.

    Ukulele pertama kali muncul di Hawaii pada akhir abad ke-19. Konon, seorang imigran Portugal bernama João Fernandes membawa braguinha, instrumen musik tradisional Portugal, ke pulau-pulau ini pada tahun 1879.

    Braguinha kemudian berkembang menjadi ukulele, yang berarti “seruling rebana” dalam bahasa Hawaii. Alat musik ini segera meraih popularitas di kalangan masyarakat setempat.

    Pada awal abad ke-20, ukulele menyebar ke daratan Amerika Serikat. Ketika grup musik Hawaii pertama kali tampil di Pameran Dunia Panama-Pacific di San Francisco pada tahun 1915, ukulele mendapatkan perhatian nasional.

    Daya tariknya yang unik dan suara yang khas membuatnya cepat menjadi favorit di kalangan pemusik dan penggemarnya.

    Ukulele di era modern

    Periode antara tahun 1920-an hingga 1950-an dikenal sebagai “Golden Age of Ukulele.” Alat musik ini semakin menjadi sangat populer di Amerika Serikat, dengan musisi terkenal seperti Roy Smeck dan George Formby yang memainkannya dalam penampilan-penampilan mereka.

    Industri rekaman ikut ambil bagian, menciptakan lagu-lagu terkenal yang memanfaatkan suara khas ukulele.

    ukulele (1)

    Sempat redup namun berhasil bangkit kembali

    Karena semakin populernya alat musik elektrik seperti gitar listrik dan organ, ukulele setelah tahun tersebut mengalami penurunan popularitas.

    Ukulele kemudian bangkit kembali di tahun 1990-an. Beberapa seniman kontemporer seperti Israel Kamakawiwo’ole dan Jake Shimabukuro membantu menghidupkan kembali minat terhadap alat musik ini. 

    Dan hingga kini banyak video-videonya yang viral di media sosial membuat ukulele menjadi daya tarik di seluruh dunia.

    Dengan perkembangan teknologi digital, belajar memainkan ukulele menjadi lebih mudah. Tutorial online, aplikasi, dan komunitas daring memberikan akses kepada pemula untuk mengembangkan keterampilan bermain ukulele. 

    HIngga akhirnya alat musik ini tidak hanya menjadi simbol kebahagiaan, tetapi juga menjadi alat yang mempersatukan orang dari berbagai latar belakang di seluruh dunia.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya dan berbagai pilihan barang bekas di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait