Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSuara Mesin 'Ngelitik' Ini Penyebab dan Solusinya

    Suara Mesin ‘Ngelitik’ Ini Penyebab dan Solusinya

    Mengatasi kendala mesin ‘ngelitik’, Provis Autolab Bintaro memiliki sistem bernam Tune Up Semi Sport (TUSS) untuk diaplikasikan pada semua jenis dan merek mobil.

    News.OLX – Tidak sedikit pemilik mobil mengeluhkan bunyi ‘ngelitik’ yang terjadi saat mesin kendaraan dihidupkan. Suara mesin yang tidak normal seperti ini memang tidak boleh dianggap sepele, harus segera diatasi karena ujung-ujungnya bisa merembet dan merusak komponen mesin lainnya. 

    Secara teknis, suara mesin ‘ngelitik’ atau detonasi ini terjadi karena bahan bakar dan udara di ruang pembakaran, terbakar lebih cepat dari waktunya. Akibatnya piston yang sedang bergerak dari bawah menuju ruang bakar mesin, dalam waktu yang sama mendapat gaya tekan dari atas atau ruang bakar mesin. 

    Gerak piston inilah yang kemudian menimbulkan suara mesin terdengar aneh, kasar atau ‘ngelitik’

    Dari penjelasan tersebut, kita bisa simpulkan bahwa pemilihan jenis bahan bakar sangat penting. Jika oktan atau cetane bahan bakar tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, maka siap-siap menghadapi masalah ini. 

    Menggunakan BBM oktan atau cetane yang lebih rendah dari yang direkomendasikan bisa membuat bahan bakar terbakar lebih cepat, sudah pasti membuat suara mesin mengelitik. 

    Tapi salah pilih BBM bukan satu-satunya penyebabnya, masih banyak hal lain yang bisa menjadikan mesin mengeluarkan suara yang gak normal. 

    Salah satunya karena banyaknya deposit/residu di ruang bakar mesin. Pada saat mesin panas, residu ini akan lebih cepat membakar bahan bakar dan udara. Solusinya adalah dengan membersihkan ruang bakar mesin di bengkel resmi atau bengkel rekomendasi. 

    Salah satu bengkel yang direkomendasikan adalah Provis Autolab Bintaro. Bengkel ini sudah sangat berpengalaman dalam urusan pengerjaan perbaikan maupun perawatan berbagai merek mobil.

    “Kami sudah cukup berpengalaman dalam bidang otomotif terutama di bidang jasa bengkel, dimana kita sudah berdiri sejak tahun 1996 dan tidak memiliki cabang dimanapun. Hampir semua merk mobil bisa kita handle, karena kita selalu update software terkini untuk setiap mobil dan merk yang berbeda. Kami juga memiliki banyak sekali special tools untuk mendukung analisa dan diagnosa kami terhadap penyakit di mobil,” terang Jasin, Owner Provis Autolab Bintaro.

    Provis Autolab Bintaro punya TUSS untuk hilangkan bunyi mesin ‘ngelitik’

    Mesin 'ngelitik' Provis Autolab Bintaro

    Menghilangkan penyakit mesin ‘ngelitik’ bagi bengkel ini bukan perkara sulit. Tinggal bawa ke bengkel Provis Autolab Bintaro, segala keluhan akan semua hal yang abnormal di mobil kesayangan Anda, langsung teratasi. 

    “Bengkel kami sangat mengedepankan kenyamanan. Bersih dan dilengkapi ruang tunggu AC dengan tempat duduk yang nyaman. Selain itu jumlah stall service-nya juga banyak untuk menghindari antrean serta jumlah dan skill mekanik yang baik untuk menjamin hasil dari pekerjaan,” tambah Jasin.

    Keunggulan lain dari bengkel ini adalah harga yang bersaing serta mekanisme pembayaran yang cukup fleksibel. “Jadi jangan khawatir untuk masalah harga dan meknisme pembayaran, di Provis Autolab kami menyediakan opsi cicilan 0% selama 6 bulan dengan harga, hasil dan kualitas yang tentunya sangat bersaing,” lanjutnya. 

    Mengatasi kendala mesin ‘ngelitik’, Provis Autolab Bintaro memiliki sistem bernam Tune Up Semi Sport (TUSS) untuk diaplikasikan pada semua jenis dan merek mobil.

    “Sudah banyak pemilik mobil yang mengeluhkan kondisi mesin ‘ngelitik’ akut dan sudah sering bolak-balik bengkel tapi penyakitnya gak hilang-hilang juga. Tapi pas dibawa ke bengkel kami, langsung ketemu solusinya,” beber Dayat, Senior Supervisor di bengkel Provis Autolab Bintaro.

    Uniknya lagi, setelah mobil konsumen kelar mendapatkan TUSS, bukan hanya bunyi mesin lebih halus, tapi efisiensi penggunaan bahan bakar juga meningkat. 

    Dijelaskan oleh Dayat, proses TUSS ini bertujuan untuk menyempurnakan serta mengoptimalkan pembakaran di ruang mesin. Yang kemudian diikuti dengan berbagai efek positif dari proses TUSS tersebut, diantaranya bisa mendegradasi oktan BBM serta meningkatkan tenaga. 

    Mesin 'ngelitik' Provis Autolab Bintaro

    “Mobil-mobil yang ‘ngelitik’ setelah menjalani proses TUSS biasanya langsung hilang bunyi ‘ngelitiknya’. Bahkan, jika biasanya mesin harus minum bahan bakar dengan oktan 98 saja masih ada bunyi kasar, sekarang cukup pakai BBM RON 90 saja, mesin jadi halus bahkan tenaga mesin jadi lebih baik,” terang Dayat.

    Menurutnya aplikasi atau pekerjaan TUSS bisa dilakukan di semua mobil bensin dan diesel, baik itu turbo atau non turbo, dan mobil mewah seperti BMW atau Mercedes keluaran terbaru, hingga mobil-mobil kebanyakan seperti Toyota, Honda, Suzuki, Nissan, dan Hyundai, semua bisa.
    Proses TUSS ini tidak memiliki dampak negatif apapun kepada mesin. Dayat hanya mengingatkan dalam konteks bercanda, jika mobil konsumen sudah melakukan TUSS di Provis Autolab, sebaiknya harus lebih intens melakukan pengecekan di sektor kaki-kaki dan sistem pengereman.

    “Jadi saran kami kalau mobil sudah TUSS, lebih sering-sering aja ngecek fungsi pengereman, karena tenaga mesin mobil sudah jauh lebih bertenaga,” pungkasnya.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait