Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTaruh Barang di Box Motor Jangan Asal, Wajib Perhatikan Bobot Maksimal!

    Taruh Barang di Box Motor Jangan Asal, Wajib Perhatikan Bobot Maksimal!

    Perhatikan hal-hal berikut ini kalau mau membawa barang dengan box motor!

    News.OLX – Box motor memang sangat membantu sekali bagi pengendara motor yang memiliki mobilitas yang tinggi dan sering melakukan perjalanan jauh. Tidak hanya sebagai aksesoris tambahan untuk membawa barang bawaan, namun juga menunjang tampilan pada motor juga.

    Menggunakan box motor ini bisa menjadi solusi yang nyaman dan memudahkan pengendara saat membawa kendaraan agar tidak terganggu saat mengemudikan kendaraan.

    Namun, sangat penting untuk memperhatikan bobot maksimal yang diperbolehkan agar keselamatan berkendara tetap terjaga dan menjaga box motor agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

    Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membawa barang bawaan dengan box motor:

    1. Sesuaikan dengan bahan material box motor

    Box motor memiliki beberapa bahan dan material yang berbeda pada setiap pabrikan. Ada yang berbahan plastik atau aluminium. Jika kamu memiliki box motor tipe monokey atau plastik, sebaiknya tidak membawa beban yang terlalu berat.

    Untuk tipe box monolock atau berbahan aluminium jauh lebih kuat dibandingkan dengan plastik, sehingga mampu membawa beban lebih banyak.

    2. Cek bobot maksimal pada box motor

    Setiap box motor memiliki kapasitas beban maksimal yang aman untuk dibawa. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di buku atau stiker yang tertempel saat pembelian box motor.

    Rata-rata untuk box motor berbahan plastik, sebaiknya membawa beban kurang dari 5 kg. Sedangkan untuk box motor berbahan kamu bisa membawa beban lebih banyak sekitar 7-10 kg.

    3. Bawalah barang bawaan sesuai kemampuan box motor

    Jangan lupa untuk perhatikan ukuran dan bentuk barang yang akan dimasukkan ke dalam box motor. Pastikan barang tidak melebihi kapasitas atau dimensi maksimal box.

    4. Perhatikan distribusi berat

    Sebisa mungkin, seimbangkan beban di dalam box motor. Jangan meletakkan barang terlalu condong ke satu sisi atau sudut, karena hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan motor.

    box motor (1)

    5. Jangan lupa mengunci box motor

    Pastikan barang-barang yang ditempatkan di dalam box motor terkunci atau terikat dengan aman. Penggunaan tali pengikat atau pengunci yang sesuai dapat membantu mencegah barang bergerak atau jatuh selama perjalanan.

    6. Perhatikan pengaruh box motor terhadap stabilitas motor

    Yang wajib kamu pahami adalah penambahan beban dengan box motor pasti mempengaruhi stabilitas dan kelincahan motor. Sehingga pastikan bahwa motor tetap mudah dikendalikan dan stabil selama berkendara.

    Yang paling utama adalah saat membawa barang bawaan baik dengan box motor atau tanpa aksesoris tersebut kamu harus utamakan untuk menjaga keamanan dan keseimbangan motor dalam berkendara.

    Jika kamu tidak yakin tentang bobot maksimal atau cara yang tepat untuk membawa barang, kamu bisa konsultasikan dengan pihak produsen motor atau ahli mekanik. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan spesifikasi motor kamu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait