Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    MobilTekan Tombol Ini, Mitsubishi XFORCE Langsung Ngacir

    Tekan Tombol Ini, Mitsubishi XFORCE Langsung Ngacir

    Berkendara dengan transmisi DS Mitsubishi XFORCE, tenaga mesin terasa lebih lepas, pijakan di pedal gas lebih enteng dibanding menggunakan mode drive normal.

    News.OLX – Salah satu keunggulan dari Mitsubishi XFORCE yang patut menjadi highlight adalah ragam drive mode yang bisa dipilih menyesuaikan kondisi jalan. Drive mode tersebut terdiri dari Normal, Gravel, Wet dan terakhir Mud.

    Setelah mencobanya, kami baru tau kalau ternyata ada drive mode lain yang memang tidak terlalu di highlight oleh Mitsubishi Motors itu sendiri. Dan jujur, drive mode yang satu ini sangat nyaman dipakai sepanjang perjalanan karena lebih mengakomodir gaya berkendara lincah.

    Namanya adalah DS, dan kami lebih senang menyebutnya dengan mode Sport.

    Untuk mengaktifkan fitur berkendara ini, kita harus menekan tombol yang ada di tuas transmisi dan memang posisinya itu sedikit tersembunyi.

    Perbedaan ketika berkendara dengan mode DS ini, tenaga mesin terasa lebih lepas, pijakan di pedal gas lebih enteng dibanding menggunakan mode drive normal.

    Menurut Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, 4 mode berkendara yang ditawarkan di XFORCE tidak ada hubungannya dengan transmisi. Melainkan berhubungan dengan steering throttle control, AYC dan sistem pengereman.

    Mode Berkendara Mitsubishi XFORCE

    “Empat mode tersebut, semuanya akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan mana pun. Seperti kalau pas lagi hujan, kita pakai yang Wet mode, nanti throttle control-nya itu untuk gas pasti akan lebih lambat dan rem akan bereaksi,” jelasnya saat menjawab pertanyaan News.OLX di acara test drive Mitsubishi XFORCE di Jogjakarta, Senin (4/12/2023).

    Tapi kalau transmisi DS menurut Rifat bekerja memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat. Fungsinya mirip fitur O/D (overdrive) pada transmisi otomatis konvensional. Rifat juga membenarkan bahwa mode transmisi tersebut seperti drive mode Sport.

    “Jadi sebenarnya di mobil ini ada delapan drive mode, termasuk transmisi DS drive mode dan satu lagi ada yang L (low) yang biasa dipakai saat melaju di turunan,” sambungnya. 

    “Saat menggunakan transmisi DS, semuanya akan jadi lebih cepat. Gigi transmisi akan ditahan lebih lama. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas dia enggak gak akan oper ke gigi berikutnya. Begitu juga saat di turunan, gigi akan nahan, tidak hanya di tanjakan saja. Jadi di sini ada otak pintar yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat,” terang pria yang juga berprofesi sebagai pembalap ini.

    Hasilnya memang bisa kami rasakan seperti penjelasan Rifat. Tenaga mesin memang seakan jauh lebih responsif dan meraung-raung menggoda kami untuk menginjak pedal gas dengan lebih dalam lagi. 

    Tapi satu hal yang pasti, dengan pakai mode transmisi ini, jangan berharap efisiensi bahan bakar akan terjaga. “Jadi bukan ECO yang dikejar kalau pakai mode transmisi ini, karena orang kan ada kebutuhan untuk buru-buru. More power dan more energy di DS ini,” pungkasnya.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di  di  Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait