Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    ReviewTertarik dengan Lantai Vinyl? Ketahui Dulu Plus Minusnya

    Tertarik dengan Lantai Vinyl? Ketahui Dulu Plus Minusnya

    Lantai vinyl sering dipilih karena membuat ruangan jadi estetik. Lihat kelebihan dan kekurangannya di sini!

    News.OLX – Banyak orang menyukai lantai vinyl karena motif yang tersedia sangat variatif. Salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah motif kayu karena bisa membuat ruangan jadi tampak lebih estetik.

    Meski banyak diminati oleh orang-orang, tetap saja ada plus minus dari pemakaian vinyl pada lantai rumah kamu. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut ini.

    Poin Plus Lantai Vinyl

    Ada beberapa kelebihan dari jenis lantai yang satu ini yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya.

    1. Harga Vinyl Lebih Terjangkau

    Salah satu alasan yang membuat banyak orang lebih memilih vinyl adalah karena harganya yang cukup terjangkau. 

    Sehingga, ini jadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memasang parket kayu, tetapi dengan dana yang terbatas.

    2. Materialnya Lebih Awet

    Meskipun harganya terjangkau, material dari lantai vinyl ini cukup awet. Terutama vinyl berjenis SPC (stone polymer composite).

    Permukaan lapisannya juga tahan terhadap air dan goresan. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lantai akan cepat rusak akibat ketumpahan air atau tertekan furniture besar seperti meja atau lemari.

    3. Motif yang Variatif

    Kelebihan selanjutnya dari lantai ini adalah motifnya yang sangat variatif. Tidak hanya motif kayu, tetapi juga ada berbagai motif lainnya.

    Motifnya yang sangat variatif membuat banyak orang lebih memilih menggunakan vinyl karena ruangan jadi tampak lebih estetik.

    4. Pemasangan dan Perawatan Mudah

    Cara pemasangan lantai vinyl ini juga sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggunakan lem untuk memasangnya. Namun, ada beberapa jenis vinyl yang sudah tersedia lapisan perekat di bagian bawahnya.

    Selain itu, perawatannya juga mudah. Kamu bisa mengepel, mengelap dan menyapu lantai seperti layaknya lantai keramik.

    lantai vinyl (1)

    Poin Minus Lantai Vinyl

    Meskipun banyak orang memilih vinyl karena beberapa kelebihannya, tetap saja kamu juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangannya. Simak poin minus dari vinyl flooring di sini.

    1. Materialnya Kurang Cocok untuk Outdoor

    Material vinyl memang cukup awet, tetapi ini kurang cocok bila ingin kamu gunakan untuk area outdoor. Hal ini karena materialnya cukup rentan terhadap suhu tinggi maupun rendah.

    Ketika permukaannya terpapar panas matahari, ini akan membuatnya cepat melunak dan rusak. Sedangkan, saat suhu sedang dingin, teksturnya menjadi keras dan mudah pecah.

    2. Warnanya Cepat Memudar

    Selain karena bahannya yang bisa rusak, warna lantai juga bisa cepat memudar bila kamu gunakan pada area outdoor. Hal ini karena paparan sinar matahari bisa memudarkan warna dan motifnya.

    Sehingga, kamu perlu menggantinya dalam periode tertentu saat warnanya sudah mulai memudar.

    3. Sulit Dilepas

    Seperti yang kamu ketahui, lantai jenis ini dipasang menggunakan lem atau lapisan perekat yang ada di bagian bawahnya. Namun, ini justru membuat beberapa orang jadi kesulitan untuk melepasnya.

    Hal ini lantaran lem perekatnya seringkali menempel terlalu erat dan menyisakan residu lem yang membuat lantai asli jadi tampak kotor. Terutama bila pemakaiannya sudah cukup lama.

    Penggunaan lantai vinyl memang membuat ruangan tampak lebih estetik. Namun, ada baiknya kamu mengetahui plus minus dari lantai yang satu ini lebih dulu. Sehingga, saat benar-benar sudah memutuskan tidak ada penyesalan di kemudian hari.

    Bila kamu ingin mencari berbagai jenis vinyl, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait