Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    InformasiTol Solo-Jogja Akan Dibuka Secara Fungsional, Catat Tanggalnya

    Tol Solo-Jogja Akan Dibuka Secara Fungsional, Catat Tanggalnya

    Sumber foto: harianjogja.com

    Tol Solo-Jogja akan dioperasikan secara fungsional selama 11 hari, mulai tanggal 5 April 2024 hingga 15 April 2024.

    News.OLX – Tol Solo-Jogja akan dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024. Pengoperasian Tol Solo-Jogja secara fungsional ini merupakan kabar gembira bagi para pemudik yang ingin menghemat waktu perjalanan.

    Waktu dan Jalur Fungsional Tol Solo-Jogja

    Tol Solo-Jogja akan dioperasikan secara fungsional selama 11 hari, mulai tanggal 5 April 2024 hingga 15 April 2024. Pada tanggal 5-11 April 2024 (arus mudik), juga akan dioperasikan dari arah Kartasura menuju Klaten. Sedangkan pada tanggal 12-15 April 2024 (arus balik), akan dioperasikan dari arah Klaten menuju Kartasura.

    Panjang Tol Solo-Jogja yang dioperasikan secara fungsional mencapai 22 kilometer (km), mulai dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten. Jalur fungsional ini merupakan bagian dari pekerjaan tahap I, yaitu segmen Kartasura-Klaten.

    Ketentuan Tol Solo-Jogja Fungsional

    Jalur fungsional Tol Solo-Jogja ini lebih panjang 9 km dibandingkan saat dioperasikan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Pada saat itu, hanya dioperasikan sepanjang 13 km.

    Dengan beroperasi secara fungsional, diharapkan waktu tempuh dari Solo ke Klaten hanya 25 menit. Hal ini tentu akan membantu para pemudik untuk menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan di jalur arteri.

    Namun, perlu diingat bahwa yang dioperasikan secara fungsional ini memiliki beberapa ketentuan, yaitu:

    • Arus lalu lintas diberlakukan satu arah.
    • Kecepatan maksimal kendaraan dibatasi 40 km/jam.
    • Jenis kendaraan yang boleh melintas hanya golongan 1, yaitu kendaraan roda empat nonbus dan nontruk.

    Tol solo-jogja
    Sumber foto: jawapos.com

    Akses Masuk dan Keluar Tol Solo-Jogja Fungsional

    Pada periode mudik, pemudik dari jalur tol Trans Jawa dapat langsung melanjutkan perjalanan ke jalur fungsional melalui Gerbang Tol Colomadu dan keluar di gerbang tol Karanganom, Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, atau gerbang tol Klaten di Desa/Kecamatan Ngawen.

    Sedangkan pemudik dari jalan arteri, baik dari arah Solo maupun Boyolali, dapat masuk melalui gerbang tol Banyudono untuk tujuan tol Trans Jawa maupun Tol Solo-Jogja fungsional.

    Tol fungsional Solo-Jogja akan dibuka mulai pukul 6.00 pagi hingga 17.00 sore.

    Persiapan Pengoperasian Tol Solo-Jogja Fungsional

    General Manager Lahan dan Utilitas PT JMJ, Muhammad Amin, mengatakan konstruksi Tol Solo-Jogja yang akan dilewati saat fungsional Lebaran terus dipersiapkan. “Nanti dioperasikan satu arah saja. Kecepatan maksimal masih sama dengan saat Nataru [40 km/jam],” jelas Amin.

    Amin menjelaskan warga yang melintasi Tol Solo-Jogja fungsional bisa keluar melalui gerbang tol Kuncen maupun Ngawen.

    Direktur Keuangan dan SDM PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Yhanni Haryanto menyatakan JMJ siap menjalankan fungsional tol pada momentum lebaran.

    “Kami juga bekerjasama dengan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) untuk penyediaan CCTV. Di akses Banyudono, terus di STA 1 di interchange Kartasura ada dua, lalu di interchange Karanganom, akses Karanganom dan STA 22 terakhir kita sediakan CCTV dalam rangka pemantauan dan pelayanan kepada masyarakat agar jalur fungsional bisa digunakan secara optimal,” katanya.

    Ia juga mengatakan bahwa tidak ada pengenaan tarif selama mudik, dengan kata lain tidak dipungut biaya.

    Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Tol Solo-Jogja, kamu dapat mengikuti akun media sosial instagram @jasamargajogjasolo_official.

    Dengan beroperasinya Tol Solo-Jogja secara fungsional, diharapkan arus mudik dan balik Lebaran 2024 akan lebih lancar dan nyaman.

    Dapatkan update informasi menarik lainnya dengan mengunjungi situs OLX atau download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store biar lebih mudah!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait