Rabu, Februari 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriToolkit Motor yang Wajib Dibawa saat Touring

    Toolkit Motor yang Wajib Dibawa saat Touring

    Mulai dari kunci busi hingga tang wajib kamu bawa! 

    News.OLX – Membawa toolkit saat berada di jalan raya dalam perjalanan jarak jauh dengan motor adalah suatu keharusan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa alat-alat ini adalah komponen yang dapat diandalkan untuk mengatasi situasi darurat seperti ban bocor hingga kerusakan berat.

    Lantas yang menjadi pertanyaan, toolkit apa saja yang harus dibawa saat sedang touring? Dalam artikel ini, kita akan membahas toolkit motor yang wajib kamu bawa saat touring, serta memberikan panduan lengkap untuk memastikan kamu siap menghadapi setiap situasi darurat di jalan.

    1. Kunci busi

    Busi adalah komponen kunci dalam sistem pengapian motor. Fungsinya adalah menghasilkan percikan api yang membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar. 

    Meskipun busi biasanya tahan lama, ada saat-saat ketika kamu mungkin perlu menggantinya di tengah perjalanan. Kunci busi adalah alat yang sangat penting untuk membuka busi yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

    2. Obeng plus dan minus

    Obeng plus dan minus adalah alat yang sangat berguna untuk mengatasi masalah kelistrikan yang mungkin timbul selama perjalanan. 

    Lampu utama yang mati atau lampu sein yang tidak berfungsi adalah masalah umum yang bisa terjadi. Dengan obeng yang tepat, kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah ini dan melanjutkan perjalanan kamu.

    toolkit 2

    3. Satu set kunci pas

    Perjalanan jarak jauh saat touring dapat menyebabkan komponen motor mengalami kerusakan atau kelonggaran. 

    Untuk mengatasi masalah seperti itu, kamu perlu memiliki satu set kunci pas. Kunci pas akan memungkinkan kamu untuk mengencangkan baut-baut yang kendur atau bahkan melepaskan komponen yang perlu diperbaiki.

    4. Tang

    Tang adalah alat serbaguna yang bisa sangat berguna dalam berbagai situasi. Saat kamu perlu mencabut benda yang tersangkut di motor kamu, alat tang akan menjadi penyelamat kamu. 

    Ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki atau memasang beberapa komponen kecil yang mungkin perlu disesuaikan selama perjalanan.

    5. Spare part cadangan

    Selalu bijak membawa beberapa spare part cadangan saat touring. Beberapa komponen yang sering mengalami masalah adalah busi, lampu utama, lampu sein, dan bahkan rantai. 

    Pastikan kamu membawa spare part yang sesuai dengan merek dan model motor kamu. Memiliki spare part cadangan dapat membuat perbedaan besar jika kamu mengalami masalah di tengah perjalanan.

    6. Ban cadangan dan alat perbaikan ban

    Masalah ban adalah salah satu masalah paling umum yang bisa terjadi di jalan. Kecil atau besar, ban yang bocor atau rusak dapat membuat perjalanan kamu berhenti sejenak. 

    Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus selalu membawa ban cadangan yang sesuai dengan jenis motor kamu. Selain itu, bawa juga alat perbaikan ban seperti alat pengisi angin portabel dan alat untuk menambal ban.

    7. Kit perbaikan sementara

    Tidak semua masalah motor memerlukan perbaikan yang rumit. Dalam beberapa situasi, kamu mungkin hanya perlu melakukan perbaikan sementara untuk melanjutkan perjalanan kamu hingga ke bengkel terdekat. 

    Kit perbaikan sementara bisa mencakup barang-barang seperti tali pengikat, selotip, dan produk perbaikan sementara lainnya yang dapat membantu kamu mengatasi situasi darurat.

    8. Kit perawatan motor

    Perjalanan jarak jauh juga berarti kamu perlu merawat motor kamu dengan baik. Bawa kit perawatan motor yang mencakup minyak pelumas, pembersih rantai, dan alat-alat perawatan lainnya yang diperlukan untuk menjaga motor kamu dalam kondisi baik selama perjalanan.

    9. Peralatan dasar pertolongan pertama (P3K)

    Keselamatan adalah prioritas utama saat touring. Selalu bawa peralatan pertolongan pertama dasar seperti plester, antiseptik, dan peralatan pertolongan pertama lainnya untuk mengatasi keperluan medis darurat. Jangan pernah mengabaikan kesehatan dan keselamatan kamu saat berada di jalan.

    10. Ponsel dan power bank

    Ponsel adalah alat yang sangat penting selama perjalanan. Selalu pastikan ponsel kamu terisi daya penuh sebelum berangkat, dan bawa juga power bank sebagai cadangan. 

    Ponsel kamu adalah alat yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi bantuan, mencari petunjuk arah, atau bahkan memeriksa kondisi cuaca.

    11. Peta dan kompas

    Jika kamu melakukan perjalanan ke daerah yang tidak kamu kenal, membawa peta fisik dan kompas dapat sangat membantu. 

    Meskipun teknologi GPS sangat canggih, memiliki peta dan kompas sebagai alat cadangan dapat membantu kamu menjaga arah dan merencanakan rute alternatif.

    Itu adalah beberapa toolkit yang wajib kamu bawa ketika sedang touring. Dengan membawa toolkit motor yang lengkap saat touring, kamu dapat menghadapi segala situasi darurat yang mungkin terjadi di jalan. 

    Baca juga: Mengenal Sejarah Honda City, dari Model Sedan hingga Hatchback

    Selain toolkit, kesiapan adalah kunci untuk perjalanan yang sukses dan aman. Pastikan untuk memeriksa kondisi motor kamu sebelum berangkat dan pelajari cara menggunakan alat-alat ini dengan baik. 

    Dengan begitu, kamu dapat menjalani perjalanan touring dengan lebih tenang, tahu bahwa kamu siap menghadapi segala tantangan yang mungkin muncul di jalan. 

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait