Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWaspada! 7 Hewan Ini Kerap Masuk Rumah saat Musim Hujan

    Waspada! 7 Hewan Ini Kerap Masuk Rumah saat Musim Hujan

    Musim hujan biasanya ditandai dengan munculnya berbagai hewan di sekitar rumah. Waspadai hewan-hewan ini!

    News.OLX – Saat musim hujan datang di bulan Oktober hingga Maret, biasanya beberapa hewan akan keluar dari “rumah”-nya dan berkeliaran. Masalahnya, ada beberapa jenis hewan yang sering masuk rumah.

    Hal ini tentu membuat kamu sebagai penghuni merasa sangat tidak nyaman dan khawatir, terutama bila ada hewan yang berbahaya. Karena itu, berikut beberapa jenis hewan yang harus kamu waspadai saat hujan datang.

    1. Nyamuk

    Nyamuk sangat menyukai genangan air, bisa dibilang ini jadi tempat tinggal favorit mereka. Sehingga, ini jadi waktu yang sempurna untuk mencari tempat baru dan berkembang biak. 

    Oleh karena itu, kamu harus waspada dan menyediakan pembasmi nyamuk agar tidak digigit dan terkena risiko penyakit seperti DBD.

    2. Lalat

    Selain nyamuk, hewan yang sering masuk rumah lainnya adalah lalat. Berbeda dengan nyamuk, lalat justru lebih suka tempat yang hangat. Karena itu, rumah kamu jadi pilihan yang tepat bagi lalat saat hujan tiba.

    Meski tampaknya sepele, tetapi tetap saja kamu harus waspada karena lalat juga memerlukan rumah kamu untuk bertelur. Jadi, sebaiknya tutup semua makanan yang ada di rumah supaya tidak terkontaminasi oleh lalat.

    3. Kelabang

    Sama seperti nyamuk yang suka air, kelabang sangat menyukai tempat yang lembab seperti kamar mandi. Oleh sebab itu, hujan jadi waktu favorit bagi kelabang karena ada banyak tempat lembab di rumah kamu.

    Selain itu, hujan juga jadi waktu yang pas untuk mencari makanan karena ada banyak mangsa yang keluar sarang. Kalau kamu tidak membasmi atau menghalaunya masuk ke dalam rumah, jelas ini akan berbahaya karena mereka bisa saja berkembang biak.

    4. Siput kecil

    Berbeda dengan ketiga hewan di atas, hujan justru jadi waktu aktif bagi semua jenis siput. Sebagai hewan moluska, siput memerlukan kelembaban untuk bertahan hidup karena jika tidak, tubuhnya akan cepat mengering. 

    Inilah mengapa akan muncul banyak sekali siput di dinding dan lantai teras rumah kamu saat hujan. Sebetulnya, siput tidak terlalu berbahaya, tetapi lama-kelamaan juga bisa membawa kutu. Untuk mengatasinya, kamu bisa memasang tembaga di sekitar teras atau menyebarkan tanah diatom.

    musim hujan (3)

    5. Katak

    Katak adalah salah satu hewan yang sering masuk rumah saat musim hujan tiba. Sama seperti siput, katak juga menyukai musim hujan karena udaranya yang lembab membuat mereka tidak cepat kering.

    Katak akan berkeliaran keluar sarang untuk mendapatkan kelembapan dan mencari pasangan. Kalau kamu merasa terganggu dengan kehadirannya, kamu bisa menutup pintu rumah saat hujan dan membukanya saat matahari datang. 

    6. Tikus

    Ketika musim hujan tiba, tikus biasanya akan keluar dari tempatnya bersarang saat ini dan masuk ke rumah untuk cari perlindungan. Hal ini lantaran tikus biasa tinggal di tempat kecil, yang mana ini bisa saja terendam genangan air saat hujan.

    Masalahnya, tikus yang masuk ke dalam rumah ini bisa merusak berbagai barang dan juga membawa kuman penyakit. Karena itu, kamu harus atasi dengan menggunakan berbagai cara seperti memasang jebakan dan menutup semua makanan yang ada.

    7. Ular

    Hewan terakhir yang sering muncul saat musim hujan adalah ular. Sebetulnya, hewan yang satu ini juga suka tempat lembab, sama seperti katak dan siput.

    Namun, hujan deras membuat sarang mereka tergenang air dan tidak dapat ditinggali. Maka dari itu, ular akan keluar sarang dan masuk ke daerah rumah kamu. Agar kamu tidak diserang ular, sebaiknya tutup pintu rumah atau memanggil bala bantuan jika sudah masuk ke dalam.

    Nah, itu dia beberapa hewan yang kerap masuk ke dalam rumah saat musim hujan tiba. Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu. Yuk segera download aplikasi OLX melalui Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait