Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriWaspada Water Hammer, ini Penyebab dan Cara Atasinya

    Waspada Water Hammer, ini Penyebab dan Cara Atasinya

     Waspada water hammer, bisa bikin mobil mogok!

    News.OLX Nggak cuma banjir, musim hujan juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada mobil, salah satunya adalah water hammer.

    Water hammer adalah kondisi di mana air masuk ke dalam ruang bakar atau sistem pelumasan mesin mobil dalam jumlah yang banyak. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan mesin yang sangat parah, bahkan bisa menyebabkan mobil mogok total.

    Water hammer biasanya terjadi saat mobil menerjang genangan air yang cukup tinggi.

    Air yang masuk ke dalam mesin dapat berasal dari berbagai sumber yang terjadi dari luar kendaraan. Berikut adalah sumber air penyebab water hammer pada mobil.

    water hammer (1)

    1. Genangan air yang masuk melalui filter udara

    Saat mobil menerjang genangan air, air yang masuk ke dalam mesin akan terhisap oleh piston. Piston kemudian akan kompresi air tersebut bersama dengan bahan bakar.

    Namun, karena air tidak dapat terkompresi seperti bahan bakar, maka piston akan mengalami tekanan yang sangat besar. Tekanan ini dapat menyebabkan piston bengkok, kepala silinder pecah, atau bahkan blok mesin retak.

    2. Air yang masuk melalui saluran intake manifold

    Saluran intake manifold adalah saluran yang menghubungkan karburator atau throttle body dengan ruang bakar. Jika saluran ini rusak, maka air bisa masuk ke dalam ruang bakar.

    3. Air yang masuk melalui saluran pembuangan mesin

    Saluran pembuangan mesin adalah saluran yang menghubungkan silinder dengan knalpot. Jika saluran ini rusak, maka air bisa masuk ke dalam ruang bakar.

    Kebiasaan yang bisa menyebabkan water hammer

    Selain genangan air, water hammer juga dapat terjadi akibat kebiasaan pengemudi. Berikut penjelasannya.

    1. Mesin mobil yang mati saat terendam air

    Saat mesin mobil mati saat terendam air, maka piston akan berhenti bergerak. Namun, karena air masih terisi di dalam ruang bakar, maka piston akan mengalami tekanan yang sangat besar.

    2. Proses cuci mobil yang tidak benar

    Jika proses pencucian mobil tidak benar, maka air bisa masuk ke dalam mesin melalui filter udara atau saluran intake manifold.

    3. Kerusakan pada filter udara atau saluran intake manifold

    Jika filter udara atau saluran intake manifold rusak, maka air bisa masuk ke dalam mesin. Hal ini yang menyebabkan water hammer terjadi.

    Dampak water hammer

    Water hammer tidak boleh dibiarkan. Sebab hal ini dapat merusak mesin mobil. Berikut adalah beberapa dampak yang dapat terjadi akibat water hammer pada kendaraan roda empat.

    1. Kerusakan piston

    Piston adalah komponen mesin yang berfungsi untuk memompa gas. Jika piston bengkok, maka mesin akan kehilangan tenaga dan bisa menyebabkan mobil mogok.

    2. Kerusakan kepala silinder

    Kepala silinder adalah komponen mesin yang berfungsi untuk menempatkan ruang bakar, katup, dan komponen lainnya. Jika kepala silinder pecah, maka mesin akan mengalami kerusakan yang sangat parah.

    3. Kerusakan blok mesin

    Blok mesin adalah komponen mesin yang berfungsi untuk melindungi komponen-komponen mesin lainnya. Jika blok mesin retak, maka mesin akan mengalami kerusakan yang sangat parah.

    4. Biaya perbaikan yang mahal

    Perbaikan water hammer biasanya membutuhkan penggantian beberapa komponen mesin, seperti piston, kepala silinder, atau blok mesin. Biaya perbaikan water hammer dapat mencapai jutaan rupiah.

    Cara mencegah water hammer

    Untuk mencegah terjadinya water hammer, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut adalah penjelasannya.

    1. Hindari menerjang genangan air yang cukup tinggi

    Jika terpaksa harus menerjang genangan air, pastikan mobil melaju dengan kecepatan rendah dan gigi rendah.

    2. Matikan mesin mobil jika terendam air

    Jika mesin mobil mati saat terendam air, maka air tidak akan masuk ke dalam mesin.

    3. Lakukan perawatan mesin secara rutin

    Perawatan mesin secara rutin, termasuk penggantian filter udara dan saluran intake manifold secara berkala, dapat membantu mencegah terjadinya water hammer.

    Water hammer merupakan kondisi yang sangat berbahaya bagi mesin mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mencegahnya agar dapat menghindari kerusakan mesin yang parah.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait