Kamis, Mei 16, 2024
Lainnya
    InformasiBuat Para WiFi Hunter, Lakukan Ini Jika WiFi Tidak Terdeteksi di HP

    Buat Para WiFi Hunter, Lakukan Ini Jika WiFi Tidak Terdeteksi di HP

    WiFi tidak terdeteksi di HP Android? Jangan panik! Begini mengatasi masalah WiFi sesuai dengan penyebabnya dengan tepat.

    News.OLX – WiFi tidak terdeteksi di HP? Tenang! Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya dengan mudah. Namun, pastikan kamu mengetahui dulu apa penyebabnya sehingga upayanya bisa maksimal.

    Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

    1. Menangani Router Bermasalah

    Pertama, cek kondisi router, Seperti kabel sudah tercolok sempurna dan lampu indikator menyala.

    Jika router sudah menyala dan WiFi tetap tidak terdeteksi, coba cabut kabel dari kontak listrik, diamkan beberapa menit, kemudian colokkan kembali. Hal ini gunanya untuk me-restart router.

    Langkah lain yang bisa kamu lakukan dengan memindahkan posisi router ke lokasi lain. Apabila memungkinkan, kamu bisa memindahkannya ke lokasi terdekat dengan ponsel. Dengan begitu, sinyal yang kamu dapat pun kuat juga stabil.

    Terakhir, periksa pengaturan WiFi di router. Apakah nama jaringan sudah benar (SSID), kata sandi, dan setting-an lain. Mudahnya, gunakan buku manual atau langsung gunakan web antarmuka resmi.

    2. Mengatasi MAC Address WiFi Diblokir Router

    Penyebab kedua selain router bermasalah ada pada terblokirnya MAC Address WiFi di HP dari router. Hal ini terjadi jika router masih dalam kondisi baru dan belum ada pengaturan lanjutan. Jika kamu belum tahu adanya fitur ini, kamu bisa coba browsing di website resmi brand router atau langsung hubungi CS untuk mendapatkan solusi lanjutan yang lebih tepat.

    3. Memecahkan Router WiFi Tidak Support Tipe Ponsel

    Penyebab lain dari tidak terdeteksinya WiFi di HP, yaitu router memang tidak mendukung pemakaian untuk tipe ponsel tertentu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui spesifikasi router sebelum membelinya. Jika sudah terbeli, satu-satunya solusi adalah mencari router yang tepat.

    4. Menangani Pengaturan Ponsel yang Kurang Tepat

    Selain router, cek juga pengaturan ponsel. Terkadang, pengaturan yang kurang tepat bisa menyebabkan gagal deteksi.

    Pertama, pastikan indikator WiFi sudah menyala. Umumnya, kamu bisa menemukan indikator ini di notification bar dengan ikon jaringan. Jika sudah menyala dan tidak bisa terkoneksi, lakukan pengaturan ulang.

    Tap lama pada jaringan WiFi, kemudian “Lupakan”. Tunggu beberapa menit, sambungkan ulang dengan konfigurasi yang tepat.

    Selain itu, ponsel yang terlalu banyak menyimpan jaringan juga memicu masalah pendeteksian jaringan baru. Ada baiknya, pilih jaringan yang sekiranya sering kamu gunakan jaringannya.

    Apabila masih gagal, coba beberapa langkah berikut.

    • Aktifkan mode pesawat dalam waktu beberapa menit. Kemudian nonaktifkan dan coba sambungkan ulang.
    • Restart ponsel juga bisa menjadi alternatif guna memulai ulang semua sistem smartphone. Kadang, me-restart ponsel bisa mengatasi masalah seperti ini.
    • Terakhir, periksa pembaruan sistem perangkat. Perangkat yang menggunakan sistem operasi lawas ada kemungkinan di dalamnya terdapat bug atau masalah lain. Nah, dengan memperbaharui sistem operasi akan memperbaiki bug juga.

    5. Mengatasi Gangguan pada Provider Internet

    WiFi

    Umumnya, setiap layanan penyedia internet memiliki kontak panggilan untuk customer care atau customer service. Kamu bisa memanfaatkannya untuk bertanya dan memastikan apakah ada gangguan jaringan pada layanan internet.

    Jika tidak ada masalah pada jaringan, coba gunakan perangkat lain untuk terhubung ke WiFi. Jika perangkat lain bisa terkoneksi maka kemungkinan besar masalahnya ada di ponsel atau router. Kamu bisa coba poin pertama dan kedua untuk mengatasinya.

    6. Menghadapi Hardware Wireless Ponsel Bermasalah atau Kerusakan Sistem Android

    Penyebab tidak terdeteksinya WiFi di HP terakhir karena ada kerusakan pada hardware wireless atau sistem Android.

    Umumnya, kerusakan sistem Android berdampak pada wireless. Jika sudah demikian, coba bawa ke teknisi untuk memperbaikinya.

    Namun, perlu kamu perhatikan juga bahwa semua biaya perbaikan tidak selalu worth it di kantong. Ada juga biaya perbaikan yang setara dengan ponsel baru. Daripada memperbaikinya, lebih baik beli ponsel baru.

    Kamu bisa cari ponsel baru incaran sesuai budget di OLX. Lebih mudah dan praktis, gunakan aplikasinya. Download sekarang di Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait