Minggu, Mei 12, 2024
Lainnya
    InformasiCatat! Ini Syarat, Prosedur, dan Biaya Ganti Plat Mobil di 2024

    Catat! Ini Syarat, Prosedur, dan Biaya Ganti Plat Mobil di 2024

    Sebelum mengunjungi Samsat untuk mengganti plat, pastikan kamu tahu syarat, prosedur, serta biaya ganti plat mobil ini lebih dulu.

    News.OLX – Dalam rentang satu kali lima tahun, kamu wajib mengganti plat mobil selaku identitas kendaraan sekaligus memenuhi persyaratan administrasi resmi, seperti pembayaran pajak kendaraan. Biaya ganti plat mobil ini pun masih tergolong terjangkau dan hanya dikeluarkan sekali dalam lima tahun.

    Untuk tahu syarat lengkap, prosedur, serta biaya ganti plat mobil terbaru di 2024 ini, kamu dapat cek jawabannya pada artikel berikut ini!

    Syarat Lengkap untuk Mengganti Plat Mobil

    Sebelum menyiapkan biaya ganti plat mobil, pastikanlah kamu menyiapkan sejumlah persyaratan fisik dokumen  di bawah:

    1. Mobil yang akan kamu ganti platnya
    2. KTP (asli dan fotokopiannya)
    3. STNK (asli dan fotokopiannya)
    4. Kertas hasil cek fisik mobil

    Selain hasil cek fisik, kamu harus menyiapkannya lebih dahulu dan memastikan bahwa semua data di dalamnya sama agar tidak menghadirkan masalah ketika melakukan prosedur penggantian plat. Khusus pengguna mobil bekas, bawalah surat kuasa dari pemilik sebelumnya.

    Sementara kertas hasil cek fisik baru akan kamu dapatkan setelah mendatangi Samsat dan melakukan pemeriksaan fisik sebelum mendapatkan plat.

    Prosedur Ganti Plat Mobil

    Biaya Ganti Plat Mobil

    Sementara itu, beberapa prosedur penggantian plat mobil yang harus kamu ikuti di antaranya:

    1. Cek Fisik Mobil

    Kunjungilah kantor Samsat sembari membawa mobil yang hendak diganti platnya. Sampai di loket pendaftaran, berikanlah seluruh berkas yang sudah kamu persiapkan serta uang pengecekan fisik mobilnya.

    Tidak hanya pengecekan fisik, petugas yang berwenang juga akan melihat nomor rangka mobil menggunakan kertas gesek.

    2. Mengisi Formulir Data Mobil

    Seusai melewati cek fisik, bawalah kertas hasil pemeriksaan itu menuju loket khusus legalisir. Di sana, kamu akan mendapatkan formulir khusus untuk menuliskan data pemilik serta kendaraan. Isikanlah data di formulir sesuai keadaan sebenarnya.

    Jika sudah, berikanlah formulir tersebut kepada petugas tadi. Dalam tahapan ini, kamu tidak dimintai biaya apa pun.

    3. Pembayaran

    Jika data telah divalidasi, kamu nantinya diperintah melakukan pembayaran atas biaya ganti plat mobil berdasarkan perhitungan yang kami jabarkan nanti.

    4. Mengambil Plat Mobil Baru dan STNK

    Apabila semua proses di atas telah kamu lakukan, maka silakan tunggu dulu. Nanti petugas akan memanggilmu dalam rangka penyerahan plat baru dan STNK. Setelah itu, kamu dapat memakai plat dan STNK supaya perjalanan di jalanan nanti aman serta nyaman.

    Biaya Ganti Plat Mobil 2024

    Pada dasarnya, uang yang wajib pemilik mobil keluarkan demi mendapatkan plat terbaru atau TNKB adalah Rp100 ribuan saja.

    Akan tetapi, pada tahapan ini, masih terdapat biaya lain yang wajib kamu keluarkan. Beberapa dana tersebut bertujuan untuk penerbitan STNK baru, pengesahan STNK, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta denda apabila kamu telat membayarnya.

    Nominal uang yang dibayar nanti ini telah mengikuti PP No. 60 Tahun 2016. Di mana pada PP tersebut sudah ada penjelasan mengenai tarif dan tipe Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) dengan pengelolaan dari kepolisian.

    Nah, secara umum, rincian biaya yang perlu kamu keluarkan untuk semua prosedur ini antara lain:

    1. Rp30 ribu: Biaya cek fisik mobil.
    2. Mulai Rp100 ribu: Ganti plat baru.
    3. Rp143 ribu: Biaya SWDKLLJ.
    4. Rp200 ribu: Biaya penerbitan STNK terbaru.
    5. Rp375 ribu: Biaya penerbitan BPKB baru.
    6. BBN KB (Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sebanyak 1% dari harga beli mobil).

    Setelah tahu berbagai syarat, prosedur, serta biaya ganti plat mobil 2024, kamu bisa mampir ke laman OLX jika sedang mencari mobil bekas atau produk lainnya. Agar akses lebih cepat, unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait