Rabu, Mei 15, 2024
Lainnya
    ReviewEksis Sejak 2010, Ini Sejarah Honda Scoopy dari Generasi ke Generasi

    Eksis Sejak 2010, Ini Sejarah Honda Scoopy dari Generasi ke Generasi

    Penasaran dengan perjalan dari sejarah setiap generasi Honda Scoopy? Yuk, cek penjelasannya!

    News.OLX – Honda Scoopy merupakan salah satu motor matic yang masih eksis hingga sekarang, sekalipun sudah banyak pesaing muncul di pasaran. 

    Hal ini karena ketelatenan Honda untuk membuat motor yang awalnya terkenal memiliki desain retro modern ini untuk lebih variatif dan relevan dengan perkembangan zaman.

    Jika penasaran dengan sejarah Honda Scoopy yang sudah eksis sejak tahun 2010 ini, kamu bisa cek penjelasan terkait setiap generasi motornya di bawah:

    Generasi Pertama (2010)

    Seri yang rilis pertama di Indonesia ini terkenal dengan konsep retro pada desain motornya. Tampilannya juga berbeda dengan kebanyakan motor matic, karena desainnya membulat dan ukuran headlamp lumayan besar serta memakai lampu halogen.

    Kesan retro semakin kuat berkat adanya desain lampu sen yang membulat dan terpisah dari bodi motor. Mesin Honda Scoopy ini mirip dengan Beat generasi pertama, yaitu mesin 110 cc karburator. Tenaga motor ini ialah 8,13 dk dan torsi maksimal 8,32 Nm.

    Generasi Kedua (2013)

    Berselang tiga tahun kemudian, Honda Scoopy kembali muncul di pasaran dengan desain yang terlihat lebih menyegarkan. Meskipun begitu, Honda masih mempertahankan konsep retro pada motor ini, namun juga sudah sedikit modern.

    Kesan retro ini tergambar dari bodi motor yang masih membulat,  namun sudah ada peningkatan dari generasi sebelumnya. Peningkatan tersebutlah yang membuat motor ini terkesan lebih modern.

    Peningkatan tersebut ada pada desain headlamp lebih kekinian dan sudah tersematkan proyektor. Posisi  lampu sein yang dulu terpisah, sekarang dibuat menempel dengan bodi motor.

    Pengabut bahan bakarnya sudah menggunakan injeksi. Dengan kapasitas mesin masih 119 cc, tenaga motor ini mencapai 8,4 dk dengan torsi 8,98 Nm.

    Honda Scoopy (1)

    Generasi Ketiga (2015)

    Desain Honda Scoopy generasi ketiga lumayan mirip dengan generasi sebelumnya. di mana pembedanya adalah pilihan warna yang disediakan.

    Hal yang ditonjolkan pada generasi ketiga ini adalah pada fitur-fitur yang dibuat lebih banyak, seperti:

    • ACG Starter: Menjadikan suara mesin lebih halus.
    • ISS (Idling Stop System): Ketika motor berhenti lebih dari lima detik, maka mesin otomatis akan mati. Lalu bisa menyala lagi ketika memutar gas saja.
    • Answer Back System: Mempermudah mencari motor di parkiran.

    Tenaga yang dikeluarkan motor ini lebih besar, yaitu 8,7 dk dengan torsi 9,1 Nm. Hal ini berkat adanya eSP, yang mengoptimalkan kerja mesin.

    Generasi Keempat (2017)

    Honda Scoopy keluaran 2017 sudah memiliki perubahan lebih signifikan daripada generasi-generasi sebelumnya.

    Bagian bodi memang masih tetap bulat, karena ini sudah menjadi ciri khasnya. Namun, bagian headlamp telah memakai LED proyektor. Bagian lampu sein tentu saja sudah menyambung dengan bodi motor.

    Velg mobil dibuat lebih kecil, yaitu 12 inci dengan ban 100/90 di depan serta 110/90 di belakang.  Di mana sebelumnya velg Honda Scoopy adalah 14 inci dan ban 80/90 di depan dan 90/90 di belakang. Alhasil, tampilan Scoopy ini terlihat lebih “imut”.

    Di generasi keempat ada penambahan fitur baru lagi, seperti adanya power outlet untuk mengisi daya smartphone kamu dan anti-theft yang akan berbunyi ketika ada upaya tidak wajar ketika motor diparkirkan. Dengan mesin eSP 110 cc, tenaganya 9,98 dk dan torsi 9,4 Nm.

    Generasi Kelima (2020)

    Merupakan generasi terkini, dan memiliki perombakan cukup besar pada desain, terutama pada headlamp. Namun bagian velg masih dibuat sama dengan generasi sebelumnya.

    Perubahan paling banyak pada generasi ini terdapat di bagian fitur-fiturnya, di antaranya:

    • Sudah mendapatkan keyless system, sehingga hanya perlu  remote.
    • Penggunaan sasi eSAF yang dapat memaksimalkan handling karena lebih ringan.
    • Mesinnya sudah memakai bore 47 mm dan stroke 63,1 mm (sebelumnya 50 mm dan 55 mm).

    Selama dikendarai tenaga yang dikeluarkannya sebesar 8,85 dk dengan torsi 9,3 Nm.

    Jika tertarik mengoleksi versi bekas dari salah satu generasi Honda Scoopy di atas, pastikan kamu mengunjungi OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait