Senin, Mei 13, 2024
Lainnya
    InformasiMau Repaint Velg Mobil? Segini Budget yang Harus Disiapkan

    Mau Repaint Velg Mobil? Segini Budget yang Harus Disiapkan

    Repaint velg adalah salah satu alternatif untuk membuat mobil senantiasa tampak seperti baru. Berikut kisaran biayanya.

    News.OLX – Repaint velg atau mengecat ulang pelek mobil bisa jadi alternatif kalau kamu tertarik memodifikasi tampilan kendaraan tanpa harus keluar banyak uang. Hanya saja, perlu diingat kalau demi hasil akhir yang maksimal, maka kamu perlu mencurahkan upaya ekstra pada detail.

    Mulai dengan membersihkan, mengamplas, lalu memoles velg hingga rata. Saat mengecat, oleskan cat tipis-tipis dan biarkan cat mengering dengan baik di sela-sela lapisan agar kualitasnya memuaskan.

    Kalau kamu kurang pede dengan kemampuan diri sendiri, jangan ragu untuk minta bantuan ahli. Sedangkan soal biaya repaint velg mobil bisa bervariasi tergantung pada sejumlah faktor.

    Berapa Biaya Repaint Velg Mobil?

    Pertama-tama, ukuran velg sangat memengaruhi biaya repaint velg mobil. Makin besar roda, makin lebar area permukaan yang harus dicat, yang berarti makin banyak cat dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek.

    Jadi, wajar saja jika mengecat pelek yang lebih besar butuh lebih banyak waktu dan sumber daya yang tentunya bakal berdampak pada harga total. Dan biayanya pun bukan cuma itu.

    Jenis cat dan hasil akhir yang kamu pesan juga bisa berimbas pada besaran ongkos. Dengan kata lain, cat atau finishing khusus bisa jadi dibanderol dengan harga yang lebih tinggi terlepas dari ukuran roda.

    Selain itu, tergantung kondisi pelek, terkadang kamu masih membutuhkan layanan tambahan seperti jasa servis. Jasa tambahan ini berpotensi mendongkrak total biayanya, apalagi kalau roda mobilmu ukurannya cukup besar.

    Terkait mengecat pelek, harga yang dipatok lazimnya sudah termasuk ongkos untuk semua roda sekaligus. Jadi, harga yang tercantum sudah mencakup biaya cat empat roda dalam satu set.

    Mau siap-siap budget lebih dulu sebelum menyambangi bengkel terdekat? Berikut rincian harga cat pelek tergantung pada macam-macam ukuran velg sebagai bahan pertimbangan.

    • Ring velg 12: Rp325.000
    • Ring velg 14: Rp565.000
    • Ring velg 15: Rp745.000
    • Ring velg 16: Rp870.000
    • Ring velg 17: Rp1.025.000
    • Ring velg 18: Rp1.300.000
    • Ring velg 19: Rp1.435.000

    Tips Perawatan agar Cat Velg Mobil Tetap Awet

    repaint velg

    Merawat velg yang baru dipoles adalah kunci supaya tampilannya tetap kinclong untuk jangka panjang. Simak beberapa tips praktis berikut ini sebagai acuan:

    1. Cuci Mobil secara Berkala

    Cuci kendaraan dengan rutin menggunakan shampoo mobil dan air mengalir untuk membasmi kotoran, debu, atau kerak yang menumpuk di velg. Hindari bahan kimia agresif atau produk pembersih abrasif yang dapat merusak cat.

    2. Hindari Sabun Cuci Mobil Abrasif

    Sekali lagi, sebaiknya waspadai sabun cuci mobil yang bersifat abrasif, mengandung bahan-bahan kimia tajam, atau zat asam saat hendak mencuci pelek mobil. Shampoo jenis ini dapat mengikis cat dan lapisan akhir dari waktu ke waktu.

    Akan lebih baik kalau kamu beralih ke produk yang lebih aman, seperti sabun khusus untuk pelek bercat.

    3. Gunakan Kain Lembut saat Mencuci

    Sewaktu harus membersihkan velg, gunakan kain atau sikat yang lembut untuk mengurangi risiko cat tergores. Jauhi apa pun yang bersifat mengikis atau kasar supaya pelek mobil selalu tampil mulus tanpa goresan atau lecet.

    4. Lakukan Touch Up jika Perlu

    Bila ternyata ada goresan atau baret pada lapisan cat, sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan repaint velg lagi dari tenaga profesional. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah menambal kerusakan apa pun sekaligus mempertahankan kondisi serta warna velg agar selalu tajam.

    Cari mobil bekas untuk keperluan pribadi maupun niaga yang nggak menguras kantong? Di OLX hadir ribuan iklan mobkas dengan harga untuk semua budget. Dari sedan lawas sampai SUV teranyar, semuanya ada di OLX. Yuk, permudah transaksi jual beli mobkas dengan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait