Senin, Mei 13, 2024
Lainnya
    InformasiMengenal Apa Itu Regulator Mobil Beserta Fungsinya

    Mengenal Apa Itu Regulator Mobil Beserta Fungsinya

    Apa itu regulator? Ini pengertian, komponen di dalamnya, dan fungsi utama regulator mobil.

    News.OLX – Di balik performa mesin yang mumpuni dan desain yang menawan, terdapat berbagai komponen penting yang bekerja sama untuk memastikan kelancaran operasi mobil. 

    Salah satu komponen yang tak kalah penting adalah regulator mobil. Bagi yang belum familiar, yuk bahas tentang apa itu regulator mobil dan fungsinya.

    Apa Itu Regulator?

    Regulator adalah salah satu elemen krusial dalam sistem kelistrikan mobil. Tanpa regulator yang beroperasi baik, mobil bisa mati sendiri di jalan alias mobil tidak akan menyala. Dalam sistem elektronika mobil, regulator bertugas untuk mengelola keluaran pengisian. Mudahnya, ini adalah pengatur output pengisian dalam mesin.

    Dalam regulator ada relay sebanyak 3 buah. Masing-masing bertugas memonitor tegangan yang pembangkit listrik mobil produksi kemudian mengatur arus yang hendak keluar dan menghalangi terjadinya arus balik yang ada di baterai atau aki.

    Regulator terbagi menjadi dua, yaitu:

    • Konvensional
    • IC regulator

    Komponen Regulator

    Regulator mobil memiliki 3 komponen relay dengan fungsi berbeda.

    1. Voltage Regulator

    Fungsinya untuk mengatur listrik yang diproduksi agar tetap stabil. Jika tegangan listrik meninggi, Voltage akan mengarahkan arus listrik ke sebuah tempat yang berhubungan dengan seri kumparan medan. Listrik yang masuk pun akan diberi batas, sehingga tegangan yang semula tinggi menjadi turun dan stabil.

    2. Pembatas Arus

    Selanjutnya ada pembatas arus yang meneruskan pekerjaan dari Voltage. Jadi, ia berfungsi untuk memberikan batas pada arus bertegangan tinggi dari dinamo.

    3. Cut Out Relay

    Terakhir cut out relay dengan fungsi utama menghambat terjadinya arus balik ke dinamo dari aki.

    Fungsi Utama Regulator

    Selain apa itu regulator dan komponennya, ternyata ada peran lain dari komponen ini.

    1. Pengontrol Tegangan

    Sesuai dengan tiap-tiap komponen, secara keseluruhan, regulator berfungsi sebagai pengontrol tegangan. Jadi, regulator nantinya akan membatasi tegangan yang aki produksi berlebihan agar tidak mengalir ke bentang detail yang membahayakan komponen lain.

    2. Pengontrol Medan Magnet Rotor

    Jika mobil menggunakan integrated sirkuit maka ia bisa mengatur lemah dan kuatnya medan magnet yang ada di area rotor melalui limitasi arus. Berkat penataan medan magnet yang tepat, IC bisa langsung merespons saat mobil berakselerasi dengan cepat dan tidak stabil.

    3. Voltage Relay

    Apa itu regulator berkaitan erat juga dengan fungsi satu ini, voltage relay. Di sini ia bertugas mematikan CHG atau indikator lampu pengisian. Setelahnya meneruskan arus dari terminal B ke voltage regulator.

    Jadi, sudah tahu apa itu regulator dan fungsinya?

    Jika kamu membutuhkan regulator pengganti dan belum menemukan spare part yang tepat, yuk cari di OLX. Untuk memudahkan, bisa gunakan aplikasi OLX yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait