Selasa, Mei 7, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Gigi Mobil Manual, dari Cara Menggunakan hingga Perawatannya

    Mengenal Gigi Mobil Manual, dari Cara Menggunakan hingga Perawatannya

    Kenali gigi mobil manual agar bisa tahu cara perawatannya, sehingga dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

    News.OLX – Mempelajari mengendarai gigi mobil manual bagi beberapa orang mungkin terasa sulit, apalagi ketika sudah terbiasa dengan transmisi matic. Namun, bukan berarti tidak mungkin mempelajarinya sama sekali.

    Jika kamu ingin menguasai cara mengendarai gigi mobil manual serta tips perawatannya, kami sudah menyiapkan informasinya di sini!

    Cara Mengendarai Gigi Mobil Manual

    Mobil bertransmisi manual ialah kendaraan yang memanfaatkan sistem kopling. Di mana pengemudi akan memanfaatkan kopling tersebut untuk mengelola perpindahan pada torsi mesin ke transmisi atau pemindahan giginya dengan memanfaatkan tangan.

    Secara umum, cara mengendarai mobil bertransmisi manual tersebut di antaranya:

    1. Pahami Fitur Kendaraan

    Pertama, pastikan kamu paham fitur di transmisi gigi mobil manual, supaya paham kegunaan atau fungsinya ketika dikemudikan. Dari banyaknya fitur, yang paling penting untuk  dipahami ialah di bagian pedal gas, pedal kopling, serta pedal rem.

    Ketahui jugalah tuas persneling mobil, baik itu fungsi dari gigi satu hingga gigi lima yang berperan penting dalam mengubah laju kendaraanmu ini. Pastikan kamu pun memahami kegunaan fitur R, yang berperan selama ingin memundurkan mobil.

    Beberapa fitur penting lainnya adalah klakson, tombol lampu sign, tombol wiper, tombol jendela dan kunci, serta lainnya. Terakhir, ketahuilah langkah-langkah mengganti perseneling atau giginya supaya kendaraan lancar dikemudikan.

    2. Duduk dengan Posisi Nyaman

    Karena berpengaruh pada proses mengemudikan serta menginjak pedal, pastikanlah kamu duduk dalam posisi nyaman. 

    Duduklah dengan kondisi lurus serta tidak terlalu maju atau jauh, karena akan mempersulitmu memindahkan dan menginjak pedalnya. Tidak hanya itu, kamu juga akan lebih cepat capek.  

    3. Paham Semua Posisi Pedal

    Ketahuilah fungsi dari setiap pedal mobil, yaitu:

    • Pedal gas: memberikan dorongan kecepatan terhadap kendaraan.
    • Pedal kopling: memutus putaran mesin dan putaran roda di antara setiap gigi ketika kamu mengurangi atau menambah gigi.
    • Pedal rem: mengontrol kecepatan dan menghentikan laju mobilmu.

    4. Menyalakan Mobil dengan Perlahan

    Sebelum menyalakan kendaraan roda empat ini, pastikanlah bahwa giginya berada di keadaan netral, yang terlihat dari posisi tuas gigi yang berlokasi di antara gigi tiga serta empat. Selain itu, tuasnya dapat kamu gerakkan secara bebas ke kanan dan ke kiri.

    Setelah itu, nyalakanlah mesin, di mana saat starter kamu harus tetap menginjak pedal kopling agar kendaraanmu tidak melompat ketika lupa apakah gigi mobil manual tersebut dalam keadaan netral atau belum.

    Saat berkendara, pastikanlah jarak kakimu di antara seluruh pedal dalam jarak yang aman, tidak terlalu jauh.

    Setelah itu, berkendaralah dengan berhati-hati. Di mana ketika baru pertama mempelajarinya, fokuslah memahami langkah oper gigi. Saat ingin mengecek kecepatan mobil, kamu dapat melihat speedometer supaya lajunya tetap terkontrol.

    5. Tahu Cara Menaikkan dan Menurunkan Gigi

    Belajarlah langkah mengoper gigi ke yang lebih tinggi dan cara menurunkannya, di mana keduanya memanfaatkan pedal kopling dan tuas persneling.

    Honda WR-V E Manual

    Tips Perawatan Gigi Mobil Manual

    Jika sudah memiliki gigi mobil manual, maka pastikan untuk merawatnya dengan benar. Beberapa tips perawatan yang bisa kamu coba ialah:

    1. Rutin mengganti oli, minimal ketika sudah menempuh 10 ribu km.
    2. Memastikan air radiator selalu terisi.
    3. Rutin cek keadaan starter kendaraan.
    4. Menggunakan kopling dengan ideal agar komponennya tahan lama.
    5. Periksa timing belt secara rutin.
    6. Merawat semua komponen kelistrikan.

    Setelah tahu semua informasi di atas, pastikan kamu untuk mempelajari gigi mobil manual dengan profesional atau orang yang sudah menguasai membawa kendaraan agar selamat dan aman. Nah, jika sedang mencari mobil bekas, kamu dapat cek di OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait