Kamis, Mei 16, 2024
Lainnya
    TeknoSpotify vs YouTube Music, Mana yang Paling Oke?

    Spotify vs YouTube Music, Mana yang Paling Oke?

    Pahami kesamaan dan perbedaan Spotify vs YouTube Music untuk memudahkan pemilihan platform streaming musik.

    News.OLX – Spotify vs YouTube Music, pilih mana? Dunia streaming musik dipenuhi dengan berbagai pilihan platform. Dua di antaranya yang teratas adalah Spotify dan YouTube Music. 

    Keduanya menawarkan katalog musik yang luas dengan fitur dan keunggulan tersendiri. Lalu, Spotify vs YouTube Music, baiknya pilih mana? Daripada bingung-bingung memilih yang mana? Mari kupas tuntas persamaan dan perbedaan mereka untuk membantumu menentukan pilihan.

    Perbedaan YouTube Music dan Spotify

    Keduanya menawarkan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Membandingkan Spotify vs YouTube Music, berikut persamaan dan perbedaan keduanya.

    Katalog Lagu

    Katalog musik di kedua platform ini tergolong luas. Keduanya, menawarkan jutaan lagu dari berbagai genre dan artis, lokal maupun internasional. Kamu bisa dengan mudah menemukan lagu favorit atau menjelajahi musik baru.

    Namun, bedanya YouTube Music memiliki ketersediaan lagu-lagu mashup, nukilan konser, hingga remix yang menambah warna musik. Hal ini tidak tersedia di Spotify.

    Desain Aplikasi

    Baik Spotify maupun YT Musik sama-sama membawa desain dark/night theme, sehingga dominan gelap. Melihat antarmukanya, dua-duanya menyajikan antarmuka yang memudahkan pencarian lagu baru lengkap dengan rekomendasi. Bedanya, di YT Musik tersedia tab Samples yang berisi nukilan pendek dari lagu.

    Fungsionalitas Pencarian

    Tidak tahu judul dan penyanyinya?

    Baik YouTube Music maupun Spotify mendukung pencarian berdasarkan lirik lagu. Namun, hasil atau fungsionalitas pencarian Spotify memiliki efektivitas jauh daripada YT Musik. Enaknya, Spotify akan menyorot lagu dengan tambahan teks “lyrics match”.

    Kualitas Audio

    Keduanya, memiliki kualitas audio yang serupa, tetapi tidak sama. Pada Spotify premium, pengguna bisa streaming lagu di bitrate 256 kbps AAC, sedangkan pengguna gratisan di bitrate 128 kbps AAC.

    Sementara pengguna YouTube Music bisa streaming di bitrate 256 kbps AAC dengan angka bitrate minimum di 48 kbps.

    Perbedaannya memang tidak terlalu jauh, tetapi dari sisi fleksibilitas, Spotify unggul dalam menawarkan kualitas audio pada para penggunanya.

    Fitur Tambahan

    YT Musik tidak memberikan fasilitas tambahan selain streaming lagu. Namun, user premium yang berlangganan bisa menyaksikan konten video dari YouTube dengan bebas iklan. Ini adalah satu satu keuntungan berlangganan YouTube Music.

    Di sisi lain, Spotify menawarkan sejumlah fasilitas menarik. Contoh dukungan lirik, crossfade saat berganti lagu, pengguna dapat saling follow di Spotify juga melihat aktivitas lagu yang teman dengarkan, serta statistik aktivitas selama 1 tahun dari Spotify Wrapped.

    Harga Berlangganan

    Baik Spotify maupun YouTube Music sama-sama memiliki versi free alias gratisan. Namun, versi cuma-cuma tersemat iklan dalam lagu, sehingga mengganggu pengalaman mendengarkan musik. Selain itu, tersedia juga batasan-batasan lain.

    Sementara biaya berlangganannya, tersedia dalam dua pilihan.

    • Di Spotify, langganan individu seharga Rp55.000 per bulan, akun duo Rp71.000, juga Family untuk 6 akun Rp87.000.
    • Sedangkan YouTube Music membanderol harga individu di Rp49.000 per bulan dan Rp75.000 untuk Family 5 akun.

    Spotify vs YouTube Music, Mana yang Lebih Baik?

    Keduanya, memberikan pilihan free trial bagi yang belum pernah berlangganan. Ada baiknya, coba manfaatkan fasilitas ini untuk mengetahui kebutuhan mendasarmu akan musik ada di platform mana.

    Jika membahas keunggulan, Spotify memang lebih unggul. Namun, YouTube Music tak kalah bagus dengan konfigurasi YouTube. Semua kembali ke kebutuhan individu. 

    Agar pengalaman bermusik makin menyenangkan, beli perangkat audio pendukung seperti speaker atau headphone; headset, atau earphone.

    Semua produk tersebut bisa kamu beli melalui OLX. Untuk memudahkan pencarian dan pembelian item, OLX meluncurkan aplikasi yang bisa kamu download melalui Google Play Store atau App Store. Unduh sekarang dan nikmati kemudahannya!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait