Kamis, Mei 16, 2024
Lainnya
    InformasiTidak Bisa Pindai QR Code WhatsApp Web? Ternyata Ini Penyebabnya

    Tidak Bisa Pindai QR Code WhatsApp Web? Ternyata Ini Penyebabnya

    Inilah penyebab QR Code WhatsApp web gagal memindai plus cara mengatasinya tak bisa membaca kode QR untuk login.

    News.OLX – Pernahkah kamu mengalami kendala saat ingin login akun ke WhatsApp web dengan memindai QR code?

    Tenang, kamu tidak sendirian. Di luar sana juga banyak pengguna QR code WhatsApp yang pernah mengalami kendara serupa.

    Masalah tidak bisa pindai QR code di WhatsApp web bisa dilatarbelakangi oleh berbagai faktor dan untungnya, sudah ada solusi untuk mengatasinya. Berikut beberapa penyebab dan solusi yang bisa kamu coba jika sedang mengalami kendala serupa.

    1. Koneksi Internet Bermasalah

    Masalah pemindaian QR code yang pertama adalah koneksi internet bermasalah. Pada kondisi tertentu, provider internet membatasi sejumlah aktivitas web searching pengguna. Namun, kondisi tersebut hanya berlangsung beberapa waktu saja. 

    Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa pastikan konektivitas jaringan internet stabil dan lancar. Jika masih bermasalah, cobalah ganti internet service provider lain kemudian login ulang.

    2. Kode QR WA Tidak Valid

    Masalah kedua adalah QR code WA invalid yang akhirnya membuat user gagal melakukan scanning kode. Jika demikian, coba refresh WhatsApp web supaya sistem memunculkan kode QR baru. Setelahnya lakukan pemindaian ulang.

    3. Salah Pindai QR Code WhatsApp

    QR Code Whatsapp

    Jadi, kode QR WhatsApp terdiri dari dua jenis.

    • Pertama, kode QR yang WhatsApp web sediakan untuk menautkan perangkat dengan akun utama.
    • Kedua, kode QR profil yang berfungsi untuk menambah kontak sehingga pengguna tidak perlu menambah kontak secara manual.

    Karena ada dua, kode QR tersebut harus kamu pindai sesuai fungsinya. Apabila salah melakukan pemindaian, WhatsApp akan memunculkan kesan “Kode QR Tidak Valid”.

    4. Masalah pada Kamera HP

    Masalah teknis seperti kamera rusak, buram, atau terhalang sesuatu juga bisa menjadi alasan kenapa kamu tidak bisa memindai QR code. Jika kamera rusak, satu-satunya solusi adalah menautkan dengan nomor ponsel.

    Namun, jika kameranya terhalang debu atau kotor, coba bersihkan kemudian pindai ulang. Selain itu, pastikan kondisi ruang dalam posisi mendapat pencahayaan yang baik sehingga tampilan kode QR bisa terlihat jelas.

    Di sisi lain, pencahayaan desktop yang kurang jelas juga bisa menghambat proses login. Alhasil gambar pun pecah atau tidak termuat sempurna. Oleh karena itu, coba perbaiki tingkat kecerahan layar dan refresh halaman.

    5. Pembaruan Aplikasi

    Baik browser atau aplikasi yang belum update bisa menjadi hambatan. Jika software di perangkat komputer atau laptop dan di HP berbeda, kamu akan menemukan pesan untuk melakukan pembaruan. Oleh karena itu, kamu perlu memperbaharui aplikasi dulu sebelum login kembali.

    6. Bug pada Aplikasi atau Aplikasi Penuh Cache

    Adanya bug juga memicu gangguan login karena bug mengganggu kerja sistem perangkat lunak. Untuk mengatasinya, kamu bisa hapus cache pada browser atau aplikasi. Setelahnya, coba login ulang.

    Cache WhatsApp yang menumpuk di memori juga bisa memicu WhatsApp keluar sendiri sehingga gagal memindai.

    Terkadang, me-restart ponsel juga bisa menyelesaikan masalah.

    7. Perangkat Tertaut Melampaui Batas

    WhatsApp mengizinkan penautan perangkat hingga 4 peranti. Jika sudah maksimal maka kamu tidak bisa menambah lagi. Terkecuali ada salah satu perangkat yang log out.

    Jadi, untuk mengatasi masalah tidak bisa memindai QR code, coba pahami dulu apa penyebabnya.

    Jika bermasalah dengan kamera yang mudah kotor, coba beli cairan khusus untuk membersihkan layar dan kamera ponsel. Apabila bermasalah dengan jaringan, kamu bisa membeli ISP lain.

    Semua produk itu bisa kamu dapatkan di OLX. Lebih praktis, gunakan aplikasi OLX yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait