Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    Tips & Trik4 Cara Cek SIM Asli atau Palsu yang Bisa Dilakukan Tanpa Alat

    4 Cara Cek SIM Asli atau Palsu yang Bisa Dilakukan Tanpa Alat

    Cara cek SIM asli atau palsu dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri walau tanpa alat apa pun. Ini keempat metodenya.

    News.OLX – Belakangan ini, SIM palsu banyak beredar dalam bentuk tiruan yang mirip dengan aslinya. Namun, bukan mustahil untuk membedakan keduanya, asalkan kamu cermat dan tahu cara cek SIM asli atau palsu.

    4 Cara Cek SIM Asli atau Palsu Tanpa Alat

    SIM palsu tak jarang disalahgunakan untuk tindak penipuan seperti pencurian identitas, penggelapan uang, atau imigrasi ilegal. Nah, mengetahui cara cek SIM asli atau palsu turut mengantisipasi penyalahgunaan informasi pribadi. Sama sekali tak repot, ini beberapa trik sederhana untuk kamu coba:

    1. Cek Keaslian Menggunakan Aplikasi SINAR

    Aplikasi SINAR bukan sekadar media praktis untuk mendaftar dan memperpanjang SIM. Nyatanya, aplikasi ini juga menyuguhkan fitur penting yang sering terabaikan oleh banyak orang, yakni dukungan untuk membuktikan keaslian SIM.

    Aplikasi ini membandingkan data input dengan arsip digital Korlantas. Kalau tidak ada kecocokan, aplikasi ini akan menginformasikan pengguna tentang kemungkinan SIM tersebut palsu.

    Cara cek SIM asli atau palsu via aplikasi SINAR mudah sekali. Kamu bisa menginstal aplikasi tersebut di ponselmu dan memasukkan NIK untuk verifikasi. Setelah itu, aktivasi akun selesai melalui alamat email yang disediakan.

    Terakhir, aplikasi ini segera menampilkan data yang terkait dengan NIK yang kamu masukkan. Apabila tidak ada informasi yang dimunculkan, besar kemungkinan SIM tersebut cuma tiruan.

    cara cek SIM asli atau palsu_1

    2. Mengecek Logo Polri

    SIM resmi dicirikan dengan lambang Polri berwarna emas yang khas dan memantulkan cahaya pada ujung lambang. Tanda ini berfungsi sebagai lambang keabsahan yang menyatakan keaslian SIM.

    Sebaliknya, SIM abal-abal bisa saja mencantumkan logo yang sama. Namun, lambangnya terkesan kusam atau tidak reflektif sebagaimana versi aslinya. Perbedaan yang tajam antara kedua lambang ini menjadi cara cek SIM asli atau palsu yang paling gampang untuk diterapkan.

    3. Mengamati Tulisan “Kepolisian Negara Republik Indonesia”

    Demi menyamai aslinya, SIM palsu pun menyertakan tulisan “Kepolisian Negara Republik Indonesia”. Namun, pembedanya ada pada kualitas cetakannya.

    Tidak seperti SIM asli yang kata-katanya jernih dan jelas terbaca, pada SIM palsu, tulisan ini lazimnya terlihat pudar atau kurang tajam. Terlebih lagi, kejanggalan ini bakal kentara jelas apabila diperiksa di bawah cahaya terang.

    4. Melihat Latar Belakang Foto Pengendara

    Berfungsi sebagai penguat keabsahan lebih lanjut, SIM asli selalu menampilkan foto latar belakang yang berhiaskan lambang Polri. Imbuhan tersebut menyatu dengan rapi ke dalam background untuk menegaskan validitas dokumen tersebut.

    Di sisi lain, SIM palsu acapkali minim detail atau justru memperlihatkan tanda-tanda editan ala amatiran, misalnya, lambang yang tidak sejajar atau penempatannya terlalu mencocok.

    Cara cek SIM asli atau palsu berdasarkan kriteria ini yakni dengan mengamati latar belakang foto pengendara di bawah pencahayaan yang cukup. Dengan begitu, perbedaan-perbedaan ini akan terlihat jelas.

    Mau yang pasti asli? Beli mobil bekas di OLX yang sudah terjamin reputasinya! Mau itu sedan atau SUV, tidak ada satu pun iklan mobil yang lolos verifikasi ahli. Buktikan sendiri dengan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store dan temukan mobil impianmu sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait