Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAirbag Mobil Terendam Banjir, Sebaiknya Ganti atau Servis?

    Airbag Mobil Terendam Banjir, Sebaiknya Ganti atau Servis?

    Airbag mobil yang jadi korban banjir sebaiknya diganti atau cukup servis? Cek jawabannya di sini, lengkap dengan biaya ganti.

    News.OLX – Berfungsi sebagai sistem penahan suplemental, airbag mobil seketika mengembang begitu terjadi benturan guna mencegah penumpang menghantam bagian keras di dalam kendaraan.

    Teknologi ini terbukti tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam menanggulangi dampak tabrakan, apalagi kalau melibatkan kecepatan tinggi yang berisiko menimbulkan cedera.

    Airbag Mobil Terendam Banjir, Service atau Ganti?

    Hal ini lantas memancing rasa penasaran, akankah airbag mobil tetap berfungsi sebagai alat perlindungan setelah terendam banjir? Mengingat begitu seringnya banjir mengintai sebagian besar wilayah di Indonesia, wajar bila mayoritas pemilik mobil khawatir soal kinerja teknologi keselamatan yang vital ini.

    Sewaktu berhadapan dengan situasi semacam ini, orang biasanya terbentur pada dua pilihan antara servis atau mengganti total airbag mobil. Nah, opsi mana yang lebih recommended?

    Kalau airbag pernah “meletup”, maka wajib diganti sebab ia tidak lagi aman digunakan. Tapi, apakah solusi yang sama juga berlaku untuk kantong udara yang terkena banjir?

    Ternyata, bila mobil pernah tergenang air, hal ini bisa berimbas pada modul airbag. Faktanya, air yang merembes sampai ke modul airbag yang berada di bawah jok atau di floorboard dapat merusak komponen elektronik di dalam modul tersebut.

    Kondisi ini jelas bakal mengacaukan fungsi sistem airbag mobil dan membatasi efektivitasnya untuk digunakan ketika terjadi benturan.

    Apabila kerusakannya terbatas pada komponen tertentu di dalam modul, maka opsi perbaikan boleh kamu coba. Sebaliknya, jika terjadi kerusakan parah dan memengaruhi komponen atau sistem penting di dalam modul, misalnya ECU, sensor, dan rangkaian kabel, lebih baik mengganti modul airbag mobil seluruhnya.

    airbag mobil_1

    Berapa Biaya Ganti Airbag Mobil Gara-Gara Banjir?

    Biaya penggantian kantong udara yang bocor berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

    Pertama, harus diingat bahwasanya airbag selalu diganti sebagai satu kesatuan lengkap, artinya tidak mungkin dipasang satu per satu. Harga satu kantong udara bisa berkisar antara 4 sampai 6 juta rupiah, tergantung pada model mobilnya.

    Selain itu, sekiranya ECU juga bermasalah, ada biaya tambahan untuk servis. Biaya reparasi ECU juga bervariasi, mulai dari Rp8 hingga Rp20 juta. Karena itu, total biaya ganti kantong udara akibat banjir menutupi harga komponen itu sendiri dan kemungkinan biaya pemulihan ECU.

    Untuk kamu yang sedang mencari mobil bekas, OLX punya jawabannya! Di OLX, semua listing mobil sudah melewati proses verifikasi ketat untuk menjamin kepuasan pelanggan. Jadi, download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store sekarang dan temukan mobkas yang pasti berkualitas!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait