Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    ReviewApa Bedanya Apartemen dan Kondominium?

    Apa Bedanya Apartemen dan Kondominium?

    Kondominium dan apartemen sulit dibedakan, cek yuk dari sisi fungsi, fasilitas, status kepemilikan, pengelolaan & biayanya!

    News.OLX – Banyak orang kini sudah menjadikan hunian vertikal seperti apartemen dan kondominium sebagai pilihan terbaik. Pandangan ini muncul sebagai solusi dari semakin berkurangnya tanah kosong di perkotaan.

    Namun, ternyata tidak sedikit, lho, yang tidak bisa melihat perbedaan apartemen dan kondominium. Banyak yang mengira keduanya ini sama, padahal tidak sama sekali. Nah, agar lebih jelas, kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

    1. Fungsi Apartemen dan Kondominium

    Banyak yang keliru antara apartemen dan kondominium karena keduanya yang sama-sama hunian vertikal. Namun, pada dasarnya, fungsi dari keduanya ini berbeda, lho.

    Apartemen sedari awal memang ditujukan atau difungsikan sebagai hunian sewa oleh manajemen pengelolanya. Sedangkan, condominium bukanlah hunian sewa, melainkan untuk tempat tinggal pribadi.

    Seperti halnya rumah tapak yang ada di perkomplekan. Namun, bedanya ini berada di gedung vertikal seperti apartemen.

    2. Fasilitas yang Tersedia

    Karena fungsinya yang berbeda, fasilitas yang tersedia pun juga sangatlah berbeda. Kebanyakan apartemen biasanya hadir tanpa isian sama sekali, hanya ruangan kosong.

    Sedangkan, condominium kebanyakan sudah hadir dengan furniture lengkap di dalamnya. Namun, pada apartemen dan condominium, keduanya sama-sama memiliki fasilitas bersama. 

    Misalnya seperti keamanan, kolam renang, tempat gym dan sebagainya. Hanya saja, apartemen biasanya juga memiliki fasilitas pemeliharaan yang mana tidak dimiliki oleh condominium.

    kondominium (1)

    3. Status Kepemilikan

    Perbedaan apartemen dan kondominium selanjutnya adalah status kepemilikan keduanya. Nah, sebetulnya, inilah yang sangat membedakan antara keduanya.

    Apartemen, seperti yang kamu ketahui, status kepemilikannya itu sewa. Sehingga, sebagai penyewa kamu tidak memiliki hak penuh atas unit yang kamu tempati.

    Berbeda dengan apartemen, status kepemilikan condominium adalah hak milik. Artinya, kamu adalah pemiliknya dan kamu berhak untuk melakukan apapun pada unit yang kamu tempati.

    4. Pemeliharan dan Pengelolaan

    Nah, karena status kepemilikannya berbeda, tentu soal pemeliharan serta pengelolaannya pun berbeda.

    Seperti yang kamu ketahui, setiap apartemen memiliki pengurus manajemennya sendiri yang tugasnya untuk melakukan pemeliharaan.

    Namun, karena condominium statusnya hak milik, jadi untuk pemeliharaan dan pengelolaan berada di tangan kamu sepenuhnya.

    5. Biaya Kondominium dan Apartemen

    Perbedaan terakhir antara keduanya adalah biaya yang harus kamu keluarkan. Kalau soal biaya, kamu pasti sudah bisa menebak mana yang lebih tinggi.

    Condominium jelas mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya yang lebih tinggi di awal. Karena sekali lagi, ini seperti membeli rumah pada umumnya. Namun, biaya ini sudah termasuk maintenance.

    Sedangkan, karena apartemen sifatnya sewa, kamu harus membayar biaya sewa tiap bulan. Selain itu, kamu juga wajib untuk membayar biaya maintenance dan fasilitas lainnya seperti parkir untuk tiap bulannya.

    Nah, sekian perbedaan apartemen dan kondominium yang bisa kamu ketahui. Meski tampak sama, sebetulnya ada perbedaan signifikan antara keduanya.

    Kalau kamu ingin mencari kondominium atau apartemen, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait