Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    BeritaApa Kabar Mobil Esemka, Benarkah Jadi Diproduksi Massal?

    Apa Kabar Mobil Esemka, Benarkah Jadi Diproduksi Massal?

    Sempat dikabarkan akan diproduksi masal, cek kabar mobil Esemka beberapa tahun belakangan!

    News.OLX – Beberapa tahun lalu mobil Esemka sempat menjadi perbincangan utama, karena menjadi salah satu terobosan anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). 

    Di mana mereka mendapatkan bantuan dari Sukiyat, pemilik bengkel “Kiat Motor” dari Klaten. Kala itu, mereka berhasil membuat sembilan mobil prototype yang bernama Kiat Esemka.

    Setelah itu, muncul isu bahwa ada rencana produksi massal dan akan dijual secara bebas di Indonesia. Lalu, jadikah produksi massal pada mobil Esemka ini? Yuk, cek jawabannya di bawah!

    Awal Kehadiran Mobil Esemka

    Mobil Esemka

    Setelah di awal 2007 lalu Sukiyat bersama anak-anak SMK membuat prototype mobil, di tahun 2009 mobil-mobil tersebut akhirnya ikut serta dalam pameran Kementerian Pendidikan Nasional.

    Di tahun 2012 mobil ini pun mendapatkan perhatian nasional karena Wali Kota Solo waktu itu, Joko Widodo menggunakan Esemka Rajawali menjadi mobil dinasnya dan wali kota. Alasannya karena ia bangga akan produk buatan lokal dari anak SMK Surakarta.

    Karena hal itulah, permintaan meningkat, meskipun belum terlalu massif. Selain itu, stok kendaraan masih terbatas dan Kementerian Perhubungan belum menerima izin layak jalan.

    Oleh karena itu, mobil ini pun mengikuti sejumlah tahapan pengujian dari sejumlah pihak yang bertanggungjawab, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, serta mencari investor.

    Di akhir Februari lalu, seri Esemka Rajawali pun ikut serta dalam uji emisi dengan dibawa berkendara ke Solo hingga Jakarta. Akan tetapi, ternyata Esemka Rajawali tidak lulus pada uji emisi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

    Perencanaan Produksi Massal

    Mobil Esemka

    Setelah kabarnya menghilang, akhirnya nama mobil Esemka hadir kembali di tahun 2015 setelah bergabungnya Hendropriyono, mantan Kepala BIN ke dalam upaya pengembangannya.

    Hendropriyono dengan perusahaannya, PT. Adiperkasa Citra Lestari bersama PT. Solo Manufaktur Kreasi akhirnya mendirikan PT ACEH (Adiperkasa Citra Esemka Hero). Lalu, seperti sebelumnya, mobil ini pun kabarnya tidak muncul lagi, padahal Hendropriyono sudah menyatakan mobil ini akan rilis di tahun 2018.

    Isu politik pun sempat mencuat mengenai hilang timbulnya kabar mobil tersebut, walaupun dibantahkan oleh Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden.

    Namun akhirnya, kabar baik mengenai niatan serius produksi massal mobil Esemka mulai menemukan titik terang. Sebab, pemilik mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) ikut serta dalam ajang The Automotive Component Industry Expo tahun 2019 lalu.

    Di sinilah mereka berkesempatan untuk memamerkan mobil pickup sekaligus bertemu dengan para pengusaha komponen lokal. Dari hal ini, akhirnya muncul Letter of Intent dengan sejumlah perusahaan tersebut.  

    Hingga akhirnya, di tanggal 6 September 2019, presiden resmi mengumumkan bahwa pabrik mobil Esemka sudah resmi berdiri untuk melakukan produksi massal.

    Kabar Mobil Esemka di Tahun 2024

    Nasib Mobil Esemka

    Di akhir tahun 2023 lalu sempat disebutkan bahwa mobil-mobil dari PT SMK akan ikut serta dalam ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2024, seperti yang mereka lakukan di IIMS 2023 yang bersaing dengan produk dari China, Korea Selatan, serta Jepang. Namun, faktanya, produk Esemka tidak jadi ikut serta.

    Hal itu pun diperkuat oleh pernyataan Rudi MF selaku Project Manager IIMS 2024. Ia menyatakan bahwa kapasitas peserta sudah penuh dan tak memungkinkan untuk ditambah. 

    Padahal sebelumnya, IIMS 2024 juga sudah menawarkan keikutsertaannya dengan batas waktu yang ditetapkan. Akan tetapi, pada tahun ini mobil tersebut memutuskan absen di gelaran IIMS.

    Jika sudah tahu informasi mengenai mobil Esemka, jangan lupa singgah ke laman OLX untuk cek beberapa rekomendasi kendaraan bekas jika kamu memang sedang membutuhkannya. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait