Kamis, Mei 9, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Singkatan dari SPBU? Ini Jenis-jenis Serta Arti Kodenya

    Apa Singkatan dari SPBU? Ini Jenis-jenis Serta Arti Kodenya

    Singkatan SPBU adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum,yakni tempat mengisi bahan bakar untuk berbagai kendaraan.

    SPBU sendiri umumnya tidak hanya menyediakan 1 jenis bahan bakar, namun terdapat beberapa untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan diantaranya RON 88, RON 90, RON 92, RON 95, RON 98.

    Jenis-jenis SPBU

    Penting memerhatikan SPBU Pertamina yang dituju sebelum kamu membeli Bahan Bakar Minyak (BBM).

    Selama ini kamu mungkin dibuat penasaran mengapa ada SPBU Pertamina yang memiliki perbedaan warna merah, biru dan hijau.

    SPBU berwarna merah merupakan SPBU Pasti Pas. SPBU biru merupakan SPBU Pasti Prima, sedangkan SPBU warna hijau Green Energy Station (GES).

    Lalu apa arti warna dari ketiganya? Adakah perbedaan yang signifikan?

    Arti warna SPBU

    Perlu diingat bahwa ada variasi dalam penampilan SPBU Pertamina. Ternyata jenis SPBU bukan dilihat dari warna SPBU saja, tapi juga pelayanannya.

    1. SPBU Pertamina merah

    Fasilitas yang ada pada SPBU merah tak selengkap SPBU warna biru. SPBU Pasti Pas biasanya hanya terdiri dari toilet, tempat ibadah, isi angin, dan minimarket.

    SPBU merah juga menjual pilihan BBM lengkap diantaranya bensin son 90 (Pertalite), bensin ron 92 (Pertamax), bensin ron 95 (Pertamax Turbo), BioSolar, Dexlite, dan Pertamina Dex.

    2. SPBU Pertamina biru

    SPBU Prima (biru) merupakan pengembangan dari SPBU merah. Berdiri sejak tahun 2006. Fasilitas yang ditawarkan SPBU biru lebih lengkap seperti adanya ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpiji hingga restoran cepat saji atau minimarket.

    3. SPBU Pertamina hijau

    Terakhir terdapat SPBU warna hijau yang merupakan pengembangan konsep dari Pertamina. SPBU hijau menawarkan 4 konsep utama, yaitu Green, Future, Digital dan High Tier Fuel.

    SPBU hijau merupakan komitmen Pertamina dalam mendukung Green Energy Station (GES) yang telah ditetapkan Pemerintah khususnya program transisi dan operasional yang lebih ramah lingkungan.

    SPBU hijau bertujuan mengusung konsep ramah lingkungan dan mempercepat peralihan dari energi fosil ke energi ramah lingkungan.

    Kode SPBU

    SPBU BBM
     

    Pertamina menggunakan sistem kode SPBU untuk mengidentifikasi stasiun pengisian bahan bakar mereka di seluruh Indonesia.

    Kode SPBU terdiri dari lima digit numerik yang biasanya dicantumkan di papan nama atau tanda identifikasi di setiap SPBU.

    Format umum untuk kode SPBU Pertamina adalah sebagai berikut: “XXYYZZ”. Di mana merujuk kode provinsi, kabupaten dan kota.

    SPBU Pertamina punya tiga kode angka yakni 31, 33, dan 34. Semua kode tersebut menunjukkan kepemilikan, pihak pengelola, dan wilayah itu berada.

    Lalu untuk angka kedua menunjukkan kepemilikan dan pengelolaan SPBU. Angka 1 menunjukkan kepemilikan sepenuhnya ada di tangan Pertamina.

    Angka 3 menunjukkan SPBU berstatus Corporate Owner Corporate Operate (COCO), yang berarti dimiliki dikelola oleh pihak swasta.

    Sedangkan angka 4 menujukkan SPBU sebagai Corporate Owner Dealer Operate (CODO) yang menunjukkan kepemilikan dan pengelolaan ditangan swasta.

    Itulah penjelasan mengenai perbedaan arti SPBU merah, biru, dan hijau. Jadi, Jangan salah arti lagi sebelum membeli BBM.

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait