Rabu, Mei 8, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriAwas Ketuker, Ini Bedanya MPV, SUV, dan Crossover

    Awas Ketuker, Ini Bedanya MPV, SUV, dan Crossover

    Perbedaan MPV, SUV, dan crossover mencakup segi ukuran dan fungsi. Ini penjelasan selengkapnya!

    News.OLX – Kamu bukan satu-satunya orang yang pernah dibikin pusing soal perbedaan MPV, SUV, dan crossover. Sekarang, ada banyak istilah khusus yang merujuk ke berbagai jenis mobil. 

    Inilah salah satu penyebab munculnya kebingungan di benak konsumen tatkala hendak membeli mobil baru.

    Jangan Keliru, Ini Perbedaan MPV, SUV, dan Crossover

    Apa perbedaan MPV, SUV, dan crossover? Tiga jenis mobil ini sekilas terlihat sama. Bahkan, mereka berbagi sejumlah kemiripan. 

    Nah, tidak heran jika konsumen mengelompokkan ketiganya di bawah satu payung. Padahal, menilik lebih jauh lagi, ada sejumlah perbedaan MPV, SUV, dan crossover yang lumayan mencolok.

    MPV

    Apa sih mobil MPV itu? MPV adalah Multi Purpose Vehicle atau kendaraan serbaguna. Sederhananya, mobil ini mampu mengakomodasi banyak orang.

    Mobil MPV umumnya berkapasitas antara lima sampai tujuh penumpang sekaligus (plus bagasi). Selain itu, mobil ini juga lapang di dalam, sehingga cocok untuk keluarga besar.

    Dari segi ukuran, MPV terbagi dalam kategori mobil kecil, sedang, dan besar. Namun, tidak jarang konsumen sulit membedakan antara MPV dan SUV yang kebetulan sama-sama seven seater. Dalam kasus ini, jangan sekadar melihat dari ukurannya, tetapi pertimbangkan juga fungsinya.

    Intinya, bila kamu sedang mencari kendaraan dengan kabin yang lapang dan nyaman, dan kamu pun lebih sering berkendara di jalan raya, maka MPV adalah jawabannya.

    SUV

    Di sisi lain, mobil SUV berarti Sports Utility Vehicles atau kendaraan dengan fungsi khusus. Mobil ini lebih tangguh dalam melibas medan off road. Dari segi desain, ia juga terlihat lebih gahar.

    Kendati mobil ini umumnya tergolong sebagai mobil besar, rupanya terdapat beberapa sub-kategori dalam pasar SUV. Contohnya, ada SUV mini, compact, dan full size.

    Sekiranya kamu penasaran SUV mana yang paling oke, bakal sulit untuk memilih. Pasalnya, ada begitu banyak opsi di pasaran. Tapi, secara garis besar, semua SUV sama saja. Mobil ini bukan cuma tangguh, tetapi juga nyaman dan stylish.

    Meski begitu, masing-masing punya kelebihannya sendiri. Nah, untuk mencari SUV yang tepat, kamu perlu menetapkan dulu medan yang akan dilalui.

    Crossover

    Apabila kamu sudah cukup memahami perbedaan MPV vs SUV, tiba saatnya belajar soal crossover. Tipe mobil yang satu ini memadukan fitur-fitur dari mobil SUV dan sedan keluarga.

    Kombinasi tersebut berarti crossover juga setangguh SUV. Sayangnya, mobil ini belum cukup bertenaga untuk menangani medan berat seperti off road.

    Kabar baiknya, crossover adalah jalan keluar bagi konsumen yang ingin handling lebih mantap saat mengarungi jalan raya perkotaan. Terlebih lagi, crossover juga lebih irit BBM daripada SUV. Nah, kalau kamu sensitif tentang biaya operasional, tidak ada salahnya untuk melirik crossover.

    Kesimpulannya, perbedaan dari MPV, SUV, dan crossover dapat dirangkum berdasarkan ciri khas setiap tipe. Pertama-tama, mobil MPV identik dengan kabin yang luas dan family friendly. Sementara itu, SUV memiliki desain tangguh dan ditujukan untuk berkendara di medan off road.

    Terakhir, crossover menggabungkan beberapa karakteristik SUV dengan keunggulan sedan keluarga. Bisa dibilang mobil ini adalah jalan tengah untuk keluarga yang suka berpetualang, namun tetap mendambakan kendaraan dengan aneka fasilitas pendukung di dalamnya.

    Sedang mencari MPV, SUV, atau crossover bekas? Yuk, cek berbagai pilihan kendaraan yang tersedia di OLX

    Browsing iklan, chatting dengan penjual, dan bertransaksi kini makin praktis berkat aplikasi OLX. Download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store atau App Store dan segera temukan mobil impianmu!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait