Selasa, Mei 7, 2024
Lainnya
    InformasiBegini Cara Mengurus dan Biaya STNK Hilang

    Begini Cara Mengurus dan Biaya STNK Hilang

    Biaya STNK hilang mencakup beberapa hal yang harus dibayarkan. Inilah rinciannya, beserta cara mendapatkan STNK baru di Samsat.

    News.OLX – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah dokumen yang sangat penting untuk mengidentifikasi kepemilikan dan legalitas kendaran bermotor. Apabila hilang, sangat disarankan untuk segera mengurus penggantiannya di instansi terkait. Lantas, berapa biaya STNK hilang dan bagaimana cara mengurusnya?

    Berikut penjelasan selengkapnya.

    Syarat Mengurus STNK Hilang

    Supaya bisa mengantongi STNK pengganti, adalah suatu kewajiban dari pihak yang berkebutuhan untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Berikut persyaratan yang mesti kamu persiapkan untuk mengurus STNK baru:

    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
    • Bukti Pendaftaran Kendaraan Bermotor (BPKB) asli
    • Kendaraan yang tertera dalam STNK
    • Surat laporan kehilangan dari Polsek setempat
    • Surat pernyataan kehilangan STNK dengan materai 10.000
    • Bukti iklan radio dan koran

    Sebagai catatan, persyaratan terakhir tidak selalu berlaku di seluruh Samsat. Dengan kata lain, hanya sejumlah Samsat yang meminta pemilik kendaraan untuk menunjukkan dokumen-dokumen tersebut.

    Pada dasarnya, iklan di radio dan koran merupakan upaya untuk mengumumkan kepada khalayak luas perihal kehilangan sebuah STNK. Hal ini bertujuan supaya pihak yang menemukan atau mengetahui keberadaan STNK tersebut dapat menghubungi pemilik kendaraan atau pihak berwenang terkait.

    Meski tidak semua Samsat menerapkan persyaratan ini, ada baiknya kamu menghadirkan bukti iklan radio dan koran untuk berjaga-jaga.

    stnk 1

    Cara Mengurus STNK Hilang

    Agar proses penggantian STNK dapat berjalan lancar, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    1. Laporkan kehilangan STNK ke kantor kepolisian setempat (polsek). Sampaikan informasi yang lengkap dan akurat tentang kehilangan STNK.
    2. Setelah melaporkan kehilangan ke polsek, umumkan kehilangan STNK melalui radio dan koran lokal. Pastikan untuk menyimpan kwitansi dan bukti pengumuman.
    3. Selanjutnya, kunjungi kantor Samsat setempat untuk melakukan cek fisik kendaraan. Petugas akan memastikan bahwa kendaraan masih ada dan dalam kondisi baik.
    4. Sahkan hasil cek fisik tersebut di loket cek fisik di kantor Samsat untuk memverifikasi bahwa kendaraan yang kamu bawa sesuai dengan informasi yang tercatat di sistem.
    5. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan penggantian STNK di loket formulir. Isi formulir dengan lengkap dan akurat.
    6. Daftarkan mutasi masuk kendaraan di counter A untuk memperbarui data kendaraan yang tercatat di Samsat.
    7. Tunggu proses administrasi pendaftaran mutasi masuk kendaraan. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar 14 hari kerja.
    8. Setelah proses pendaftaran mutasi masuk selesai, jangan lupa untuk membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk STNK baru dan pajak kendaraan (kalau sudah jatuh tempo). Selain itu, kamu juga mesti menyetak ulang Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).
    9. Kamu akan menerima STNK baru sebagai bukti bahwa penggantian STNK telah selesai dilakukan.

    Berapa Biaya STNK Hilang?

    Terdapat beberapa biaya yang harus kamu bayarkan dalam proses penggantian STNK. Biaya ini bermacam-macam, meliputi biaya STNK hilang itu sendiri, pajak kendaraan bermotor (PKB), Bea Balik Nama (BBN), dan bea cetak ulang SKPD.

    Adapun biaya STNK hilang untuk kendaraan roda dua atau tiga sebesar Rp100.000. Sementara itu, biaya STNK hilang untuk kendaraan roda empat atau lebih adalah Rp200.000.

    Sementara itu, kalau pajak sepeda motor atau mobilmu sudah jatuh tempo atau ada tunggakan, kamu wajib membayar PKB yang belum lunas. Terlebih lagi, sekiranya ada tunggakan BBN karena kendaraan tersebut belum dipindahkan nama, kamu juga harus membayarnya.

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya STNK hilang juga termasuk bea cetak ulang SKPD. Ini adalah biaya untuk mencetak ulang dokumen resmi atau administratif. Besarannya berbeda-beda antara satu wilayah dan lainnya, tergantung pada kebijakan yang berlaku di daerahmu.

    Kalau ragu, sah-sah saja untuk mengonfirmasi semua biaya STNK hilang yang terkait dengan Samsat di daerahmu sebelum memulai proses penggantian STNK. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan nominal yang dibutuhkan dengan pas.

    Ribuan penawaran mobil bekas dengan harga terbaik dan kualitas terjamin ada setiap harinya di OLX. Ayo, download aplikasi OLX sekarang di Google Play Store atau App Store agar mudah menemukan mobil impian!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait