Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    ReviewBenarkah Mobil CBU Adalah Kendaraan yang Diimpor Utuh?

    Benarkah Mobil CBU Adalah Kendaraan yang Diimpor Utuh?

    CBU adalah label penanda metode produksi dan perakitan mobil impor yang terlaksana utuh. Ketahui proses impor dan plus minusnya.

    News.OLX – Benarkah jika mobil CBU adalah mobil yang diimpor utuh? Jawabannya adalah benar.

    CBU atau completely built up adalah penanda yang menjelaskan bagaimana metode produksi dan perakitan sebuah mobil di luar produsen Indonesia. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian dan konsep mobil CBU berikut ini.

    Pengertian CBU

    Ketika berkunjung ke showroom, pasti kamu akan mendapati label CBU, IKD, dan CKD. Ketiganya merupakan label penanda metode produksi dan perakitan kendaraan bermotor.

    CBU adalah istilah pengimporan mobil secara langsung dalam rangka utuh atau komplit dari negara asal. Ibaratnya, kamu bisa langsung pakai mobilnya. Karena sifatnya yang siap pakai ini membuat harganya cenderung mahal. Apalagi ada penambahan biaya ekspor-impor di dalamnya.

    Melihat pasar otomotif, umumnya label ini ditujukan untuk kendaraan mewah kelas atas yang belum tersedia produsennya di Indonesia. Contoh Ferrari, Lexus, Roll Royce, Porsche, atau brand-brand dunia lain.

    Perbedaan dengan CBU, CKD, dan IKD

    Meski sama-sama konsep pembelian, nyatanya ketiganya cukup berbeda.

    CBU adalah pengimporan mobil utuh tanpa perlu merakit. Sedangkan CKD atau completely knocked down merujuk pada aktivitas mengimpor komponen, baik besar maupun kecil secara utuh dan lengkap sebuah mobil. Semua komponen dalam bentuk terpisah, sehingga agen perlu merakitnya. Sementara IKD adalah pengimporan mobil tidak utuh.

    Gambaran lebih jelasnya sebagai berikut:

    CBU adalah mobil yang masuk ke Indonesia sudah dalam bentuk utuh mobil siap pakai. Namun, jika CKD atau completely knocked down, mobil memang komponennya lengkap, tetapi komponen tersebut terpisah alias perlu perakitan sebelum agen pasarkan untuk masyarakat luas.

    Terakhir, IKD atau incompletely knocked down yang artinya kondisi mobil yang agen impor tidak lengkap dan tidak utuh. Umumnya, pengimporan IKD karena sejumlah komponen sudah bisa negara pengimpor produksi. Sehingga dalam perakitannya, menggunakan perpaduan komponen antara suku cadang asal dan suku cadang negara pengimpor.

    Proses Impor Mobil CBU

    Jika kamu ingin impor mobil CBU, kamu bisa menggunakan cara berikut.

    • Tentukan mobil yang kamu ingin beli.
    • Cari agen atau pemegang resmi merek tersebut.
    • Beli melalui agen tersebut dan bayar harga mobil CBU plus biaya lain, seperti pengiriman atau ekspor-impor. Dengan membayar bea masuk dan pajak impor, kamu sudah mematuhi regulasi juga kendaraan bisa bebas melaju di jalan tanpa cekalan pihak berwajib. Kamu pun aman berkendara.
    • Kemudian, jalani proses pemeriksaan dan daftarkan identitas mobilmu. Di sini, mobil harus lolos tes emisi dan keamanan sebelum melaju juga berbaur dengan kendaraan lain. Setelah mendaftar kendaraan, kamu bisa mengendarai mobil impian dengan aman di jalan.

    CBU adalah

    Kelebihan dan Kekurangan Mobil CBU

    Dari penjelasan di atas, ada sejumlah keunggulan dan kekurangan mobil ini.

    Kelebihan Mobil CBU

    • Mempunyai kualitas tinggi karena hadir dari produsen kenamaan yang produksinya menggunakan teknologi dan standar khusus yang sudah maju.
    • Pilihan modelnya bervariasi. Terkhusus model yang tidak tersedia di negara pengimpor.
    • Mobil CBU juga bisa dianggap sebagai simbol prestige dan status sosial kelas atas.

    Kekurangan Mobil CBU

    • Membandingkan dengan CKD dan IKD, harga mobil CBU lebih mahal.
    • Mobil juga terkena pajak bea cukai dan impor dengan nilai tinggi.
    • Dari sisi ketersediaan suku cadang juga tidak tersedia di negara pengimpor. Sehingga untuk perbaikannya, mungkin membutuhkan inden waktu lama.

    Jadi, CBU adalah mobil CBU yang diimpor secara utuh. Namun, di balik pengimporan CBU, mobil ini membawa kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

    Mobil ini cocok untuk kamu yang menginginkan mobil berkualitas tinggi, pilihan model mendunia, dan meningkatkan prestige. Namun, perlu pertimbangkan juga pajak, harga, dan ketersediaan suku cadang.

    Di OLX tersedia beberapa pilihan kendaraan bermotor tak kalah keren. Cek situsnya, cari itemnya, dan dapatkan kendaraan impianmu. Lebih mudah dan praktis, gunakan aplikasi OLX yang bisa kamu unduh lewat Google Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait