Rabu, Mei 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBerapa Lama Oli Power Steering Kadaluarsa?

    Berapa Lama Oli Power Steering Kadaluarsa?

    Cek apakah oli power steering bisa kadaluarsa dan kapan waktu terbaik untuk menggantinya!

    News.OLX – Oli power steering merupakan salah satu pelengkap penting untuk membuat sistem power steering di mobil kamu tetap terjaga fungsinya. Karena termasuk komponen yang cukup jarang diganti, kamu mungkin bertanya apakah pelumas ini bisa kadaluarsa.

    Untuk jawaban atas pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan rincinya di pembahasan berikut ini!

    Apakah Oli Power Steering Bisa Kadaluarsa?

    Sebenarnya oli power steering tidak memiliki masa habis kelayakan atau kadaluarsa, sehingga selama masih bagus dapat kamu terus pergunakan. Akan tetapi sebagai pemilik kendaraan, kamu juga harus memperhatikan sejumlah aspek agar oli ini tetap bertahan kualitasnya.

    Bagi oli yang masih berada di dalam botolnya, maka pastikan untuk menyimpannya dengan aman di tempat tertutup yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Selain itu, jangan letakkan pula oli ini di lantai tanpa menggunakan pelapis.

    Sementara itu, jika tutup pelumasnya sudah kamu buka, maka hingga dua bulan ke depan oli ini masih dapat dipergunakan. Namun, pastikanlah bahwa selama penyimpanan, botolnya kamu tutup dengan rapat.

    Sedangkan ketika sudah mulai ada perubahan pada tekstur atau warna, sebaiknya kamu tidak menggunakannya lagi. Penyebabnya adalah karena terjadinya oksidasi dan membentuk endapan.

    Sementara itu, pada oli power steering yang sudah kamu gunakan di kendaraan, maka istilahnya memang bukan kadaluarsa lagi. Di mana dalam kilometer tertentu, sebaiknya segera dilakukan pergantian.

    Biasanya interval penggantian yang disarankan adalah ketika kilometer di kendaraanmu telah menempuh 40 ribu km perjalanan. Namun, ketika bagian power steering sudah mulai sulit untuk kamu kendalikan, maka sebaiknya segera lakukan pengecekan agar dapat menemukan solusi terbaik.

    oli power steering (1)

    Tanda  Oli Power Steering Harus Segera Diganti

    Selain mengacu pada kilometer di atas, kamu juga bisa menjadikan beberapa indikator di bawah ini sebagai panduan untuk menentukan perlu tidaknya mengganti oli:

    1. Mulai Adanya Perubahan Warna

    Pertanda pertama bahwa oli ini harus segera kamu ganti adalah warna pelumas yang awalnya merah bening sudah berubah menjadi cokelat tua atau keruh dengan banyak kotoran.

    Ketika sudah sampai seperti ini, maka bagian karet di area rack steer dapat rusak dan mengalami kebocoran.

    2. Sulit Memutar Setir

    Ketika berkendara dan merasakan bahwa bagian setir kemudi susah untuk diputar, maka ini juga sudah menjadi tanda penting, karena bisa membahayakan selama berkendara. Biasanya, ketika sulit memutar setir juga akan diiringi oleh adanya suara atau bunyi seperti mengerang di setir tersebut.

    3. Seusai Terkena Banjir

    Power steering secara otomatis pasti akan lebih berat ketika kendaraanmu sudah terkena banjir. Hal ini terjadi karena masuknya sejumlah air ke dalam area mesin. Akhirnya, hal ini juga dapat membuat kebocoran pada oli.

    Untuk tandanya, kamu bisa mengecek di sekitar area steering rack terdapat rembesan oli.

    Keuntungan Rutin Mengganti Oli Power Steering

    Dengan rutin melakukan pergantian oli power steering ini, maka ada beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan, yaitu:

    • Lebih mudah dalam memutar setir: Efek pertama yang paling terasa adalah ketika berkendara kamu merasakan bahwa lebih mudah memutar setir, khususnya ketika sedang melakukan belokan di jalanan
    • Menjadi penunjang dalam pergerakan mesin: proses pengantaran tekanan di mesin yang menyala menjadi lebih mudah, sehingga kendaraan bergerak dengan lebih lancar dan aman

    Setelah pertanyaanmu mengenai oli power steering ini terjawab, pastikan untuk berkunjung ke OLX jika sedang mencari oli, barang bekas atau berbagai jasa. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait