Kamis, Mei 9, 2024
Lainnya
    BeritaBlackAuto Battle Musim 2022 Digelar, Solo Jadi Kota Pembuka

    BlackAuto Battle Musim 2022 Digelar, Solo Jadi Kota Pembuka

    JAKARTA – Kontes modifikasi BlackAuto Battle (BAB) musim 2022 kembali digelar. Kali ini Solo menjadi kota pembuka dari series BlackAuto Battle 2022. 

    BlackAuto Battle 2022 digelar di Colomadu, Solo, Jawa Tengah yang sekaligus menjadi kota perwakilan Center Region.

    “Setelah masa pandemi berakhir, 2022 menjadi tahun dimana kami kembali menggelar BlackAuto Battle dengan memilih Kota Solo sebagai kota pertama kita yang mewakili Central Region,” ujar Boy Prabowo, perwakilan pelaksana event.

    Kota yang dikenal dengan sebutan “The Spirit Of Java” ini dipilih karena dianggap mampu memberikan cita rasa berbeda dalam dunia car tuning yang kini kembali digandrungi anak muda Indonesia kebanyakan.

    Dunia car tuning di Kota Solo saat ini mengalami kemajuan pesat seiring dengan kemudahan akses transportasi serta informasi. 

    Tak heran ketika disana banyak bermunculan rumah-rumah modifikasi, installer dan industri car tuning lainnya. 

    Apalagi Solo juga menjadi jembatan pertumbuhan industri car tuning di kota sekitarnya seperti Boyolali, Sragen, Klaten dan sekitarnya. 

    Inilah yang menjadi latar belakang terpilihnya Solo sebagai kota pembuka BAB 2022, karena segala kebutuhan untuk menggarap event modifikasi sekaliber BAB ada disana. 

    96 Mobil Kontes Perebutkan Golden Ticket Menuju Final Battle

    BAB 2022 Solo

    Meski terbilang kota kecil, namun daya tarik Solo sebagai lokasi pelaksanaan event pembuka BAB tahun ini luar biasa istimewa. 

    Solo punya kekuatan strategis untuk dunia modifikasi Indonesia dan memiliki potensi menjadi trend setter dunia car tuning, terutama untuk modifikasi dan car audio.

    Kekuatan tersebut terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang ikut ambil bagian di kontes BlackAuto Battle 2022 Kota Solo. 

    “Sekitar 96 mobil bertanding untuk memperebutkan gelar terhormat sekaligus golden ticket menuju Final Battle yang akan berlangsung di Jakarta pada 26-27 November di Stadion Aquatik Senayan nanti,” beber Boy Prabowo.

    Juri Berkualitas Menghasilkan “True Champion” di BlackAuto Battle 2022

    BAB 2022 Solo

    BlackAuto Battle 2022 seri Solo menyuguhkan sebuah kompetisi modifikasi, engine performance dan car audio yang berbeda dari kompetisi lainnya yang ada di Indonesia. 

    Mulai dari penentuan kategori, sistem pertandingan dan penjurian, metode penilaian serta aturan lainnya, dirancang sedemikian rupa dengan mengedepankan aspek fairness yang terukur dengan sangat baik. 

    Dengan banyak bermunculannya event modifikasi lainnya, menjadi sebuah tantangan bagi pelaksana BlackAuto Battle untuk menghadirkan sebuah kompetisi modifikasi yang lebih tajam dengan metode penilaian yang lebih ketat dan terukur.

    Untuk hal tersebut, BAB menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai wadah penjurian. 

    Para juri merupakan orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional. 

    “Masih menggandeng APACT sebagai asosiasi penjurian modifikasi, tahun ini kita bagi dalam dua kelas besar, yaitu “Contest” dan “Culture” yang disesuaikan dengan demand dan trend yang ada saat ini,” papar Boy.

    Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil penjurian yang benar-benar fair dengan metode terukur dan dapat dipertanggung jawabkan. 

    Artinya, setiap pemenang dari kontes ini memang pantas dan layak menyandang gelar tersebut serta menjadi trendsetter industri modifikasi di Indonesia.

    BlackAuto Dyno Test

    Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, BlackAuto Dyno Test untuk tahun 2022 ini dibagi dua kelas berbeda, yaitu kelas Max 4 Cylinder N/A dan Max 4 Cylinder FI. 

    Yang tidak berubah adalah mesin ukur daya mesin masih menggunakan milik Mainline Dynolog yang didatangkan khusus dari Australia dan merupakan satu-satunya engine performance contest di Indonesia. 

    Sebagai informasi tambahan, mesin dyno garapan Mainline Dynolog Australia ini merupakan salah satu produk dynamo meter terbaik di dunia dengan hasil yang sangat akurat. 

    Kemampuan mesin ini bisa mengukur daya dari dua karakter penggerak roda berbeda, yaitu depan (FWD), belakang (RWD) atau keduanya (AWD).

    BlackAuto Load

    Untuk Black Out Loud terbagi tiga kelas pertandingan yang mewakili genre berbeda, yaitu SQ, SQL dan SPL. 

    SQ atau Sound Quality adalah sebuah genre high end dalam dunia car audio yang mencari tonal akurari, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang sudah ditentukan. 

    Tahun ini Black Out Loud bekerjasama dengan tiga asosiasi sekaligus yaitu i-CAN (Indonesia Car Audio Network), EMMA (European Mobile Media Association) dan  MECA (Mobile Electronic Competition Association). 

    SQL atau Sound Quality Loud adalah konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL dengan penilaian dilihat dan didengar diluar kabin mobil. 

    Juri SQL tahun ini adalah salah satu professional audio dibidang speaker builder, speaker dan pasif designer sekaligus international judge, Maslim Djanuanto. 

    Untuk SPL atau Sound Preassure Level, adalah adu kencang car audio dengan satuan desible yang dikur dengan alat ukur profesional terbaru di dunia, Term Lab Magnum. 

    Sebagai informasi tambahan, Term Lab merupakan alat ukur yang digunakan oleh hampir semua asosiasi pertandingan car audio dunia, dan BlackAuto Battle mengunakan seri terbaru Magnum sekaligus menjadi event nasional pertama di Indonesia yang menggunakan alat ukur ini.

    Display mobil-mobil canggih dan keren yang  mengusung tema modifikasi terbaik, BlackAuto Battle 2022 di Kota Solo menjadi salah satu event modifikasi terbaik yang layak ditonton oleh para pecinta dunia modifikasi. 

    Hasil Kontes BlackAuto Battle 2022 Seri Solo

    SQL Champ :

    1. Maximos – Agya
    2. Team ICA – Ertiga
    3. Ronald Omega – CRV

    Fun SPL Champ :

    1. Team ICA – Ertiga
    2. Maximos – Agya
    3. Ronald Omega – CRV

    SQ Unlimited (EMMA – MECA – CAN) : 

    1. Dream Sound Audio Circle – CRV
    2. Dream Sound Audio Circle – Nissan March
    3. Terang Jaya Audio Audio Circle – Nissan Terra

    Culture Car Champ :

    1. Toyota FT86 Dimension
    2. Lexus LS Gemblung
    3. Chrysler 300C Rafa Project

    Contest Car Champ :

    1. Mitsubishi Xpander Ratris
    2. Honda Accord Goldie
    3. Honda Civic FD

    Black Culture Car :

    1. Chrysler 300C Rafa Project

    Black Contest Car :

    1. Mitsubishi L300 Pangunci
    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait