Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBore Up Mesin Adalah Modif Termurah, Benarkah Demikian?

    Bore Up Mesin Adalah Modif Termurah, Benarkah Demikian?

    Bore up adalah modifikasi pada mesin yang cukup digemari. Benarkah termasuk kategori modif termurah?

    News.OLX – Untuk meningkatkan kapasitas silinder motor, maka bore up adalah istilah yang sering disebut dalam modifikasi motormu. Beberapa orang mengatakan modifikasi ini adalah yang paling murah.

    Untuk membuktikan pernyataan bore up adalah yang paling murah tersebut, kamu bisa cek beberapa rangkuman informasi yang telah kami susun di bawah ini!

    Apa itu Bore Up?

    Bore up adalah sebuah istilah dalam dunia modifikasi yang bertujuan untuk modifikasi di area mesin yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas silindernya.

    Dengan meningkatnya kapasitas silinder tersebut, maka mesin motormu dapat mengeluarkan tenaga lebih besar. Dengan begitu, performanya pun semakin lebih powerful lagi.

    Pada tahapan ini, bagian piston akan diubah ukurannya agar lebih besar. Setelah upgrade piston, akhirnya volume udara dan bahan bakar yang akan disemprotkan pada ruang pembakaran secara otomatis akan lebih besar.

    Karena termasuk perubahan besar, maka modifikasi ini harus dilakukan oleh tenaga profesional supaya hasilnya memuaskan.

    Pertimbangan Sebelum Melakukan Bore Up

    Karena bore up adalah modifikasi yang cukup besar, maka kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

    1. Biaya

    Kembali ke pertanyaan di judul, maka biaya yang perlu dikeluarkan ternyata relatif. Sebab, biayanya itu tergantung kepada besaran perubahan yang dilakukan kepada motormu.

    Semakin besar kapasitas yang kamu inginkan, maka biaya yang dikeluarkan pun akan lebih besar. Di mana risikonya pun juga akan lebih besar. Oleh karena itu, pastikan untuk berdiskusi lebih dahulu mengenai biayanya dengan mekanik.

    Jadi, anggapan mengenai bore up adalah modifikasi paling murah, maka jawabannya bisa iya dan bisa tidak.

    2. Pelumas Mesin

    Ketika menaikkan kapasitas mesin, maka secara otomatis pelumas yang kamu butuhkan juga akan lebih bagus. Hal ini karena pelumas tersebut haruslah menyesuaikan dengan kebutuhan mesin.  Jika menggunakan pelumas mesin yang lebih bagus, maka harganya pun akan lebih mahal.

    3. Menghitung Kompresi

    Hal paling penting adalah melakukan perhitungan atas kompresi mesin motor. Karena hal inilah yang berpengaruh atas bahan bakar yang dipakai. Oleh karena itu, bisa jadi kamu harus mengganti bahan bakar.

    bore up 2

    Kelebihan Bore Up

    Ketika melakukan modifikasi ini, maka ada beberapa kelebihan atau manfaat yang akan didapatkan oleh kendaraanmu, seperti:

    • Meningkatnya kecepatan kendaraan, sehingga daya pacunya di jalanan jauh lebih optimal.
    • Akselerasi yang meningkat, sehingga membuat tenaga bawah kendaraan akan lebih responsif.
    • Suara motor akan menjadi lebih padat atau bagus.

    Kekurangan Bore Up

    Di balik kelebihannya, tindakan ini juga menghadirkan beberapa kekurangan atau kelemahan, seperti:

    • Piston lebih mudah jebol. Hal ini terjadi karena terjadinya perubahan pada diameter yang tidak sesuai standar spesifikasi. Ketika piston pecah, maka biaya yang perlu kamu keluarkan sudah pati lebih banyak.
    • Mesin lebih cepat panas, walaupun teknisi sudah berusaha melakukan penyesuaian rasio kompresi di celah head dengan piston.
    • Kendaraan akan lebih boros pelumas dan bahan bakar karena kebutuhannya semakin meningkat, walaupun sudah di-upgrade dengan produk berkualitas.
    • Top speed menurun, sehingga mengganggu kecepatan ketika berkendara. Misalnya, pada awalnya motor memiliki top speed 100 km/jam, lalu menurun menjadi 75 km/jam setelah prose bore up.

    Melihat berbagai pernyataan di atas, maka sudah sebaiknya pertimbangkanlah dengan matang sebelum memutuskan melakukan modifikasi bore up ini. Sekalipun awalnya harganya murah, jika otor akhirnya mengalami berbagai kekurangan di atas, kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi.

    Nah, kamu sudah tahu bahwa bore up mesin adalah salah satu modifikasi yang memiliki biaya yang relatif, tergantung pada modifikasi yang dipilih. Jika sedang mencari produk bekas, kamu bisa cek di OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait