Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    ReviewBukan Yamaha Nouvo atau Mio, Ternyata ini Motor Matic Pertama di Indonesia

    Bukan Yamaha Nouvo atau Mio, Ternyata ini Motor Matic Pertama di Indonesia

    Gelar motor matic pertama di Indonesia ternyata tidak dipegang oleh Yamaha Nouvo atau Mio, lho!

    News.OLX – Motor matic semakin merajai jalanan sebagai salah satu jenis kendaraan dengan jumlah pengguna tertinggi di Indonesia dari berbagai kalangan.

    Namun tahukah kamu, siapakah pelopor yang perdana membawa motor matic masuk ke Indonesia? Banyak yang mengira bahwa motor matic pertama di Indonesia adalah dari brand asal Jepang.

    Ternyata, motor matic pertama yang hadir di Indonesia berasal dari daratan Eropa yaitu Italia. Hasil rakitan dari Piaggio dibawa ke Indonesia oleh PT. Dan Motor Indonesia dan membawa langsung motor matic pertama ke aspal yakni si Vespa.

    Mengenal sejarah motor matic pertama di Indonesia

    Vespa Corsa 125 merupaka Vespa matic sekaligus motor matic pertama di Tanah Air. Motor ini lumayan langka dan banyak diburu kolektor.

    Pada tahun 1991, PT. Dan Motor Indonesia mulai memasarkan Vespa Corsa 125 ini ke pasar otomotif dan mendapatkan respon positif. Sehingga generasi Vespa selanjutnya dapat bertahan di Indonesia di era gempuran motor Jepang yang merajai.

    Cikal bakal Vespa legendaris ini menjadi salah satu merk skuter yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Vespa Corsa 125 ini memiliki spesifikasi yang mumpuni pada saat itu.

    Dengan desain nya yang “Eropa” banget, Vespa Corsa 125 ini masih memiliki transmisi netral, sehingga saat dijalankan, posisi giginya harus dipindahkan dulu dari netral, baru motor bisa di gas.

    Meskipun begitu, Vespa Corsa 125 sudah menggunakan mesin 2-tak berkapasitas 121, 2 cc dengan power 6,87 dk yang dinilai cukup bertenaga dan responsif untuk motor di jaman itu.

    motor matic (2) (1)

    Desain Vespa Corsa 125

    Dari body mungkin terlihat seperti Vespa pada umumnya, namun yang membuat Vespa Corsa 125 ini unik karena persneling berada di tuas sebelah kiri stang dan posisi rem belakangnya terletak di tuas sebelah kiri yang biasa jadi tuas kopling.

    Skuter ini memiliki bentuk yang compact dengan menggunakan chassis mini layaknya Vespa PTS 100. Dan motor ini juga perintis pertama yang sudah menggunakan starter elektrik dan transmisi otomatis.

    Karena keunikan yang dimiliki oleh Corsa 125 ini tidak bisa ditemukan pada skutik-skutik modern, sehingga motor ini sekarang menjadi sangat langka dan paling diburu oleh para kolektor.

    Alasan lain mengapa motor ini sangat langka karena Vespa ini dinilai lebih ramping dan memiliki desain yang modern hampir menyerupai bentuk Vespa keluaran sekarang. Tak salah jika harganya saja sekarang bisa berkali-kali lipat dari harga aslinya dulu.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait