Kamis, Mei 9, 2024
Lainnya
    InformasiBlackAuto Battle 2023 Tentukan Master di Kelas Culture dan Car Contest

    BlackAuto Battle 2023 Tentukan Master di Kelas Culture dan Car Contest

    Setelah melewati dua region di Indonesia, yakni Jabodetabek sebagai tuan rumah West Region dan Surabaya sebagai tuan rumah East Region, gelaran final BlackAuto Battle 2023 akhirnya sukses digelar di Jogjakarta, Sabtu – Minggu (21-22 Oktober 2023), tepatnya di Jogja Expo Center, Jogjakarta. 

    News.OLX – Kota Jogjakarta yang dikenal dengan “Kota Pelajar” dipilih menjadi tempat pelaksanaan babak final BlackAuto Battle tahun ini karena dianggap berhasil mendukung dan merangsang pertumbuhan industri car tuning di kota dan wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya seperti  Solo, Magelang, Purwokerto dan Semarang.

    “Jogja kami pilih sebagai tuan rumah babak final dari kontes modifikasi ternama di Indonesia ini karena mampu mendukung dan merangsang industri car tuning di wilayah sekitarnya, serta berada di posisi geografis yang strategis, di tengah-tengah pulau Jawa yang tentunya sangat mudah dijangkau oleh para peserta finalis,” ungkap Boy Prabowo, perwakilan penyelenggara BlackAuto Battle 2023, Rabu (25/10/2023).

    Masih menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai wadah penjurian, babak final kontes car tuning ini mampu menghasilkan jawara modifikasi hasil dari proses penilaian yang fair dan profesional. Hal ini karena teknis penilaian yang lebih matang dan terstandarisasi dengan baik. 

    “Penjurian yang dilakukan oleh asosiasi APACT di ajang ini sangat fair dan menggunakan metode terukur, sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan di setiap kategori yang dilombakan,” lanjut Boy Prabowo. 

    Final BlackAuto Battle 2023

    Trend car tuning di Tanah Air membawa BlackAuto Battle 2023 membaginya dalam dua kelas/kategori kontes besar, yaitu Culture yang mewakili genre modifikasi good looking dan fashionable, serta Contest Car yang mewakili genre yang lebih progressive. 

    “Masing-masing kelas atau kategori ini mempunyai karakteristik yang berbeda tentunya. BlackAuto Battle ingin mengakomodir kebutuhan keduanya yang memang sedang hype di dunia anak muda saat ini. Dengan  faktor- faktor tersebut diatas, jelas bahwa setiap pemenang di babak final ini memang pantas dan layak menyandang gelar tersebut serta menjadi  trendsetter industri modifikasi Indonesia,” sebutnya.

    Dari hasil penjurian, keluar sebagai Culture Black Auto Master adalah Toyota FT86-PAW dan Contest Black Auto Master diraih Suzuki Swift Diora Family. Masing-masing peraih gelar Master ini berhak untuk membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp50 juta. 

    Black Out Loud

    Final BlackAuto Battle tidak hanya mempertandingkan kategori Culture dan Contest Car saja. Di sektor modifikasi car audio hadir Black Out Loud yang dipertandingkan di hari pertama. Seluruh peserta disaring menuju ke babak final yang berlangsung pada hari kedua sekaligus memperebutkan gelar juara nasional. Black Out Loud mempertandingkan tiga kelas/kategori lomba, yakni SQ, SQL dan SPL. 

    Alat ukur SPL menggunakan alat yang juga digunakan di hampir semua asosiasi car audio dunia, Term Lab Magnum. Sedangkan juri untuk SQL dan SPL pada tahun ini melibatkan salah satu professional car audio yang juga seorang engineer, designer sekaligus speaker builder, Maslim Djanuanto. 

    Untuk SQ, Blackauto Battle 2023 menggandeng 3 asosiasi car audio sekaligus, yaitu EMMA (Eropa) dan MECA (Amerika) dan I-CAN (Asia/Indonesia) yang menjadikan kompetisi Black Out Loud ini berada di level paling atas, ketat sekaligus bergengsi.

    Black Auto Dynotest

    Final BlackAuto Battle 2023

    BlackAuto Battle menjadi satu-satunya kontes car tuning yang mengakomodir hampir seluruh kebutuhan para pecinta modifikasi di Tanah Air. Bagi para pecinta mesin, kecepatan, tenaga dan adrenalin, juga hadir satu-satunya engine performace show lewat Black Auto Dynotest.

    Peserta dengan ubahan di sektor engine diukur kemampuannya secara real time melalui alat yang disebut dynamo meter. Disini, pihak penyelenggara masih menggunakan Mainline Dynolog, salah satu pabrikan alat dyno terbaik di dunia yang kerap digunakan sebagai alat standar dari banyak kegiatan race dan performance dunia.

    Dengan kemampuan membaca secara real time dengan pilihan 2WD, 4WD atau AWD, alat tersebut mampu membaca segala efek dari ubahan dan tuning dari mobil pada pengukuran on-wheels, dimana pengukuran ini adalah yang paling real keberadaannya.

    Black Auto Dynotest menjadi salah satu magnet interest para pengunjung di ajang kontes ini dan selalu ditunggu-tunggu pelaksananya. 

    Konsep Entertainment Baru

    Final BlackAuto Battle 2023

    Pengunjung babak final BlackAuto Battle 2023 yang digelar di JEC, Jogjakarta juga kian dimanjakan dengan berbagai program entertainment yang digelar selama dua hari pelaksanaan kontes.

    Pecinta JDM (Japan Domestic Market) bisa memuaskan hasratnya untuk melihat lebih dekat berbagai koleksi Japan Tuned Cars dari Pengepul Mobil. Beberapa line up mobil tuner bergaya khas Jepang yang dipamerkan antara lain Mazda Miata, Honda CR-X, Subaru Station Wagon, Subaru coupe GC8 dan Mitsubishi Evo 3. 

    Final BlackAuto Battle 2023

    Sementara para entertainer yang tampil di atas panggung seperti FDJ Gracela, BlackAuto Angel, juga sukses menggoyang pengunjung yang datang.

    “Kita tidak hanya menyuguhkan mobil dengan konsep yang luar biasa, namun juga menyuguhkan konsep hiburan kekinian dengan bintang tamu Okkay yang mewakili genre city pop dan Feel Koplo dari genre yang memang sedang hype dikalangan anak muda. Kami juga bekerjasama dengan Popular pada Black Shoot Challenge dengan menyiapkan hadiah jutaan rupiah,” sebut Boy.

    Tetapi yang paling ditunggu-tunggu sekaligus menjadi program paling istimewa di babak final BlackAuto Battle 2023 adalah pengumuman pemenang BlackAuto Mission, program khusus yang dihadirkan bagi pengunjung.

    “Yang berbeda tahun ini karena kami menyediakan hadiah spesial berupa satu unit BMW E46 full modified Culture yang diberikan bagi pengunjung dan follower Blackxperiences yang mengikuti program Black Auto Mission,” tutup Boy Prabowo.

    Sampai jumpa di ajang BlackAuto Battle 2024! “real competition, true champ”

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait