Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    EventGIIAS Bandung 2023 Resmi Dibuka, Dirjen ILMATE Ungkap Sejarah Otomotif Nasional Dimulai...

    GIIAS Bandung 2023 Resmi Dibuka, Dirjen ILMATE Ungkap Sejarah Otomotif Nasional Dimulai dari Bandung

    Untuk pertama kalinya pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2023 digelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Pameran otomotif GIIAS Bandung 2023 sekaligus menjadi kota penutup dari rangkaian GIIAS The Series 2023.

    News.OLX – Pameran yang dibuka hari ini, Rabu, 22 November 2023 oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier, dijadwalkan berlangsung hingga hari Minggu, 26 November 2023 mendatang di Sudirman Grand Ballroom, Bandung.

    Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi dalam sambutannya menyebut pentingnya daerah Jawa Barat dalam industri otomotif nasional, menjadi latar belakang pihaknya memilih kota ini sebagai kota baru tempat pelaksanaan pameran GIIAS di tahun ini. 

    “Jawa Barat merupakan daerah ke-2 terbesar untuk market otomotif. Kontribusinya besar untuk penjualan kendaraan secara nasional, sehingga Jawa Barat menjadi market penting bagi pelaku industri otomotif,” terang Yohanes Nangoi di pembukaan GIIAS Bandung 2023, Rabu (22/11/2023).  

    Melambatnya pertumbuhan penjualan otomotif akhir-akhir ini menjadi sebuah tantangan baru dampak dari melambatnya kondisi ekonomi secara global. 

    Ini juga akhirnya berdampak di sektor financing yang semakin ketat dalam menyalurkan dana pembiayaan kendaraan. “Kondisi financing yang ketat ini karena kita harus betul-betul berhati-hati dalam menyalurkan financial atau leasing kepada pembeli kendaraan bermotor, jangan sampai ada apa-apa di belakang hari,” jelasnya.  

    Sehingga sangat perlu bagi pihaknya (GAIKINDO) melakukan berbagai stimulasi untuk mendorong pembelian kendaraan bermotor, salah satunya dengan menggelar pameran ke berbagai kota-kota besar di Indonesia. 

    Sejarah Otomotif di Bandung Tidak Boleh Dilupakan

    Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Dirjen ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier menyebut GIIAS dihelat di Bandung memang sudah seharusnya. Hal ini mengingat Kota Bandung yang memang tidak bisa dipisahkan dari sejarah industri otomotif di Tanah Air.

    “Bandung sangat lekat dengan sejarah otomotif Indonesia. Kita tidak boleh lupa, di tahun 1919, Bandung menjadi titik tumbuh otomotif di Indonesia. Disinilah pertama kalinya merek Mercedes-Benz membuka bengkelnya, di kawasan Braga. Dan 10 tahun kemudian, bermunculan bengkel-bengkel dari merek mobil Eropa lainnya disini,” sebut Taufiek Bawazier mengungkapkan sejarah.   

    “Jadi Kota Bandung ini jadi kota yang penting untuk industri otomotif Tanah Air,” pungkasnya.  

    Ia pun menyampaikan harapannya agar GIIAS Bandung bisa diselenggarakan secara rutin, umumnya untuk wilayah Jawa Barat agar ekosistem bisnis otomotif dapat terus ditingkatkan. 

    GIIAS Bandung 2023 mulai dibuka pada pukul 11.00 – 21.00 WIB untuk weekdays (Rabu-Jumat) dan pukul 10.00 – 21.00 WIB untuk weekends (Sabtu-Minggu) dengan melakukan harga tiket weekdays (Rabu-Jumat) sebesar Rp 15.000,- dan tiket weekend (Sabtu-Minggu) sebesar Rp 25.000,-. melalui aplikasi Auto360. 

    Sedangkan untuk pembelian secara onsite di area pameran pada hari kerja (Rabu-Jumat) sebesar Rp 20.000,- dan pada hari libur (Sabtu-Minggu) sebesar Rp 30.000,-.di Sudirman Grand Ballroom, Bandung.

    Dapatkan informasi tentang mobil Wuling bekas dengan kondisi terbaik hanya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait