Minggu, Mei 5, 2024
Lainnya
    MobilToyota Vios Baru Berubah Total, Tak Lagi Identik Sedan Taksi

    Toyota Vios Baru Berubah Total, Tak Lagi Identik Sedan Taksi

    Menggunakan platform baru, Toyota memberikan banyak sentuhan di All New Vios, termasuk peningkatan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensinya. Cek harga dan spesifikasi All New Vios

    JAKARTA – PT Toyota-Astra Motor (TAM) baru saja memasarkan mobil sedan barunya, yakni All New Vios. 

    Berbeda dari model Vios sebelumnya yang selalu identik dengan mobil taksi, kali ini All New Vios tampil lebih elegan dan powerful dengan fastback silhouette pada desain eksterior dan interiornya.

    Selama ini kehadiran Toyota Vios memang tidak pernah lepas dari kesan mobil taksi. Karena hampir rata-rata armada taksi yang menawarkan kenyamanan di mobil sedan memilih mobil merek Toyota yang satu ini.

    Faktor ini juga yang membuat banyak konsumen yang enggan membelinya, karena khawatir saat akan menjualnya kembali langsung dikira mobil bekas taksi.

    Tapi sekarang berbeda. All New Vios hadir dengan platform baru serta desain yang juga sepenuhnya baru pada aspek eksterior dan interior.

    Selain itu, Vios yang sudah masuk generasi ke-4 ini sudah mengadopsi peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru, termasuk dengan disematkannya fitur berteknologi tinggi Toyota Safety Sense (TSS).

    Itu artinya, Toyota Vios sudah tidak bisa lagi diidentikkan dengan mobil taksi karena sudah lebih mewah, lebih berteknologi, nyaman dan juga jauh lebih aman.  

    “Sebagai mobil sedan yang telah menemani masyarakat Indonesia selama hampir 20 tahun, Vios telah menjadi brand penting bagi Toyota. Kami bersyukur mobil sedan yang dikenal memiliki quality, durability, dan reliability yang tinggi ini mendapatkan penerimaan yang sangat baik di seluruh dunia,” sebut Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan tertulis. 

    Untuk market Indonesia, Vios menjadi market leader di segmennya. Hadir pertama kali di tahun 2003, sampai saat ini penjualan retail Toyota Vios sudah mencapai lebih dari 130.000 unit. 

    Perubahan Total di All New Vios

    Harga dan Spesifikasi All New Vios

    All New Vios dikembangkan berdasarkan tiga pilar: Proudful, Comfortable, serta Valuable. Meskipun mengalami perubahan total, Toyota tetap mempertahankan DNA sedan Vios yang dikenal memiliki Quality, Durability, serta Reliability yang tinggi.

    Menggunakan platform baru, Toyota memberikan banyak sentuhan di All New Vios, termasuk peningkatan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensinya. 

    “All New Vios tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggannya. Kami harap All New Vios dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil sedan yang lega dan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih bagi seluruh penggunanya,” sebut Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

    Dimensi

    Dimensi Vios terbaru saat ini adalah memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

    Dimensi baru ini lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya. 

    Perubahan ini selain membuat kabin Vios baru menjadi lebih nyaman dan luas, juga tetap lincah dalam bermanuver. 

    Eksterior

    Harga dan Spesifikasi All New Vios

    Secara visual, tampilan All New Vios bergaya Keen Look yang sporty dan powerful. Hal ini bisa dilihat dari bagian depannya. 

    Bentuk grill trapezoidal berukuran besar mendominasi fascia Vios, yang disempurnakan dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi. 

    Sementara pada bagian atasnya ada grill tipis melintang yang tampil serasi dengan lampu depan L-shape LED. 

    Ini diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan. 

    Lekukan kokoh ini terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

    All New Vios menggunakan velg alloy berukuran 17 inch bergaya futuristis. Ukuran velg yang bisa dibilang besar ini memberikan kesan powerful dan berwibawa. 

    Hadirnya jendela kabin tambahan semakin mempertegas kelegaan kabinnya. 

    Fastback Style dengan jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi, kalau digambarkan dalam bentuk siluet akan menampilkan bentuk khas sedan mewah.

    Sedangkan di bagian belakangnya, desain buritan Vios terlihat simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

    Interior

    Harga dan Spesifikasi All New Vios

    Berlanjut ke kabin All New Vios, kali ini warna hitam begitu mendominasi yang menjadikan kesan berkelas dan nyaman semakin terasa. 

    Jangan berfikir akan melihat lagi desain dashboard seperti yang ditemui di model Vios peruntukan taksi.

    Sekarang dashboard baru sudah menggunakan bahan soft touch begitu juga untuk bagian door trim. 

    Untuk Vios type G, bahan soft touch ini juga disematkan pada bagian pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

    Desain kokpit driver-oriented serta posisi duduk pengemudi yang pas menyediakan visibilitas yang sangat baik dan menjaga kenyamanan mobilitas harian. 

    Nuansa sedan berkelas juga bisa dinikmati penumpang belakang yang mendapatkan ruang duduk lebih lapang berkat wheelbase ekstra dan atap Fastback Style.

    Mesin

    Mesin baru dengan kode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder terpasang di bawah bonet Vios. Mesin ini cukup tangguh dan juga andal. 

    Teknologi Dual VVT-i mesin All New Vios menjadikan efisiensi bahan bakar tetap bisa terjaga dengan baik. 

    All New Vios menyediakan tenaga maksimal 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. 

    Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui dua opsi transmisi,  manual 5-speed dan CVT.

    Fitur-Fitur

    Harga dan Spesifikasi All New Vios

    All New Vios tidak identik lagi dengan Vios generasi-generasi sebelumnya yang banyak dikaitkan dengan mobil taksi.

    Kali ini Toyota membenahi Vios dengan memasukkan banyak fitur untuk menunjang fun to drive dan kenyamanan berkendara. 

    Ini bisa dimulai dari penyematan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer yang terlihat menyatu dan modern, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi. 

    Area kokpit driver-oriented memudahkan siapapun yang berada di balik kemudi supaya lebih fokus dalam memegang kendali. 

    Sekarang, seluruh type All New Vios sudah mengadopsi Electric Parking Brake. Selain itu, handling All New Vios type G sudah dibekali pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport yang bisa dipilih lewat tombol di kemudi.

    Sementara untuk sistem audio sudah pakai teknologi touch screen berukuran 9 inch. Layar audio sistem floating ini ditempatkan di tengah dashboard sehingga mudah untuk diakses.

    Tidak hanya itu, Toyota juga lebih sadar tren dengan meng-update entertainment system yang bisa terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh type All New Vios.

    All New Vios Sudah Pakai Toyota Safety Sense

    All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri atas 9 fitur safety.  

    1. Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) berfungsi untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan dengan memberikan peringatan hingga pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan. 
    1. Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan.
    1. Lane Departure Warning (LDW) yang membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. 
    1. Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur di jalan dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. 
    1. Auto High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari dan mengembalikan ke lampu utama (low beam) ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.
    1. Blind Spot Monitoring (BSM) juga disematkan untuk dapat memberikan sinyal lewat grafis di kaca spion samping sebagai peringatan ketika ada mobil lain di area blind spot, sehingga pengemudi lebih waspada. 
    1. Rear Cross Traffic Allert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang ketika parkir untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.
    1. Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol. 
    1. Front Departure Alert (FDA) memberikan peringatan suara ketika mobil di depan tiba-tiba mundur saat mengantri di jalan macet untuk mencegah tabrakan.

    Safety Fitur Lainnya

    Selain TSS, All New Vios juga memiliki Safety features lainnya, mulai dari fitur rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. 

    Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. 

    Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

    All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. 

    T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

    Pilihan Type dan Warna All New Vios

    All New Vios hadir dalam beberapa pilihan type ataupun grade, mulai dari type G CVT TSS (Toyota Safety Sense), G CVT, dan E M/T.  

    Type G diperuntukkan bagi keluarga modern dan dinamis yang ingin tampil bergengsi dan terdepan. 

    Sementara  type E sangat pas untuk kebutuhan corporate atau komersil.

    Terdapat lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

    Harga & Skema Kredit All New Vios

    Harga dan Spesifikasi All New Vios

    Berikut ini harga lengkap dan cicilan dari All New Vios 2023, OTR DKI, syarat dan ketentuan berlaku. 

    All New Vios 1.5 E M/T Rp 314.900.000 

    • TDP 20% Rp 65.530.000 
    • Angsuran Rp 7.051.000 / 60x 
    • Asuransi Allrisk inc. Banjir 
    • Asuransi Jiwa

    All New Vios 1.5 G CVT Non Premium Color Rp 355.200.000 

    • TDP 20% Rp 73.590.000 
    • Angsuran Rp 7.952.000 / 60x 
    • Asuransi Allrisk inc. Banjir 
    • Asuransi Jiwa

    All New Vios 1.5 G CVT premium Color Premium Color Rp 356.700.000 

    • TDP 20% Rp 73.890.000 
    • Angsuran Rp 7.986.000 60x 
    • Asuransi Allrisk inc. Banjir 
    • Asuransi Jiwa

    All New Vios 1.5 G TSS CVT Non Premium Color Rp 368.400.000 

    • TDP 20% Rp 76.230.000 
    • Angsuran Rp 8.247.000 60x 
    • Asuransi Allrisk inc. Banjir 
    • Asuransi Jiwa

    All New Vios 1.5 G TSS CVT Premium Color Rp 369.900.000 

    • TDP 20% Rp 76.530.000 
    • Angsuran Rp 8.281.000 60x 
    • Asuransi Allrisk inc. Banjir 
    • Asuransi Jiwa 

    *Skema kredit di Auto2000

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait