Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Asal Merawat Mobil Mesin Turbo, Ini Aturannya!

    Jangan Asal Merawat Mobil Mesin Turbo, Ini Aturannya!

    Mobil turbo memiliki keunggulan performa dan efisiensi bahan bakar. Tentunya, perawatannya berbeda dengan mesin non turbo.

    News.OLX – Mobil Turbo menjadi unit favorit bagi banyak pengendara. Alasannya, penggunaan teknologi dapur pacu pada unit ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Kemudian, performanya juga tangguh dan bertenaga.

    Namun, perawatan pada unit ini tentunya berbeda dengan unit biasa. Sebab, komponen mobil turbo lebih mudah panas. Sebab, putaran turbinnya mampu menembus 10 ribu RPM. Lantas, apa saja yang dibutuhkan untuk perawatan unit ini? Simak informasinya berikut. 

    1. Periksa dan Ganti Oli Rutin

    Mobil turbo juga butuh pemeriksaan pelumas mesin seperti halnya unit roda empat pada umumnya. Namun, kamu harus memperhatikan jenisnya, sesuai dengan unit kamu. Jangan sampai kamu menggunakan pelumas yang salah.

    Kemudian, pastikan agar kamu tidak melewatkan jadwal penggantian pelumas tersebut. Karena unit ini butuh oli dengan kualitas yang maksimal. 

    2. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

    Kamu juga harus menggunakan bakar yang sesuai dengan jenis unit ini. Sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar dengan kadar oktannya mencapai di atas 92. Sebab, itu sudah menjadi standarnya.

    Jika kamu menggunakan oktan yang kurang sesuai, maka sistem pembakarannya tidak akan sempurna. Apalagi unit ini butuh pembakaran maksimal karena untuk memastikan performanya optimal. 

    3. Rajin Membersihkan Filter Udara

    Merawat Mobil Mesin Turbo

    Performa mobil turbo juga ditentukan oleh pasukan udara pada ruang dapur pacu. Maka, kamu juga harus rajin untuk membersihkan filter tersebut. Jangan sampai komponen ini kotor karena akan dapat menjadikan fungsinya tidak maksimal. 

    4. Cara Berkendara

    Selain perawatan di atas, kamu juga harus memperhatikan hal penting lainnya, yakni cara menggunakan unit ini saat sedang berkendara. Sebaiknya, kamu tidak menginjak tuas pedal ketika suhu dapur pacu masih berada di bawah normal. 

    Maka dari itu, kamu harus memastikan, mesin mobil turbo kamu panaskan hingga beberapa menit terlebih dahulu. Tunggu sampai temperatur naik dan pelumas telah melumasi semua komponen. Setelah itu, kamu bisa mulai tancap gas. 

    Selain itu, perhatikan tanda indikator yang ada di panel dashboard kamu. Jika terjadi masalah pada komponen tertentu, maka lampu indikator tersebut akan menyala. Kamu tidak boleh menyepelekannya. Segera bawa ke layanan servis jika hal itu terjadi.

    Nah, itulah informasi seputar cara merawat mesin mobil turbo. Pastikan kamu rutin melakukan pemeliharaan agar unit kamu terhindar dari kerusakan. Jika kamu mencari layanan servis, bisa cari di OLX.

    Segera download aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait