Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKetahui Cara Merawat Perabot Rumah dari Kayu Jati Agar Awet

    Ketahui Cara Merawat Perabot Rumah dari Kayu Jati Agar Awet

    Inilah panduan perawatan untuk memperpanjang umur perabot rumah dari kayu jati yang benar dan aman!

    News.OLX – Kepopuleran kayu jati bukan hanya ranah nasional saja. Bahkan ketahanan, kekuatan, dan kualitasnya sangat terkenal hingga mancanegara. Namun, tanpa perawatan yang tepat, perabot tetap bisa rusak.

    Agar perabot rumah dari kayu jati dapat bertahan lama dan tetap terlihat indah, kamu harus memberikan perawatan yang tepat. Berikut beberapa cara merawat perabot rumah berbahan kayu jati.

    1. Bersihkan Debu dan Kotoran Secara Rutin

    Cara merawat perabot rumah yang pertama adalah dengan melakukan pembersihan perabot kayu jati secara rutin, minimal dua kali seminggu. Gunakan kain microfiber yang lembut dan lembab untuk memudahkan membersihkan debu juga kotoran.

    Untuk mengatasi bagian sela-sela furnitur, gunakan kuas kecil atau vakum. Hindari menggunakan kain kasar atau bahan pembersih yang mengandung bahan kimia keras karena dapat merusak permukaan kayu.

    2. Hindari Kelembaban Berlebih

    Kelembaban yang berlebihan dapat menyebabkan kayu berjamur dan melengkung. Pastikan ruangan tempat perabot kayu jati diletakkan memiliki ventilasi yang baik. Kamu juga dapat menggunakan dehumidifier untuk menjaga tingkat kelembaban ruangan.

    kayu jati

    3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

    Sinar matahari langsung dapat memudarkan warnanya dan membuatnya kering. Sebaiknya, letakkan perabot berbahan jati di tempat yang teduh atau terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Hindari area dekat jendela atau pintu.

    4. Beri Jarak dengan Dinding

    Masih masalah peletakannya. Sebaiknya, beri jarak perabot dengan dinding, jangan posisikan menempel dengan tembok. Karena bisa memicu lembab di satu sisi dan menumbuhkan jamur.

    Jarak ideal untuk penempatan perabot ialah 5-10 cm dari tembok.

    5. Gunakan Cairan Pembersih Khusus atau Teh Hitam

    Untuk menjaga warnanya tetap fresh, bersihkan perabot dengan cairan khusus. Kamu bisa membelinya di marketplace. Kemudian, gunakan kain microfiber untuk membersihkan permukaannya.

    Pastikan jika cairan yang akan kamu pakai tidak mengandung metanol, aseton, toluen, atau zat pelarut lain. Bahan-bahan ini mampu merusak coating perabot.

    Di sisi lain, kamu bisa manfaatkan seduhan teh hitam sebagai cairan khusus untuk menjaga warna perabot tetap indah dan berkilau.

    6. Gunakan Minyak Jati Secara Berkala

    Pengaplikasian minyak jati atau refinishing dapat membantu menjaga warna alaminya tetap mengkilap. Penerapannya pun mudah. Oleskan minyak ini secara merata ke seluruh permukaan kayu dengan kuas atau kain lap bersih. Lakukan hal ini minimal sekali setahun.

    7. Hindari Kerusakan Mekanis

    Meski jati tergolong kayu yang keras dan kuat, tetapi kayu ini tetap rentan apabila terkena benturan, goresan, ataupun benda panas. Oleh karena itu, hindari menggeser atau menjatuhkan perabot secara kasar, sebab bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaannya.

    Selalu angkat perabot dengan hati-hati saat memindahkannya dan gunakan alas atau kaki mebel yang sesuai untuk melindungi permukaan kayu dari kerusakan.

    Dengan mengaplikasikan cara merawat perabot rumah dari kayu jati di atas secara teratur dan tepat, kamu bisa menjamin bahwa keindahannya akan tetap terjaga selama bertahun-tahun.

    Perawatan yang teratur pada perabot kayu jati juga bisa menjadi investasi yang berharga dan warisan yang indah untuk generasi mendatang.

    Semua produk perawatannya bisa kamu beli di OLX. Lebih mudah dan praktis, download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait