Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    MobilKia Carnival Bekas Gen 1, Mobil Keluarga Besar dibawah 50 Jutaan!

    Kia Carnival Bekas Gen 1, Mobil Keluarga Besar dibawah 50 Jutaan!

    Sudah hadir sejak tahun 2000, berapa harga Kia Carnival gen 1 saat ini?

    News.OLX – Kia Carnival bukanlah pemain baru di pasar otomotif Indonesia. MPV asal Korea ini sudah hadir sejak tahun 2000. Terkenal dengan ukuran kabin yang tak luas, Kia Carnival masih tetap populer hingga sekarang.

    Kia Carnival generasi pertama hanya dibekali pilihan transmisi otomatis dengan konfigurasi bangku tujuh penumpang. Karena interiornya yang klasik, saat mengendarai ini dulu bagaikan menaiki Toyota Alphard.

    Mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang berkapasitas besar. Opsi pertama yaitu mesin bensin dan mesin turbo diesel. Kemudian pada kisaran 2003 hingga 2004 hadir dengan pilihan transmisi manual dan bangku untuk delapan penumpang. 

    Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai Kia Carnival, berikut ini adalah spesifikasinya dan harga bekasnya: 

    Spesifikasi Kia Carnival

    KIA Carnival generasi pertama memiliki desain mewah dan juga modern dengan wujudnya yang besar. Untuk interiornya sendiri, KIA Carnival sudah dilengkapi dengan material yang cukup nyaman. 

    Untuk Kia Carnival bensin dibekali mesin bensin KV6 dengan konfigurasi V6 DOHC 24 valve berkapasitas 2.500 cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 Hp yang disalurkan ke roda depan. 

    Sedangkan Kia Carnival diesel, menggunakan mesin 2.900 cc 4 silinder diesel CRDi dengan turbo dan intercooler. Mesin diesel common rail ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 144Hp yang juga lolos standar emisi Euro 2. 

    Ciri fisik yang membedakan antara Carnival bensin dengan Carnival diesel adalah adanya air scoop besar pada kap mesin. Air scoop ini menangkap aliran udara untuk diarahkan ke intercooler Carnival diesel. 

    Kia Carnival memiliki 2 tipe saat peluncuran, yaitu tipe LS serta GS. Pada jamannya, Kia Carnival ini benar-benar memiliki fitur yang mewah bahkan sudah dilengkapi fitur keselamatan dual SRS airbag dan ABS. 

    Pada tipe tertingginya yaitu GS, Carnival sudah dilengkapi fitur mewah seperti sunroof, setir dengan tombol audio, wood panel, kursi baris kedua dapat diputar 180 derajat, AC untuk semua baris termasuk baris ketiga dan heater di bawah jok.

    Lalu di pertengahan 2005, Kia Mobil Indonesia melakukan facelift kepada Carnival yang mengganti nama Carnival menjadi Kia Sedona. Mesin yang ditawarkan hanyalah bensin 2.500cc V6 saja karena varian diesel sudah tidak lagi ditawarkan. 

    Beberapa fiturnya hilang seperti misalnya sunroof dan desain interior yang lebih simple. Konon Carnival dibuat dengan spesifikasi Eropa sementara Sedona sudah dibuat dengan spesifikasi Indonesia.

    kia carnival (1)

    Harga bekas Kia Carnival generasi pertama

    Dengan spesifikasi diatas, tentu ada kurangnya juga dari Kia Carnival ini. Alasan mengapa harga bekasnya sangat jatuh dibandingkan dengan kompetitornya adalah penggunaan BBM yang boros banget dan sering terjadi kasus pada mesinnya.

    Selain itu, banyak dari komponen di Kia Carnival berbahan karet. Sehingga sering terjadi masalah pada komponen nya juga seperti retak, lengket, atau pecah. Bahkan, sparepartnya masih susah dicari hingga sekarang.

    Karena hal tersebut, harga bekas Carnival bensin kini ditawarkan mulai dari Rp30 jutaan. Berbeda dengan varian bensin, versi diesel saat ini harga pasarannya berada di angka Rp 50 jutaan.

    Bagaimana? Masih worth it nggak nih menurut kamu? Dengan kekurangan dan kelebihan yang Kia Carnival punya, bisa menjadi pertimbangan untuk kamu membuat keputusan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait