Kamis, Mei 9, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Alipay Plus, Sistem Pembayaran Digital China yang Akan Masuk Indonesia

    Mengenal Alipay Plus, Sistem Pembayaran Digital China yang Akan Masuk Indonesia

    Alipay Plus, platform solusi pembayaran digital lintas batas asal China, dikabarkan akan segera hadir di Indonesia.

    News.OLX – Alipay Plus, platform solusi pembayaran digital lintas batas asal China, dikabarkan akan segera hadir di Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung oleh CEO & Senior Vice President Ant Group, Yang Peng, saat berkunjung ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 19 April 2024 lalu.

    “Kami ingin sekali memboyong Alipay Plus ke Indonesia. Supaya hal ini tercapai, kami tengah melakukan diskusi secara rutin dengan sejumlah mitra lokal,” ujar Peng, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube KemkominfoTV, Senin (22/4/2024). 

    “Kami juga tentunya berdiskusi dengan beberapa pihak terkait, seperti Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Bank Indonesia. Hal ini kami lakukan untuk kepentingan perizinan, supaya para pelancong yang ke Tanah Air juga bisa menggunakan e-wallet lokal mereka di Indonesia,” imbuh Peng. 

    Kehadiran Alipay Plus di Indonesia diyakini akan membawa angin segar bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Platform ini memungkinkan para UMKM untuk menerima pembayaran digital melalui kode QR, terutama dari para turis asing.

    Sistem Solusi Pembayaran Digital Buatan Ant Group

    Alipay Plus merupakan produk besutan Ant Group, perusahaan teknologi finansial (fintech) raksasa di balik Alibaba Group. Diluncurkan pada tahun 2020, Alipay Plus telah berkembang pesat dan saat ini beroperasi di sekitar 56 negara, bekerja sama dengan 90 juta pelaku bisnis.

    Metode Pembayaran Digital Lintas Batas dengan Kode QR

    Alipay Plus segera masuk Indonesia

    Alipay Plus bekerja dengan cara memfasilitasi pembayaran digital lintas batas melalui kode QR. Pengguna dapat menggunakan e-wallet lokal mereka, seperti GoPay, Ovo, Dana, dan lain sebagainya, untuk melakukan pembayaran di toko-toko yang terdaftar di Alipay Plus di luar negeri.

    Manfaat Alipay Plus bagi UMKM Indonesia

    Kehadiran Alipay Plus di Indonesia diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat bagi para UMKM, di antaranya:

    • Mempermudah penerimaan pembayaran digital dari turis asing: Alipay Plus digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, termasuk banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia. Dengan menerima Alipay Plus, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka.
    • Meningkatkan kepercayaan diri UMKM: Menyediakan opsi pembayaran kartu kredit bisa dibilang cukup mahal bagi UMKM. Alipay Plus hadir sebagai solusi yang lebih murah dan mudah, sehingga UMKM dapat lebih percaya diri untuk menjual produk mereka ke turis asing.
    • Meningkatkan inklusi keuangan: Alipay Plus dapat membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dengan mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan pembayaran digital.

    Proses Masuknya Alipay Plus ke Indonesia

    Saat ini, Ant Group masih dalam tahap diskusi dengan berbagai pihak terkait di Indonesia, seperti Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Bank Indonesia, untuk menyelesaikan proses perizinan. 

    Yang Peng, tidak menyebutkan secara pasti kapan Alipay Plus akan resmi diluncurkan di Indonesia, namun ia optimis bahwa hal tersebut akan terjadi “tahun ini”. Bagaimana? Kamu excited dengan kehadiran Alipay Plus di masa mendatang?

    Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kehadiran Alipay Plus di Indonesia, kamu dapat mengunjungi situs web OLX atau mengunduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait