Senin, Mei 6, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Jenis Asuransi Mobil dan Cara Memilihnya

    Mengenal Jenis Asuransi Mobil dan Cara Memilihnya

    Cek berbagai jenis asuransi mobil dan cara memilihnya untuk mendapatkan proteksi maksimal!

    News.OLX – Untuk melindungimu atas berbagai risiko karena kehilangan atau kerusakan di mobil, maka penting sekali mempertimbangkan penggunaan asuransi mobil. 

    Kehadirannya dapat membuatmu merasa lebih aman dan nyaman, tanpa pusing memikirkan uang yang harus dikeluarkan atas risiko-risiko di atas.

    Nah, ternyata ada cukup banyak jenis asuransi mobil yang perlu kamu ketahui. Selain itu, cek pula tips memilih asuransi yang tepat agar lebih menguntungkan. Temukan semua informasinya di bawah!

    Jenis-Jenis Asuransi Mobil

    1. Asuransi Comprehensive atau All Risk

    Asuransi pertama ini memberi pertanggungan terhadap bermacam kerusakan atau kerugian yang didapatkan oleh mobilmu. Kerusakan tersebut dapat berupa penyok hingga kerusakan lebih parah.

    Ketika mobilmu hilang karena pencurian atau mengalami kerusakan akibat bencana alam, asuransi  ini turut mampu meng-cover.

    Akan tetapi karena karena risiko yang ditanggungnya sangat banyak, otomatis harganya pun akan mahal daripada jenis lain.

    2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

    Meskipun mampu menyediakan ganti rugi terhadap kehilangan dan kerusakan kendaraan. Tetapi asuransi TLO tidak menanggung seluruh tipe kerusakan yang didapatkan.

    Kamu hanya akan memperoleh ganti rugi ketika kerusakannya lebih 75%, sehingga kendaraan sama sekali tidak dapat dipakai dalam bermobilisasi. 

    Ketika mencoba mengajukan klaim dengan persentase di bawah standar tersebut, maka kemungkinan besar klaimmu tidak akan diterima. Karena itulah, biaya preminya memang lebih  murah daripada all risk atau comprehensive.

    3. Asuransi Kombinasi

    Asuransi mobil ketiga ini kerap ditemui terhadap mobil yang tahapan pembeliannya memakai sistem kredit. Sesuai namanya, asuransi tersebut mengkombinasikan antara comprehensive bersama total loss only. Selain itu, kamu hanya dapat memperolehnya ketika menggunakan sistem kredit.

    Cara kerjanya ialah selama setahun pertama kredit, maka konsep yang dijalankan adalah comprehensive. Sedangkan di tahun berikutnya akan memakai asuransi total loss only saja.

    4. Asuransi Rider (Perluasan)

    Sejumlah asuransi sebelumnya memang menyediakan ganti rugi ketika mobilmu rusak atau kehilangan. Akan tetapi ada kondisi yang tidak dapat membuatmu menerima ganti rugi, yaitu saat ada permasalahan tidak terkontrol dan masif. Misalnya saja adalah ketika kerusakan karena kerusuhan massal atau bencana alam.

    Namun, jika memakai rider atau perluasan, maka hal yang biasanya tidak di­-cover oleh sejumlah asuransi lainnya akan ditanggung asuransi mobil keempat ini. Ada cukup banyak tipe rider yang dapat dipilih, yaitu:

    • Angin topan dan banjir
    • Tsunami dan gempa bumi
    • Kerusuhan
    • Sabotase dan terorisme
    • Kecelakaan diri penumpang
    • Tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
    • Tanggung jawab hukum bagi penumpang

    Kamu bisa memilih perluasan yang paling cocok dengan kebutuhan dan potensi bahaya mungkin terjadi.  

    5. Asuransi TPL (Third Party Liability)

    Asuransi ini akan meringankan beban finansial bagi pemilik mobil ketika harus membayarkan uang pengobatan bagi korban kecelakaan yang diakibatkan oleh mobilnya. Sesuai namanya, fokusnya adalah untuk pihak ketiga.

    6. Asuransi Collision Coverage

    Terakhir, asuransi ini berfokus untuk membantu dana pengobatan bagi pemilik mobil yang terlibat kecelakaan. Perlindungannya juga ganda, karena bukan hanya berfokus pada pengemudi mobil, tapi juga biaya atas kerusakan di mobil tersebut.

    asuransi mobil (1) (1)

    Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

    Agar tidak salah pilih, kamu dapat mengikuti sejumlah tips di bawah ketika mencari asuransi untuk mobil:

    1. Pilih perusahaan yang menyediakan layanan lengkap dan call center 24 jam.
    2. Perusahaan asuransi bereputasi baik.
    3. Memilih asuransi dengan bengkel rekanan yang luas.
    4. Cek keuntungan dari premi yang diberikan.
    5. Memperhatikan syarat dan ketentuan agar paham hak dan kewajibanmu.
    6. Membandingkannya dengan asuransi lain.
    7. Menanyakan rekomendasi kepada dealer mobil.
    8. Menyediakan opsi perluasan perlindungan.
    9. Kemudahan dalam klaim.

    Jika sudah tahu berbagai jenis asuransi mobil dan tips memilihnya, pastikan kamu juga cek laman OLX jika tertarik mencari mobil bekas dan produk lainnya, ya. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait