Minggu, Mei 5, 2024
Lainnya
    ReviewMengenal Sejarah Toyota Starlet, Mobil Hatchback Toyota yang Hits dari Masa ke...

    Mengenal Sejarah Toyota Starlet, Mobil Hatchback Toyota yang Hits dari Masa ke Masa

    News.OLX – Bagi para penggemar mobil pasti familiar dengan nama Toyota Starlet. Mobil legendaris ini pertama kali diluncurkan tahun 1973 dan sempat mengalami puncak kepopularitasan di tahun 1990an.

    Toyota Starlet terus berevolusi hingga kini. Mulai dari sedan, sampai dengan bentuk hatchback yang berevolusi menjadi Toyota Soluna, lalu Toyota Vios, hingga akhirnya menjadi Toyota Yaris.

    Di tangan penggemar modifikasi, mobil Toyota Starlet menjadi pilihan mobil yang tepat. Bukan rahasia umum jika Starlet masih jadi buruan panas di dunia otomotif.

    Keistimewaan Toyota Starlet

    Ada beberapa alasan mobil lawas seperti Toyota Starlet masih tetap diminati, salah satunya faktor perawatannya yang dinilai mudah hingga pajak tahunannya yang murah.

    Para pemilik mobil lawas juga bisa lakukan servis mobilnya di bengkel umum yang kebanyakan dapat menangani dengan harga yang ramah di kantong.

    Bicara soal suku cadang atau sparepart, ketersediaannya untuk mobil keluaran tahun 90-an ini juga masih mudah ditemui.

    Di sisi lain, pajak tahunan mobil lawas lebih murah dibanding mobil baru. Diketahui, pajak tahunan mobil tahun 90-an kebanyakan hanya di angka ratusan ribu rupiah.

    Selain itu, kelebihan utama dari mobil-mobil tahun 90-an adalah desainnya yang terbilang timeless atau tak lekang waktu.

    Kelebihan dan kekurangan

    Nah jika kamu berniat membelinya, penting terlebih dahulu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil ini. Secara umum, berikut yang harus diperhatikan.

    Kelebihan

    • Model tak lekang oleh zaman
    • Manuver masih gesit dan bertenaga
    • Konsumsi BBM cukup efisien
    • Sparepart masih mudah ditemui
    • Harga bekas stabil

    Kekurangan

    • Hanya tersedia dalam transmisi manual
    • Air Hujan sering masuk lewat sela-sela kaca atau lubang kunci.
    • Toyota Starlet lansiran 1991-1992 masih memakai platina
    • Mesin harus sering melakukan tune-up karena masih memakai karburator.
    • Masih menggunakan timing belt yang harus diganti secara berkala
    • Ruang bagasi kecil
    • Lemah di bagian kaki-kaki

    Harga pasaran Toyota Starlet

    Penasaran dengan bandrolnya? Harga jual Toyota Starlet bervariasi, mengingat ada banyak jenis dan generasi yang hadir di pasaran.

    Untuk mobil jenis Starko atau Starlet Kotak generasi awal, banderolnya mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 45 juta. Sedangkan untuk Starkap atau Starlet Kapsul harganya berada di kisaran angka Rp 45 juta hingga Rp 65 juta.

    Semakin orisinil komponen atau sparepart nya, maka harganya semakin mahal. Ini karena kolektor mencari mobil dengan part yang masih asli.

    Mobil buruan para kolektor

    Kesuksesan film Catatan Si Boy di era 80-90an nyatanya mempengaruhi popularitas Starlet kala itu. Bahkan beberapa artis ternama yang tergila-gila dengan mobil klasik era 90an.

    Salah satunya Desta. presenter ternama Tanah Air ini ternyata mengoleksi mobil klasik Toyota Starlet kotak EP81 1990 berwarna putih.

    Desta yang kerap mem-posting Starlet pada Instagram-nya memilih mobil tersebut dengan alasan ingin bernostalgia pada momen masa kuliah. Nah, kalau kamu juga tertarik, pastikan sudah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, ya!

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait