Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    ReviewMobil Hybrid vs Mobil Listrik, Kelebihan dan Kekurangannya

    Mobil Hybrid vs Mobil Listrik, Kelebihan dan Kekurangannya

    Sama-sama ramah lingkungan, mobil hybrid dan mobil listrik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mana yang sebaiknya dipilih?

    News.OLX – Harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus menerus melonjak membuat banyak orang menjerit. Biaya operasional kendaraan pribadi menjadi semakin tinggi, dan hal ini tentu saja membebani keuangan. Di tengah situasi ini, banyak orang mulai mencari alternatif kendaraan yang lebih irit dan ramah lingkungan. Dua pilihan yang sering dipertimbangkan adalah mobil hybrid dan mobil listrik.

    Kedua jenis mobil ini menawarkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik dibandingkan mobil konvensional. Selain itu, emisi gas buang yang dihasilkan pun jauh lebih rendah, sehingga lebih ramah lingkungan.

    Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik

    Sebelum kamu memutuskan untuk beralih ke mobil hybrid atau mobil listrik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mobil ini, serta membantu memilih mana yang paling tepat untuk kebutuhanmu.

    1. Mobil Hybrid

    Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua sumber energi sekaligus, yaitu mesin bensin atau diesel, dan motor listrik. Kedua sistem ini bekerja sama untuk menjalankan mobil.

    Dengan kombinasi ini, mobil hybrid dapat membakar lebih sedikit bensin, sehingga lebih irit bahan bakar dibandingkan mobil biasa yang hanya menggunakan bensin. Tenaga listrik membantu meningkatkan performa mesin.

    Mobil hybrid, kecuali jenis plug-in hybrid, mengisi daya baterainya secara otomatis melalui sistem internal saat mobil berjalan. Jadi, kamu tidak perlu mengisi ulang baterainya secara manual.

    Mobil plug-in hybrid berada di antara mobil konvensional dan mobil listrik murni. Mobil ini dapat menggunakan motor listrik dan mesin bensin, tetapi baterainya bisa diisi ulang dengan cara dicolokkan ke sumber listrik eksternal.

    Mobil hybrid terdiri dari beberapa jenis, berikut penjelasannya.

    Jenis-Jenis Mobil Hybrid

    1. Parallel Hybrid adalah jenis mobil hybrid paling umum. Motor listrik dan mesin bensin terhubung ke transmisi yang sama, memungkinkan penggunaan keduanya secara bersamaan atau terpisah. Contoh: Innova Zenix, Toyota Prius, Lexus NX.
    2. Series Hybrid adalah mobil hybrid yang mesin bensinnya tidak terhubung langsung ke roda, hanya berfungsi untuk menghasilkan listrik bagi generator yang mengisi ulang baterai. Motor listrik menjadi sumber penggerak utama. Contoh: Nissan Kicks dan Chevrolet Volt.
    3. Plug-in Hybrid adalah mobil yang baterainya dapat diisi ulang menggunakan sumber listrik eksternal. Kapasitas baterai besar, memungkinkan penggunaan tenaga listrik untuk jarak tempuh tertentu. Setelah jangkauan listrik habis, mobil berfungsi seperti hybrid paralel biasa.

    Contoh: Mitsubishi Outlander PHEV dan Volvo XC90

    1. Mild Hybrid adalah kondisi di mana motor listrik tidak mampu menggerakkan mobil sendiri. Mesin bensin atau diesel menjadi sumber tenaga utama, sementara motor listrik berfungsi membantu mengurangi penggunaan bahan bakar, meningkatkan performa, atau keduanya. Contoh: Suzuki Grand Vitara, Suzuki XL-7.

    mobil-listrik-putih

    2. Mobil Listrik

    Berbeda dengan mobil hybrid yang memiliki dua sumber tenaga sekaligus, mobil listrik hanya menggunakan listrik sebagai tenaga utama. Tenaga listrik ini disimpan dalam baterai yang terpasang di dalam mobil, dan baterai inilah yang menyuplai daya pada motor listrik untuk menggerakkan kendaraan. Ketika mobil listrik digunakan, tidak ada gas buang yang dihasilkan karena tidak ada pembakaran bahan bakar. Contoh dari mobil listrik adalah Toyota Rav4, BMW i3, Wuling Air ev, dan Tesla X.

    Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid vs Mobil Listrik

    Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan mobil listrik dan mobil hybrid:

    1. Harga Beli

    Baik mobil listrik maupun hybrid umumnya lebih mahal daripada mobil bensin biasa. Meskipun demikian, harga keduanya semakin terjangkau dan variasi modelnya semakin banyak. Secara kasat mata, mobil hybrid mungkin terlihat lebih ekonomis daripada mobil listrik. Namun, dalam jangka panjang, mobil listrik dapat lebih hemat biaya. Ketika semua pengeluaran dipertimbangkan, mobil listrik menjadi opsi yang lebih ekonomis.

    2. Jarak Tempuh

    Teknologi terbaru telah meningkatkan jangkauan mobil listrik, mendekati kemampuan mobil hybrid. Banyak pengemudi mobil hybrid menggunakan tenaga baterai untuk perjalanan sehari-hari, tetapi harus bergantung pada bensin untuk perjalanan jauh. Berbeda dengan itu, mobil listrik hanya perlu diisi ulang saat baterainya habis. Namun, perlu diingat bahwa di Indonesia, stasiun pengisian daya listrik belum merata di semua daerah, membuat mobil hybrid menjadi pilihan yang lebih mudah diakses bagi mereka yang sering bepergian jauh.

    3. Perawatan

    Dalam hal perawatan, mobil listrik lebih unggul karena memiliki lebih sedikit komponen yang perlu dirawat. Tidak perlu melakukan tune-up mesin, mengganti busi, mengganti oli, atau perawatan rutin lainnya yang biasa dilakukan pada mobil bensin. Komponen yang perlu dirawat pada mobil listrik meliputi ban, rem, AC, dan pembersihan pendingin mesin.

    Sedangkan mobil hybrid memiliki mesin pembakaran yang membutuhkan perawatan rutin, yang dapat membuat biaya perawatan lebih mahal. Di Indonesia, mobil hybrid belum banyak digunakan, sehingga teknisi yang mampu menangani perawatan mobil hybrid tidak tersedia di setiap bengkel. Ini bisa menyulitkan jika kamu membutuhkan perbaikan atau pemeliharaan mobil hybrid, karena perlu mencari teknisi khusus yang terbiasa menangani mobil jenis ini. Selain itu, spare part untuk mobil hybrid juga tidak sebanyak untuk mobil konvensional karena pasarnya yang belum begitu besar di Indonesia.

    4. Pengalaman Berkendara

    Pengalaman berkendara yang lancar adalah faktor penting saat mempertimbangkan mobil listrik dan hybrid. Mobil listrik memiliki pengalaman berkendara yang berbeda karena tenaganya yang senyap dan tidak memerlukan perpindahan gigi manual. Meskipun mobil hybrid memiliki performa serupa untuk perjalanan pendek, pengalaman berkendara pada perjalanan jauh mirip dengan mobil bensin. Oleh karena itu, bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang mulus, mobil listrik mungkin lebih disukai.

    5. Dampak Lingkungan

    Mobil hybrid masih mengeluarkan gas buang karena menggunakan mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar fosil. Meskipun ada pengecualian seperti mobil hybrid Fuel Cell Electric Vehicle yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif, dampak lingkungan dari mobil listrik lebih rendah. Mobil listrik menghasilkan emisi nol, langsung mengurangi polusi udara dan gas rumah kaca. Mereka juga berkontribusi pada udara yang lebih bersih, jejak karbon yang lebih rendah, dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

    6. Potongan Pajak

    Terdapat potongan pajak dan insentif yang membuat mobil hybrid dan mobil listrik lebih terjangkau daripada mobil berbahan bakar minyak bumi. Saat ini di Indonesia, mobil hybrid masih memiliki keuntungan dari segi pajak dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil. Namun, pemerintah memberikan insentif dalam bentuk diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk pembelian mobil listrik, membuatnya lebih menarik secara finansial bagi konsumen.

    Mobil Hybrid vs Mobil Listrik, Mana yang Tepat untuk Kamu?

    Mobil hybrid dan mobil listrik adalah masa depan mobilitas yang lebih ramah lingkungan. Jika kamu ingin berpindah sepenuhnya ke kendaraan yang lebih bersahabat dengan lingkungan, maka mobil listrik bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan banyaknya opsi yang tersedia, memilih antara mobil listrik dan hybrid jadi lebih gampang setelah kamu paham kelebihan mobil listrik dan mempertimbangkan apa yang kamu butuhkan dan sukai.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait