Senin, Mei 6, 2024
Lainnya
    ReviewReview Wuling Cortez, Benarkah Rasanya Setara MPV Premium?

    Review Wuling Cortez, Benarkah Rasanya Setara MPV Premium?

    News.OLX – Wuling Cortez adalah sebuah MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang diproduksi oleh Wuling Motors, produsen mobil asal Tiongkok. Mobil ini diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2018 dan sejak saat itu telah menjadi salah satu pilihan populer di segmen MPV di Indonesia.

    Tahun 2022 Wuling resmi merilis generasi terbaru bernama New Cortez, mobil MPV nan elegan, tangguh, dan stylish. Ada dua pilihan tipe dari New Cortez, EX 1.5T Lux+ dan CE 1.5T Lux+. Tersedia 4 warna untuk tiap tipe, Dazzling Silver, Starry Black, Aurora Silver, dan Pristine White. 

    Dalam kelasnya, Wuling New Cortez menawarkan fitur yang lengkap dengan harga yang sangat terjangkau. Lantas, bagaimana review dari mobil ini? Simak penjelasannya.

    Performa dan Kenyamanan

    Urusan tenaga mobil ini dipasang mesin Turbocharged 4 cylinders in-line, DOHC, DVVT. Mobil bermesin 1,451 cc ini juga memiliki 140 tenaga kuda per 5.200rpm dengan traksi maksimal 250 Nm/1,600 – 3,600 rpm.

    Mesin Turbo 1,500cc itu lalu dipadukan dengan transmisi CVT yang menghasilkan pengendaraan yang halus dan linier. Agak terlalu halus memang mengingat mesin turbo dan tenaga yang dihasilkan namun karena kodrat mobil ini yang merupakan mobil keluarga yang diciptakan memang untuk kenyamanan, hal ini tentunya masih bisa dimaklumi.

    Namun menurut kami, yang sedikit mengecewakan dari mobil ini adalah konsumsi BBM nya. Harusnya diatas kertas melihat mesin yang digunakan ialah mesin 1.5 Turbo dengan transmisi CVT, konsumsi BBM nya harusnya irit, tetapi kenyataannya Cortez ini hanya mampu meraih konsumsi BBM 1:8 untuk dalam kota dan 1:11 untuk luar kota. Agak boros melihat mesin dan transmisi yang diusungnya.

    Selanjutnya, hal yang sangat kami apresiasi pada mobil ini adalah kenyamanannya. Mobil ini dilengkapi suspensi depan dan belakang masing-masing dipasang sistem McPherson Strut / Semi-independent. Tak ayal, mobil ini sangat nyaman digunakan berkendara dalam dan luar kota. Perjalanan jauh tidak terasa capek dan mual.

    Eksterior

    Desain eksterior pada mobil ini terlihat modern dan cukup mewah. Desainnya sekilas mengingatkan kami pada desain Volkswagen Touran, sebuah MPV keluaran Volkswagen. Ia punya desain atap yang tinggi sehingga penumpang dengan tinggi badan diatas 177cm dapat naik mobil ini dengan mudah.

    Mobil ini juga dilengkapi dengan desain velg dual tone dengan keempat bannya berukuran 205/55 dan velg berdiameter 16 inci. Sementara itu, baik pada roda depan maupun belakang, pengereman sudah menggunakan tipe cakram. Good job Wuling!

    Teknologi

    Sementara itu, Wuling New Cortez dilengkapi fitur canggih yang sangat inovatif. Pertama, mobil ini telah dilengkapi dengan Wuling Indonesian Voice Command (Wind), yaitu perintah dengan menggunakan suara untuk mengoperasikan fitur-fitur seperti telepon, aplikasi, audio, musik, AC, sunroof, dan jendela. Semua pengaturan bisa dilakukan hanya dengan ucapan.

    Ada juga Internet of Vehicle (IoV), yaitu akses Wuling Remote Control App untuk mengunci pintu, navigasi, posisi mobil, start engine, dan lain-lain. Semuanya bisa dilakukan dengan sekali klik melalui aplikasi My Wuling.

    Head unit Wuling New Cortez mengaplikasikan layar canggih 10.25-inch yang memudahkan akses untuk berbagai fitur. Mulai dari wireless mirror link yang membuat tayangan dari smartphone ke head unit tanpa kabel, USB dengan fast charging, Bluetooth, navigation sampai dengan vehicle setting guna mengatur fungsi kendaraan.

    Kami sendiri menyukai teknologi canggih seperti ini, tetapi kami mendapati beberapa kali touchscreen head unit nya agak tersendat dan tidak responsif. Hal ini terkadang mengganggu pengemudi atau penumpang depan yang ingin mengoperasikan head unit ini.

    Interior

    Interior kabin Wuling New Cortez dipasang dengan bahan material kulit premium nan halus. Jok dipasang dengan bahan semi-leather dengan formasi 2+2+3 tipe captain seat. Dengan kata lain, mobil ini bisa menampung 7 penumpang termasuk pengemudi. Uniknya, meskipun bahan pelapisnya bukan material kulit asli, tetapi feelnya sangat nyaman dan tidak panas ketika diduduki.

    Tetapi yang sangat kami sayangkan adalah, interiornya yang sudah nyaman dan canggih ini namun tidak memiliki telescopic steering. Menurut kami posisi mengemudinya agak sedikit aneh karena terlalu kedepan posisi stirnya. Namun mengingat harganya, hal ini masih bisa dimaafkan.

    Keselamatan

    Sementara itu, dalam segi keselamatan, mobil ini sudah cukup mumpuni. Mobil ini untuk  dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB), Rear Parking Camera, Front and Rear Parking Sensor, Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Dual SRS Front & Side Airbags*, ISOFIX, Electronic Stability Control (ESC), serta All Seat Safety Belt Indicator.

    Alhasil kamu dan keluarga tidak lagi cemas dengan fitur keselamatan yang jadi andalan. Apalagi, Wuling New Cortez juga lulus sertifikasi emisi gas buang berstandar Euro 4. Sehingga mobil ini sudah memenuhi beberapa unsur untuk merawat bumi.

    Harga Wuling Cortez

    Wuling Cortez sendiri dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Berikut adalah harga Wuling Cortez lengkap dengan semua tipenya.

    Tipe / Varian Harga
    Cortez S 1.5S + T LUX MT Rp. 217.800.000
    Cortez S 1.5S + T CVT Rp. 233.000.000
    Cortez S 1.5 T M/T Rp. 238.500.000
    Cortez S 1.5C T MT Rp. 238.500.000
    Cortez S 1.5L T LUX CVT 3 Rp. 251.500.000
    Cortez S 1.5S + T MT Rp. 254.500.000
    Cortez S 1.5 S M/T Rp. 254.500.000
    Cortez S 1.8 L Lux M/T Rp. 258.500.000
    Cortez S 1.5C T MT Rp. 269.200.000
    Cortez S 1.5 T CVT Rp. 272.100.000
    Cortez S 1.5S + T CVT Rp. 276.100.000
    Cortez S 1.5L T LUX CVT 3 Rp. 276.100.000
    Cortez S 1.5T C Lux + CVT Rp. 278.800.000
    Cortez S 1.5L T LUX + CVT 3 Rp. 280.200.000
    Cortez S 1.5T C Lux + CVT Rp. 282.300.000
    Cortez S 1.5 T Lux + CVT Rp. 325.650.000

     

    Kesimpulan

    Itu adalah review kami tentang Wuling New Cortez. Jika MPV premium diartikan sebagai mobil yang menawarkan kenyamanan, performa, dan kepraktisan, maka Wuling New Cortez bisa dibilang setara dengan MPV premium, meskipun masih ada kekurangan namun kenyamanannya sudah bisa disetarakan dengan MPV premium dengan kelas diatasnya.

    Terlebih lagi, harga Wuling New Cortez relatif terjangkau dan memiliki fitur-fitur canggih yang tak kalah dengan mobil premium. Secara keseluruhan, Wuling New Cortez bisa jadi pilihan buat kamu yang sedang  mencari MPV canggih dengan harga yang ramah di kantong.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait