Kamis, Mei 9, 2024
Lainnya
    ReviewSejarah Lengkap dan Harga Mobil Toyota Fortuner Terbaru

    Sejarah Lengkap dan Harga Mobil Toyota Fortuner Terbaru

    News.OLX – Sejumlah keunggulan yang dimilikinya, membuat harga mobil Fortuner seakan bukanlah masalah bagi para peminatnya. Yuk ketahui lebih lanjut sejarah dan keunggulan yang dari setiap generasinya!

    Toyota Fortuner sendiri sudah mengaspal di Indonesia selama 15 tahun. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Keunggulan dari setiap generasinya lah yang membuat SUV tangguh yang satu ini tetap eksis.

    Dimulai sejak 2005 silam, ini dia sejarah lengkap Toyota Fortuner.

    Generasi pertama (2005)

    Pada awal kehadirannya di Indonesia, tepatnya saat pertama kali diperkenalkan pada gelaran International Motor Show (IIMS) tahun 2005 silam, Toyota Fortuner berstatus kendaraan rakitan dari Thailand.

    Mobil tersebut dibekali penggerak 4×4 dan mesin bensin 2TR-FE dengan pilihan 2.7 G dan 2.7 V bertenaga 161 daya kuda.

    Seiring berjalannya waktu, Toyota Fortuner semakin dilirik oleh konsumen di Indonesia, sehingga mulai dirakit di Indonesia pada pada tahun 2007 dan sudah mengandung kandungan lokal sebanyak 40 persen.

    Di tahun yang sama, Toyota Fortuner mulai dipasarkan di Indonesia dengan varian mesin diesel berkode 2KD-FTV berkapasitas 2.500 cc D-4D Turbo Common Rail Injection yang didatangkan dari Thailand.

    Saat itu, hanya tersedia pilihan transmisi manual. Namun pada 2009, transmisi otomatis diluncurkan.

    Kehadiran Toyota Fortuner VNT (2012)

    Pada 2012, penyegaran dilakukan pada SUV ini dengan dilengkapi turbocharger. Mesin dieselnya juga sudah menggunakan geometry turbin bervariasi atau Variable Geometry Turbocharger (VNT).

    Alhasil, performanya diklaim lebih bertenaga serta menghasilkan tenaga 140 daya kuda dan torsi 343 Nm. Tampilan eksteriornya pun lebih gagah, berkat kehadiran kap mesin yang menggunakan kisi-kisi udara.

    Generasi kedua (2016)

    2016 menjadi awal mulai kehadrian generasi kedua Toyota Fortuner. Mulai dari eksterior, interior hingga mesinnya dipermak habis-habisan.

    Ubahan paling mencolok ada pada bagian depan, yakni pada lampu utama yang lebih sipit, fog lamp dan grille.

    Dimensinya juga berubah, yakni lebih panjang 100 milimeter, lebih lebar 15 milimeter, dan 15 milimeter lebih rendah. Sedangkan jarak sumbunya lebih pendek 5 milimeter.

    Di sisi interior, penggunaan materialnya meningkat signifikan, yakni dengan jok kulit yang memiliki akset jahitan yang nampak rumit. Cruise control-nya dilengkapi layar besar.

    Fiturnya pun semakin canggih, seperti hadirnya electronic balance, emergancy braking force distribution, supprt for steep departure, downhill, rear differential lock dan dirive selection mode.

    Nah, kalau untuk performanya, generasi ini menggunakan mesin diesel berkapasitas lebih kecil, yakni 2.400 cc dilengkapi turbo bertenaga 147 daya kuda dan torsi 400 Nm.

    Sedangkan, mesin bensinnya memiliki kapasitas 2.700 cc serta mampu menghasilkan tenaga 161 daya kuda dan torsi 242 Nm. Kedua dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

    Toyota Fortuner Facelift (2020)

    Model terbarunya muncul di Thailand pada pertengahan tahun 2020 dengan dua varian, yakni Standard dan Legender yang merupakan varian tertinggi.

    Versi facelift tersebut kemudian masuk di Indonesia pada akhir 2020, namun tanpa varian Legender. Varian tertingginya tetap dipegang oleh TRD Sportivo.

    Salah satu ubahan yang didapat pada Toyota Fortuner Facelift ada pada tampilannya yang lebih gagah berkat penggunaan grille dan garnish pada lampu LED yang dirancang lebih besar. Desain velg juga berubah sehingga semakin menampilkan kesan tangguh khas SUV.

    Kemudian di sisi interior, hadir panel instrumen seluas 4,2 inci yang dilengkapi dengan opening animasi baru. Ada pula wireless charger, head unit layar sentuh seluas 9 inci yang dilengkapi dengan fasilitas NFC untuk mengecek saldo e-money.

    Toyota Fortuner Facelift ini juga dilengkapi dengan surround monitor, fitur yang bisa mengetahui gambar real time sekeliling mobil.

    Fitur keselamatannya lainnya ada Blind Spot Detection (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Moving Object Detection (MOD), dan Headway Monitoring Warning (HMW).

    Kehadiran Toyota Fortuner GR Sport (2021)

    Sejarah Toyota Fortuner berlanjut hingga 2021 dengan kehadiran Toyota Fortuner GR Sport yang menggantikan TRD Sportivo sebagai varian tertinggi.

    Varian ini memiliki tampilan dan desain yang lebih sporty serta dibekali fitur baru, seperti Auto A/C with Dual Zone. Sementara untuk mesin tidak ada ubahan, varian ini masih menyediakan dua opsi, yakni diesel dan bensin.

    Harga mobil Toyota Fortuner terbaru

    Saat ini terdapat tiga varian yang dipasarkan, yakni varian VRZ, varian G Type dan GR Sport. Harga mobil Toyota Fortuner tersebut dibanderol berbeda-beda.

    Untuk varian VRZ, dibanderol mulai dari Rp 606 juta, varian G mulai dari Rp 548 juta dan varian GR Sport mulai dari Rp 588 juta.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait