Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    MobilSejarah Mitsubishi Kuda yang Populer Tahun 90-an

    Sejarah Mitsubishi Kuda yang Populer Tahun 90-an

    Mobil Mitsubishi Kuda hadir di Indonesia pada 1999. Model ini sempat menjadi pesaing kuat Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Sayang, mobil ini hanya beredar sampai 2005.

    News.OLX – Mobil Mitsubishi Kuda tidak hanya sekedar kendaraan, namun sudah menjadi bagian dari sejarah otomotif Tanah Air. Kemudian, memiliki identitas berupa gaya sekaligus kemampuan yang andal. Dengan desain ikoniknya, unit ini menjadi salah satu pilihan keluarga Indonesia pada masanya.

    Unit ini mulai hadir pada tahun 1999. Bagaimana sejarah mobil Mitsubishi Kuda? Simak informasinya berikut ini.

    Sejarah Mitsubishi Kuda

    Kuda merupakan model besutan pabrikan Jepang, Mitsubishi untuk bersaing di segmen kendaraan multi purpose vehicle atau MPV. Unit model ini memang menjadi salah satu favorit di Tanah Air. Alasannya, mampu memuat lebih banyak penumpang.

    Pada awal kehadirannya, Mitsubishi Kuda bersaing ketat dengan penguasa yang sudah ada, yakni Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Model ini punya kapasitas menampung hingga 8 orang. Terdapat opsi transmisi otomatis dan manual. Untuk keamanan, terdapat kantung udara dan sistem rem ABS.

    Desain eksteriornya terlihat tangguh namun masih membawa kesan elegan. Pada bodinya terdapat garis tajam. Kemudian lampu depannya sangat modern. Interiornya pun memiliki desain yang memberikan kenyamanan. 

    Namun, salah satu daya tariknya adalah kemampuan performa dapur pacu yang handal. Tenaga mesinnya besar, sehingga dapat menghasilkan akselerasi jempolan. Yang terpenting, konsumsi bahan bakarnya juga irit, sehingga menjadi nilai plus lainnya.

    Varian Mitsubishi Kuda

    Mitsubishi Kuda

    Pada 1999, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor sebagai ATPM pabrikan di Tanah Air meluncurkan unit ini untuk pertama kalinya. Generasi pertama ini memiliki dua varian mesin, yakni 1.6 L bensin dengan karburator dan 2.5 L diesel (baik diesel atau bensin dalam 3 trim GLX), GLS serta Super Exceed.

    Kemudian, Maret 2002 muncul generasi kedua, yakni dengan facelift lampu menggunakan kristal. Hadir juga dengan mesin 2.0 L injeksi, sehingga totalnya ada 3 pilihan mesin. Trimnya mulai dari Deluxe, Diamond dan Grandia.

    Selanjutnya, generasi ketiga hadir pada 2004, dengan banyak mengalami perubahan, terutama dari sisi penampilan. Lampu utama unit ini tidak lagi berbentuk kotak. Namun, lebih oval dengan keberadaan reflektor kristal. Demikian juga grilnya yang menyerupai Lancer.  

    Pada bagian belakang terdapat lampu rem yang melekat pada pilar, termasuk ban cadangan di pintu. Tampilan ini membuatnya terlihat gagah. Namun, tidak ada perubahan pada sisi interior.

    Itulah informasi seputar sejarah mobil kuda. Unit ini terbukti menjadi mobil yang tangguh sekaligus handal untuk segala jenis medan. Dengan dapur pacu kuat, unit ini tidak kesulitan menghadapi berbagai tantangan, baik perjalanan jarak pendek atau jauh. 

    Tidak heran jika hingga sekarang unit ini masih menjadi incaran. Di pasar kendaraan bekas, mobil Kuda masih menjadi buruan para konsumen. 

    Apakah kamu juga berminat untuk memilikinya? Yuk cek berbagai pilihannya di OLX. Segera download aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait