Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    MobilTidak Bekali XFORCE dengan Panoramic Roof, Ini Alasan Mitsubishi Motors

    Tidak Bekali XFORCE dengan Panoramic Roof, Ini Alasan Mitsubishi Motors

    Untuk bisa mendapatkan performa suara terbaik dari audio premium Yamaha yang ada di XFORCE sangat mungkin didapatkan kalau tidak pakai panoramic roof.

    News.OLX – Ruang kabin Mitsubishi XFORCE memang terbilang sudah sangat mewah dan juga futuristik. Berbagai ornamen yang dihadirkan cukup membuat siapapun betah berlama-lama di dalam kabin. 

    Selain itu, dari sisi kelegaan kabin, mobil ini terbilang cukup lega. Bahkan boleh dibilang lebih luas dibanding model compact SUV merek lainnya. Hal ini bisa dibuktikan saat kami duduk di bangku baris kedua, leg room yang tersedia masih cukup lebar dan sangat nyaman.

    Namun sayangnya, terasa ada yang kurang dari sisi kemewahan kabin karena XFORCE untuk tipe atau varian tertingginya, yakni Ultimate, tidak memiliki panoramic roof. Padahal fitur ini sudah banyak digunakan oleh kompetitor pada produk SUV-nya. 

    Tentu Mitsubishi Motors punya alasan tersendiri akan hal ini. Seperti yang dijelaskan oleh Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di acara media test drive Mitsubishi XFORCE, Senin (4/12/2023) di Jogjakarta. 

    “Kalau soal panoramic roof, sebenarnya bisa saja kita hadirkan. Di Jepang kami punya Outlander Sport yang sudah pakai panoramic roof. Jadi kalau secara teknikal, kami tidak punya kesulitan untuk itu,” terang Atsushi Kurita.

    Menurutnya, ada tiga alasan mengapa Mitsubishi XFORCE tidak pakai fitur tersebut. “Yang pertama karena kami memiliki sistem audio premium dari Yamaha. Untuk bisa mendapatkan performa suara terbaik dari audio premium yang ada di XFORCE sangat mungkin didapatkan kalau tidak pakai panoramic roof,” jelasnya. 

    Sementara alasan kedua adalah demi mengejar head clearance yang lebih lega. Karena menurutnya, jika terpasang panoramic roof, head clearance akan jadi berkurang. Dan tentunya harus ada adjustment untuk ketinggian posisi jok.

    “Yang ketiga kita mau mobil ini punya efisiensi bahan bakar yang baik. Kami punya beberapa model yang sudah dilengkapi dengan panoramic roof dan ternyata konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh karena ada fitur itu. Jadi itu sebagian alasan kami hingga akhirnya memutuskan tidak menggunakannya.”

    Sangat memungkinkan XFORCE pakai panoramic roof 

    Akan tetapi bukan tidak mungkin jika kedepannya, Mitsubishi Motors memutuskan untuk menjejalkan fitur ini di XFORCE.

    “Kami sekarang sedang melakukan studi serta meminta tanggapan dari konsumen. Jika memang diperlukan, bukan tidak mungkin kedepannya kami pasang panoramic roof. Hanya saja itu pastinya akan sangat mempengaruhi efisiensi bahan bakar,” khawatir Kurita. 

    Untuk urusan kualitas suara dari premium audio Yamaha, memang belum diketahui secara pasti apakah akan terpengaruh dengan adanya panoramic roof. “Kita masih perlu mempelajari hal tersebut nantinya,” tutup Atsushi Kurita. 

    Artinya, jika dari studi yang dilakukan oleh Mitsubishi Motors banyak konsumen yang menginginkan hadirnya panoramic roof, maka untuk berikutnya akan ada model refreshment dari Mitsubishi XFORCE yang sudah terpasang fitur panoramic roof.

    Kalau hal tersebut bisa dilakukan tanpa harus mengurangi fungsi serta kenyamanan yang sudah ada saat ini, kenapa tidak?

    Yuk dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mendownload aplikasinya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait