Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips dan Cara Menghindari Membeli Mobil Bekas Bermasalah

    Tips dan Cara Menghindari Membeli Mobil Bekas Bermasalah

    Sebelum beli mobil bekas, cek dulu tips berikut ini!

    News.OLX – Beli mobil bekas merupakan pilihan yang tepat untuk memiliki tunggangan yang nyaman bila dana kamu terbatas. Ya, harganya memang lebih ramah di kantong.

    Namun, beli mobil bekas harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Belum lagi jika kamu bertemu dengan dealer, sales atau penjual yang nakal.

    Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat beli mobil bekas untuk mendapatkan mobil berkualitas dan terhindar dari penjual nakal.

    1. Tentukan jenis mobil

    Jenis mobil bekas apa yang ingin kamu beli, variannya dan tahun berapa? Pelajari segala hal mengenai mobil itu, mulai dari mesin, spesifikasi, sparepart, fitur, dan lainnya. 

    Setelah itu, cari tahu juga harga bekasnya di pasaran sesuai dengan varian dan tahunnya.

    2. Lakukan riset

    Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas adalah kredibilitas dealer atau penjual, apakah terpercaya atau tidak. 

    Jadi hindari tendensi dengan terburu-buru mengambil keputusan tanpa melakukan riset atau cross check sana-sini. Pertimbangkan juga saran dari saudara/sahabat yang memiliki pengalaman sama. 

    3. Survei langsung

    Baik membeli secara offline atau online, kamu tetap disarankan untuk survei kendaraan secara langsung. 

    Ini untuk menyesuaikan data atau keterangan yang disertakan pada website. Ingat, potensi penipuan justru lebih sering dilakukan secara online, loh.

    4. Sesuaikan budget

    Tips beli mobil bekas lainnya yaitu sesuaikan budget-mu dengan harga mobil pilihanmu. Jangan perkara tertarik dengan pilihan lain, kamu malah overbudget. Pertimbangkan juga cara pembayaran, tunai atau kredit. 

    5. Jangan mudah tergiur harga murah

    Wajar jika penjual memberi iming-iming harga murah. Tapi bila harga murahnya tidak wajar, kamu patut curiga, apalagi jika seller-nya tidak jelas. 

    Umumnya, dealer mobil bekas yang terpercaya tidak akan memberikan harga murah jauh dibawah pasaran. 

    Jadi ada baiknya, hindari saja, karena ditakutkan kelaikan mobil tersebut tidak jelas baik dari segi spesifikasi hingga surat-surat –mobil bisa saja curian atau bekas kecelakaan/banjir.

    6. Cek kondisi eksterior mobil

    Selain mendapatkan seller yang tepat, sekarang waktunya kamu memeriksa kondisi eksterior mobil. Baiknya mengecek langsung ke lokasi, jangan berdasarkan pantauan foto atau video yang dikirim seller

    Perhatikan semua komponen bodi mobil: panel pintu, cat mobil, kap mesin, kaca mobil, aki dan cairan, suspensi, ban, hingga kampas rem, jangan ada yang terlewat. Apakah secara visual tampilannya masih prima? 

    7. Periksa kelengkapan interior dan aksesori

    Periksa juga bagian interior mobil, seperti AC, sistem audio, switch lampu kabin, setir, laci dasbor, kulit jok, plafon, karpet, dan lainnya. Setelah itu fitur keamanannya seperti sabuk pengaman, rem kaki, rem tangan, AC, dan airbags juga wajib diperiksa. 

    Perhatikan juga bau interior di dalam mobil. Bila baunya apek, ada indikasi mobil pernah kena banjir.

    Beli mobil bekas (1) (2)

    8. Cek mesin

    Mesin adalah elemen penting saat beli mobil bekas, karena itu kamu harus teliti memeriksanya. Penting juga bagi kamu untuk mengetahui spesifikasi dari mesin mobil incaranmu. 

    Kamu bisa mempelajarinya dengan bertanya pada orang yang ahli atau melakukan pencarian di mesin pencari Google.

    Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh ya. Kebocoran oli di mesin dan komponen lain menjadi hal yang bisa mempengaruhi performa mesin.

    Coba hidupkan mesin dan perhatikan bunyinya. Saat suara mesin terdengar halus dan mudah distarter maka kondisinya masih bagus. 

    Jika bunyinya kasar maka tanyakan pada penjual. Lakukan pengecekan yang mungkin menimbulkan masalah ini. Tapi sebagai saran saja, jika suaranya kasar lebih baik skip mobil ini.

    9. Riwayat servis kendaraan

    Penting sekali untuk kamu juga mengetahui riwayat servis (service record) dari mobil bekas yang akan dibeli, khususnya riwayat servis dari bengkel resmi. 

    Dengan  begitu kondisi mobil jelas rutin perawatannya dan odometer mobilnya asli.Cari tahu apa saja jenis servis dan biaya servisnya untuk mengetahui apakah mobil pernah mengalami masalah serius. 

    10. Bawa mekanik 

    Banyak calon pembeli yang beli mobil bekas karena tergiur harga murah dan promo semata. 

    Jika kamu tidak mengerti soal mesin, sparepart atau hal lain yang berhubungan dengan mobil, disarankan bawa mekanik, teman atau sahabat ke dealer saat beli mobil bekas. 

    Mereka nanti yang akan membantu kamu mendapatkan mobil bekas dengan kualitas baik. 

    11. Jangan lupa test drive

    Test drive adalah tips beli mobil bekas yang tidak boleh dilewatkan. Penjual terpercaya sudah pasti akan menawarkan test drive

    Bawa mobil ke berbagai macam medan, lalu tes pengoperan gigi, putaran setir, rem dan kopling, juga percobaan lainnya. Hanya dengan itu kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan mobil. 

    12. Periksa kelengkapan surat

    Saat beli mobil bekas, jangan lupa memeriksa kelengkapan surat-suratnya, seperti BPKB dan STNK. Pastikan semuanya asli dengan mengecek nomor rangka mobil, nomor mesin, cocok dengan STNK dan BPKB.

    Waspada, saat ini sudah banyak beredar mobil curian dengan STNK dan BPKB palsu. Setelah itu, konfirmasi juga nama di surat-surat, apakah sesuai dengan nama pemilik asli. Tujuannya untuk mempermudah proses balik nama.

    13. Hindari beli mobil bekas banjir

    Sudah tahu mobil itu pernah terkena banjir, lebih baik skip saja. Tapi bila penjual menutupi fakta ini, ada cara untuk kamu mengetahuinya. Cek alat elektronik di dalam mobil, apakah bermasalah atau tidak. 

    Kemudian lihat di bagian mesin yang paling tersembunyi dan sudut interior, apakah ada endapan lumpur atau tidak. 

    Cek juga kondisi oli mesin, apakah ada karat dan apakah oli mesin bercampur dengan air. Yang tadi sudah dibahas di atas, bau interiornya apek atau tidak.

    14. Asuransikan mobil

    Tidak semua pemilik kendaraan mengasuransikan mobilnya. Tapi kamu bisa mempertimbangkan menggunakan asuransi mobil untuk memberikan perlindungan agar kamu terhindar dari kerugian finansial nantinya.

    Itulah tips-tips beli mobil bekas yang bisa menghindarkan kamu dari penipuan penjual nakal. 

    Udah siap cari mobil bekas idaman kamu? Yuk cek OLXsekarang juga! Pilihannya banyak! Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait