Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Lolos Tes EPPSI Sebelum Mengurus SIM secara Online

    Tips Lolos Tes EPPSI Sebelum Mengurus SIM secara Online

    EPPSI adalah tes psikologi SIM resmi yang mendapat akreditasi Biro Psikologi SSDM Polri. Bagaimana cara lolos tes EPPSI?

    News.OLX – EPPSI adalah tes psikologi untuk perpanjangan surat izin mengemudi yang dapat kamu lakukan secara online. Saat kamu akan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, maka tes ini menjadi tahapan awal yang wajib kamu tuntaskan terlebih dahulu.

    Lantas, seperti apa sih cara untuk lolos tes EPPSI tersebut? Mari simak tips-tips yang bisa kamu ikuti sebagai berikut. 

    Tips Lolos Tes EPPSI

    EPPSI merupakan tes psikologi SIM yang sudah mendapatkan akreditasi resmi. Sesuai dengan namanya, tes EPPSI bertujuan untuk dapat mengukur kondisi mental para pemohon SIM. Hal ini pula yang berguna untuk mengetahui bagaimana perilaku kamu selama berkendara di jalan.  

    Hanya saja, tidak sedikit orang yang terlalu santai dan tidak ambil pusing terhadap ujian EPPSI ini. Alhasil, banyak orang yang kemudian bingung dan kesulitan, sehingga terpaksa mengulang tes. 

    Padahal, jika tidak lulus karena alasan tersebut, maka orang tersebut tidak mendapatkan izin mengikuti ujian SIM. 

    Maka, berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengikuti tes EPPSI tersebut. 

    Ketahui Jenis Tes

    Kamu harus tahu, tes ini terdiri dari 3 fokus, yakni psikomotorik, kognitif dan kepribadian. Poin kognitif dan psikomotorik  memiliki standar, sementara untuk kepribadian lebih bersifat dinamis.

    Umumnya, banyak pemohon yang gagal karena punya tingkat emosional tinggi namun respon rendah. Mereka dianggap berbahaya. 

    Mempersiapkan Diri dan Perlengkapan Tes

    Pahami tes tersebut dengan meluangkan waktu mempelajari format dan jenis pertanyaannya. Kamu bisa menyimaknya lewat tayangan panduan di YouTube atau situs resmi Polri. 

    Tak ada salahnya juga kamu mencoba untuk mengerjakan soal-soal tes online agar dapat membiasakan diri dengan model dan jenis pertanyaan. 

    Pastikan kamu istirahat yang cukup agar mampu fokus dan berkonsentrasi dalam mengerjakan tes. Kemudian, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua perlengkapan untuk mengerjakan seperti ponsel atau komputer dengan internet yang stabil, termasuk alat tulis.

    Carilah tempat yang tenang agar lebih nyaman mengerjakan.

    EPPSI_1

    Mengerjakan Tes dengan Cermat, Seksama dan Jujur

    Selama mengerjakan tes, jawablah dengan jujur dan sesuai diri kamu. Sebab, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Bacalah setiap pertanyaan secara seksama. Jangan terburu-buru, gunakan waktu secara bijak. 

    Pastikan kamu memeriksa kembali jawaban sebelum menuntaskan tesnya. Tetap tenang dan percaya diri, yakinlah bahwa kamu dapat mengerjakannya dengan maksimal.

    Nah, itulah tips agar kamu dapat lolos tes EPPSI sebelum mengurus SIM secara online. Tes ini menjadi syarat untuk memperoleh atau memperpanjang surat izin berkendara tersebut. Perlu kamu ketahui, agar dapat melewatinya, kamu butuh lebih dari pengetahuan saja. 

    Selain mengurus surat yang baru, kamu mungkin butuh beberapa alat penunjang berkendara agar lebih nyaman di jalan. Dapatkan aksesoris kendaraan terbaik di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait